Program Bantuan BLT UMKM tahun 2021
Foto: Kompas.com/NURWAHIDAH

Kabar Gembira! Program BLT UMKM Dilanjutkan, Cair Mulai Maret 2021

Awal bulan Maret ini diawali dengan sebuah kabar baik untuk semua warga negara Indonesia ditengah masa pandemi Covid-19 seperti ini.

Pasalnya, pemerintah akan melanjutkan Program BPUM (Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro) atau biasa yang lebih dikenal dengan sebutan program BLT UMKM ditahun 2021 ini.

Program ini akan dimulai dibulan Maret 2021, dan masih dalam tahap persiapan. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani.

Program ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM di Indonesia agar dapat meningkatkan usahanya ditengah kondisi perekonomian yang sulit seperti ini.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Daftar BLT UMKM Online 2021

Pada awalnya, program ini belum ada perencanaan untuk dilanjutkan kembali di awal tahun 2021. Namun, pada akhirnya program ini kembali dilanjutkan setelah melihat antusias warga yang sangat tinggi.

Dalam hal ini pula, Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satria mengatakan untuk detail mengenai besaran anggaran dan skema proses pencairan program ini masih dalam tahap perumusan.

Sekedar mengingatkan, pada tahun 2020 kemarin, proses pencairan dana dari program bantuan ini, yakni sebesar Rp. 2,4juta per-pelaku usaha mikro akan langsung diterima atau dikirimkan ke rekening masing-masing melalui sistem transfer Bank.

Dan perlu diketahui juga, bahwa program bantuan BLT UMKM ini diberikan secara hibah alias gratis kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu para pelaku UMKM ditengah masa pandemi Covid-19 ini.

Mari manfaatkan kesempatan ini dengan baik, dan pergunakan program bantuan ini dengan bijak sesuai fungsinya. Semoga pandemi ini segera berakhir. Semangat!!