perbandingan oppo dan vivo

Perbandingan HP Oppo dan Vivo Yang Perlu Diketahui

Persaingan smartphone semakin ketat, banyak brand baru yang terus bermunculan setiap tahunnya. Brand baru tersebut didominasi oleh Brand yang berasal dari negeri China.

Berdasarkan pada data yang dikeluarkan oleh Perusahan riset Counterpoint, pada Q2 tahun 2020, Oppo dan Vivo berhasil menduduki puncak penjualan smartphone di tanah air.

Berikut tampilan Tabel Data Penjualan Smartphone Di Indonesia Q2 2020:

data penjualan hp oppo dan vivo di indonesia

Jika Anda bertanya, HP yang kualitasnya bagus merk apa? Disini kita akan bandingkan 2 merk HP yang sedang membanjiri pasar tanah air, yakni Vivo vs Oppo.

Kesuksesan Oppo dan Vivo ini berkat andil dari series smartphone andalan mereka. Dimana Oppo mengandalkan series A, sementara Vivo mengandalkan series Y untuk dijadikan kontributor unggulan atas pangsa pasar masing-masing perusahaan ini.

Pada awal masa pandemi, penjualan online terhadap produk smartphone meningkat sangat tinggi. Hal ini tentunya disebabkan oleh kebutuhan perangkat gawai sebagai sarana komunikasi online.

Baca Juga: Bantuan Pemerintah Cair Lagi, Begini Cara Mudah Daftar BLT UMKM Online 2021

Pilihan Variasi HP Oppo dan Vivo

Dari sisi variasi produk yang ditawarkan oleh kedua brand ini, Oppo lebih unggul. Oppo memiliki lebih dari sekitar 50 produk hingga April 2020, sementara Vivo tidak jauh berada dibawahnya dengan variasi 40 produk.

Hal ini tentu saja dikarenakan Brand Oppo telah masuk terlebih dahulu ke tanah air dibandingkan rivalnya. Varian tertinggi Oppo dipegang oleh Oppo Find X series, sementara Vivo diberi label Vivo X series.

Perihal harga, keduanya juga mengeluarkan varian terendah dengan harga berada dikisaran satu jutaan. Brand asal tiongkok ini memang terkenal murah hati dalam menawarkan produknya yang memiliki spek tinggi dengan harga yang relatif terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo

Kualitas handphone Oppo kini jauh lebih baik dibandingkan ketika mereka pertama kalinya merilis produk low-end pertamanya kepasaran. Setiap perangkat tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut kelebihan dan kekurangan dari Brand Oppo.

Kelebihan HP Oppo

Berikut kelebihan ataupun keunggulan dari brand Oppo:

  • Brand Oppo secara konsisten selalu menyediakan spesifikasi kamera dengan kualitas baik pada perangkatnya, termasuk pada smartphone dengan harga murah.
  • Oppo menghadirkan fitur VOOC Flash Charge, dengan fitur ini, HP anda dapat terisi 4 kali lebih cepat.
  • Varian produk khusus untuk perangkat selfie, gaming dan lainnya.
  • Oppo Service Center sudah sangat banyak jumlahnya
  • Desain Oppo selalu tampil cantik dan menarik

Kekurangan HP Oppo

Berikut kekurangan ataupun kelemahan dari HP Oppo:

  • Harga jual hp Oppo bekas bisa turun sangat cepat dan drastis
  • Kualitas casing dinilai kurang baik
  • Interface OS besutan Oppo terkadang membuat sistem terasa berat saat dijalankan
  • Update OS masih jarang dilakukan

Baca Juga: Harga HP OPPO A53 Terbaru Dan Termurah 2021 Versi Marketplace

Kelebihan dan Kekurangan Vivo

Kualitas HP Vivo tak kalah bagus jika dibandingkan dengan kompetitornya. Sama halnya dengan rivalnya, brand Vivo pun memiliki kelebihan dan kekurangan pada perangkatnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Kelebihan HP Vivo

Berikut kelebihan ataupun keunggulan dari brand Vivo:

  • Vivo sering menghadirkan fitur dan inovasi baru pada perangkatnya
  • HP Vivo selalu menghadirkan kualitas yang baik terhadap kameranya, terutama kamera selfie.
  • Vivo memiliki fitur Dual Engine Fast Charging untuk pengisian daya cepatnya
  • Memiliki tampilan visual yang sangat menarik

Kekurangan HP Vivo

Berikut kekurangan ataupun kelemahan dari HP Vivo:

  • Casing HP masih banyak yang terbuat dari plastik, terlihat ringkih dan tidak kokoh
  • Tampilan Interface OS yang mirip produk Apple (tergantung selera)
  • Jumlah Service Center masih sedikit dibandingkan dengan Oppo

Bagusan Kamera Oppo atau Vivo?

Dari sisi kamera keduanya menawarkan fitur yang hampir serupa, yakni mode beauty. Fitur ini sangat digandrungi bagi mereka para pecinta selfie. Dengan adanya mode ini, kamera secara pintar dapat menyesuaikan tampilan gambar hasil tangkapan kamera dengan memadukan warna yang sangat cantik.

Jadi kalau ditanya, bagus mana kamera Oppo atau Vivo? Hasilnya hampir sama, tinggal bergantung kepada spesifikasi masing-masing brand. Setiap perusahaan tentu saja memiliki produk andalannya atau versi tertinggi dikelasnya.

Jadinya Bagus Oppo atau Vivo?

Untuk menentukan pilihan yang tepat, penilaian pribadi Anda jauh lebih penting. Karena pada dasarnya setiap produk memiliki kualitas masing-masing. Jadi jika ditanya bagus Oppo atau Vivo? Maka tanyalah pada diri Anda sendiri berdasarkan informasi yang telah Anda ketahui.

Kualitas Oppo dan Vivo memang hampir mirip, karenanya butuh sedikit usaha lebih untuk menentukan bagusan mana antara Oppo dan Vivo.

Itulah perbandingan keunggulan dan kelemahan hp Oppo dan Vivo secara umum. Diharapkan hal ini dapat membantu Anda untuk memberikan gambaran ataupun referensi sebelum membeli salah satu produk dari brand diatas.

Apapun pilihannya, semua tergantung pada selera dan kebutuhan pembeli. Jadi, Anda tim Oppo atau Vivo?