program kartu prakerja gelombang 21

Kartu Prakerja Gelombang 21 Tahun 2021 Telah Dibuka

Pemerintah terus berupaya memberikan berbagai macam jenis bantuan kepada masyarakatnya. Hal ini tentunya merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menghadapi efek pada masa pandemi seperti ini.

Salah satu program bantuan yang sangat mendapatkan perhatian dari warga adalah program Kartu Prakerja. Dengan program ini nantinya calon peserta yang terpilih akan mendapatkan sejumlah dana bantuan untuk meningkatkan kemampuan mereka diberbagai bidang yang tersedia.

Baca Juga: Begini Cara Daftar BLT Anak Sekolah Tahun 2021 Dari Kemensos

Syarat Mendaftar Program Kartu Prakerja

Untuk mengikuti program ini, syaratnya cukup mudah, calon peserta cukup membuat akun prakerja di website resmi prakerja dan tentunya harus dengan status sebagai WNI (Warga Negara Indonesia).

Setelah membuat akun, calon peserta diharuskan untuk mengikuti serangkain tes dengan menjawab beberapa soal pertanyaan yang akan muncul dilayar. Tes ini dikerjakan dengan tenggat waktu yang otomatis berjalan saat pertanyaan pertama muncul.

Selesai mengerjakan tes, calon peserta akan langsung diarahkan ke kolom pendaftaran gelombang prakerja yang sedang dibuka. Jika tidak tampil/muncul gelombang yang sedang dibuka, itu artinya gelombang tersebut sudah selesai dan ditutup (sedang masa evaluasi).

Diharapkan untuk calon peserta selalu mengecek hasilnya diwebsite resmi setelah 1-2 hari dari tanggal terakhir gelombang pendaftaran tersebut ditutup atau berakhir.

Baca Juga: Begini Tahapan Dan Cara Mendaftar Bansos PKH 2021

Kapan Gelombang 21 Kartu Prakerja Dibuka?

Gelombang 21 program Kartu Prakerja tahun 2021 dibuka mulai tanggal 16 September 2021 pada pukul 12.00 WIB. Pastikan untuk mendaftar saait ini juga, karena dapat dipastikan peserta yang mendaftar jumlahnya sangat banyak.

Manfaatkan waktu yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Karena prosesnya sangat cepat untuk gelombang pada periode ini.

Jika mengalami gangguan saat login atau sistem error tidak bisa dibuka untuk mendaftar, pastikan koneksi internet Anda stabil. Jika masih tidak bisa, silahkan dicoba lagi dijam-jam sepi pengunjung seperti tengah malam hingga menjelang fajar.

Masa penerimaan per-gelombang biasanya hanya diberikan jatah waktu 3 sampai 5 hari. Yang mana itu berarti terakhir proses pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 diperkirakan akan berakhir pada tanggal 19 – 21 September 2021.

Jadi jangan tunda lagi untuk segera mendaftar saat ini juga ya! Infokan juga kabar ini kepada rekan, sahabat atau keluarga Anda yang mungkin membutuhkannya.

Baca Juga: Begini Syarat Dan Cara Daftar Kuota Internet Gratis 2021 Dari Kemendikbud

Beberapa Alasan Yang Membuat Anda Tidak Lolos

Saat ini, sistem website resmi prakerja dapat menampilkan alasan tentang mengapa calon peserta tidak diloloskan oleh mereka.

Alasan paling umum adalah “Kamu belum berhasil Lolos Gelombang”. Ini artinya Anda masih punya kesempatan untuk mengajukan atau mengikuti program kartu prakerja pada gelombang berikutnya.

Ada juga beberapa alasan yang menyebabkan Anda tidak dapat lagi untuk mendaftar atau mengikuti gelombang selanjutnya dari prgram prakerja ini. Salah satu alasannya berbunyi, “NIK Anda telah terdaftar sebagai penerima bantuan dari Kemensos”.

Pendaftar yang sudah pernah lolos pada gelombang sebelumnya tidak akan dapat lagi mengikuti gelombang prakerja pada periode selanjutnya.

Baca Juga: INFO CPNS 2021 UNTUK FORMASI LULUSAN SMA/SMK SEDERAJAT TERBARU

Cara Cek Alasan Tidak Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

Tampilan menu alasan penolakan ini ada didalam situs resmi prakerja, berikut langkah-langkah untuk menampilkannya:

  • Silahkan Login ke Akun Prakerja Anda
  • Pada halaman “Dashboard” , klik “Riwayat Gelombang”
  • Disini, Anda dapat melihat informasi seputar riwayat gelombang yang pernah diikuti lengkap dengan tanggal gabung(daftar), status Lulus/Gagal, serta alasan kenapa Anda gagal.

Untuk login dan mendaftar akun prakerja, silahkan kunjungi situs resminya disini prakerja.go.id

Program prakerja ini sangat cocok dan bermanfaat bagi mereka yang memang ingin mengembangkan kemampuan mereka dibidang tertentu.

Pastikan Anda atau saudara Anda mengetahui informasi ini dengan baik. Dan silahkan manfaatkan bantuan dari pemerintah ini dengan baik dan bijak.

Selamat Mendaftar dan Semoga Beruntung.