playstation vita resmi ditutup

Sony Resmi Tutup Layanan Playstation Store Untuk PS3 dan PS Vita

Kabar kurang baik datang dari perusahaan asal negeri Sakura. Kabar ini dikhususkan untuk para pengguna gadget/konsol Sony. Kabar ini memang mulai berhembus beberapa bulan yang lalu, dan semakin santer terdengar memasuki awal tahun 2021.

Memasuki akhir triwulan pertama tahun 2021, Sony secara resmi menutup gaming storenya untuk Playstation 3 dan Playstation Vita. Judul game yang telah dibeli sebelumnya tetap dapat dimainkan.

Sony memangkas akses ke Playstation Store untuk dua konsol lama mulai musim panas ini, game tidak akan lagi tersedia di toko online Sony untuk Playstation 3 dan Playstation Vita. Namun, judul permainan yang sudah dibeli tetap bisa dimainkan dan bisa diunduh ulang kapan saja.

Menurut FAQ Sony, Playstation Store akan ditutup untuk Playstation 3 pada awal 2 Juli, sementara Playstation Vita masih dapat mengakses PS Store hingga 27 Agustus. Sony juga akan menghapus fitur pembelian di Playstation Portable mulai 2 Juli nantinya.

Baca Juga: Judul Game PlayStation 5 yang Paling Ditunggu Kehadirannya

Pengunduhan Tetap Dimungkinkan

Jika Anda memiliki Playstation 3 atau PS Vita, Anda masih dapat mengakses game dan konten media, dan Anda juga masih dapat mengunduhnya. Ini juga berlaku untuk game dari keanggotaan Playstation Plus. Menurut Sony, Anda juga akan dapat terus menukarkan voucher untuk game dan langganan Playstation Plus.

Selain itu, Anda dapat terus membeli apa yang disebut konten crossplay di aplikasi atau browser, yang berfungsi pada konsol Sony yang lebih baru selain PS3 atau Vita.

Namun, tidak mungkin lagi membeli konten digital seperti game dan video di PS3, PS Vita dan Playstation Portable dari tenggat waktu di atas. Selain itu, pembelian konten dalam game tidak akan lagi dimungkinkan di konsol masing-masing. Kredit PSN dipertahankan, tetapi tidak dapat lagi ditukarkan pada konsol yang terkena dampak.

Playstation 3 mulai dijual di Jepang dan Amerika Serikat pada tahun 2006, sehingga akan hampir berusia 15 tahun pada musim panas ini. Konsol seluler Sony Playstation Vita jauh lebih muda: dirilis pada akhir 2011, tetapi seperti pendahulunya Playstation Portable, itu tidak pernah benar-benar menang dan jelas meleset darii target penjualannya.

Baca Juga: Apa Bisa Transfer Game PS4 ke PS5?

Kabar ini tentunya membuat sebagian pengguna PS3 dan PS Vita merasa kecewa, namun keputusan yang diambil oleh perusahaan tetaplah harus dihargai dan dapat diterima, mengingat usia konsol tersebut sudah cukup lama dipertahanan oleh Sony.