harga dan spesifikasi apple homepod mini indonesia

Apple Homepod Mini Siap Dirilis Tahun Ini?

Gebrakan baru saja dilakukan oleh pihak Apple. Dimana sepertinya mereka akan berfokus pada satu produk baru berukuran mini sebagai generasi penerus dari produk sebelumnya.

Apple Homepod Mulai Menghilang Dari Pasaran?

Apple Homepod yang telah berusia tiga tahun tidak lagi dapat dipesan dari Apple Online Store. Saat ini juga tidak tersedia di retail online lainnya. Kurang dari sebulan yang lalu, Apple mengumumkan bahwa Homepod akan dijual dan tidak lagi diproduksi. Akibatnya, waktu pengiriman produk ini menjadi sangat lama.

Saat ini, pada halaman produk Homepod menyatakan bahwa “availability is reserved “. Saat ini tidak jelas apakah akan terjual habis atau apakah Apple masih akan menerima pengiriman ulang. Meskipun telah dijual, tidak ada penurunan harga, dan masih ditawarkan dengan daftar harga 392 USD.

Mereka yang telah memesan Homepod dalam beberapa minggu terakhir dapat melihat model Homepod dari seri produksi pertama. Ini menunjukkan bahwa Homepod telah terjual secara signifikan dengan hasil lebih buruk dari apa yang diharapkan Apple.

Baca Juga: Apple Akan Segera Luncurkan iOS 15?

Apple Memilih Homepod Mini Sebagai Gantinya

Di masa depan, Apple bermaksud untuk fokus terutama pada distribusi Homepod Mini yang memiliki harga jauh lebih murah. Harganya sekitar 118 USD, tetapi tidak mencapai kualitas suara homepod versi standar dimana memiliki harga tiga kali lebih mahal.

Sementara diluar sana banyak produk di marketplace internasional seperti Amazon yang secara khusus menawarkan smart-speaker di semua segmentasi harga yang dapat dijangkau banyak orang, namun Apple secara signifikan justru mengurangi varian produknya.

Homepod Mini memiliki casing yang jauh lebih kecil daripada produk Amazon Echo 4. Dalam hal ini, suara speaker milik Apple dapat dikatakan sangat bagus. Tetapi jika Anda berencana menghabiskan 100 USD, Anda akan mendapatkan lebih banyak pilihan perangkat dari berbagai macam brand yang menjadi saingan Apple.

Baca Juga: iPhone Lipat Pertama Dari Apple Akan Segera Rilis

Kontrol Suara Dengan Apple Music Bermasalah?

Baik Homepod dan Homepod Mini membutuhkan iPhone atau iPad. Jika tidak, speaker tidak dapat dioperasikan atau dikonfigurasi. Bahkan dalam penggunaan sehari-hari, iPhone atau iPad selalu diperlukan, karena pengaturan penting hanya dapat dibuat dengan perangkat tersebut.

Salah satu kelemahan Apple Homepod adalah perangkat ini tidak dapat hidup mandiri. Hal ini tentunya berbanding terbail dengan produk dari kompetitor seperti  speaker Alexa atau Asisten Google.

Homepod dan Homepod Mini hanya dapat digunakan dengan Apple Music sebagai layanan streaming musik sesuai permintaan. Untuk provider lainnya mengikuti ketentuan terhadap wilayah dimana produk Apple digunakan.

Pada dasarnya, banyak pihak yang mengungkapkan bahwa Apple Music memiliki banyak masalah dengan pencarian suara pada model Homepod dan perangkat Echo milik mereka sendiri.

Produk Apple selalu memiliki fans sejatinya. Walaupun memiliki harga yang terkenal tinggi, namun produk Apple selalu berhasil menjadi best seller diantara brand-brand lainnya.