Mobil Toyota BZ4X

Toyota Tunjukkan Konsep Mobil Listrik Pertamanya

Kabar mengejutkan datang dari salah satu perusahaan otomotif asal negeri Jepang. Toyota pamerkan konsep mobil listrik pertamanya. Dengan nama samar BZ4X, Toyota kini siap mengikuti perlombaan untuk kategori mobil listrik terbaik.

Untuk Shanghai Auto, perusahaan mobil terlaris di dunia ini menunjukkan studi tentang mobil all-electric pertamanya dengan merek Toyota. Pada tahun 2025, pihaknya berencana untuk meluncurkan total 70 model listrik, 15 di antaranya semuanya bertenaga listrik. Seven kemudian berjalan di bawah sub-merek “Beyond Zero”, dengan BZ4X memulai.

Ini menjelaskan kode nama: BZ adalah singkatan dari program iklim dengan nama yang sama, yang dengannya Toyota ingin menjadi netral sepenuhnya terhadap CO2 pada tahun 2050 nanti. SUV ini dijadwalkan untuk diluncurkan mulai pertengahan 2022. Awal tahun ini, perusahaan meluncurkan versi SUV versi listrik dengan merek dagang Lexus.

Ambisi Off-road Toyota

Dalam siaran pers tersebut, Toyota banyak menulis dan mengungkapkan sedikit hal. Studi seri dekat yang dikembangkan bekerja sama dengan Subaru lebih dari sekadar sarana transportasi. Ini didasarkan pada Platform E-TNGA, yang, seperti skateboard lainnya, mengandalkan jarak sumbu roda yang panjang dan overhang pendek. Mobil ini mendapat manfaat dari pengalaman elektrifikasi Toyota selama 20 tahun serta keahlian Subaru dalam penggerak semua roda.

Kemudi Baru Melalui Steer by Wire

Toyota memamerkan setir baru yang menonjol karena bentuknya yang tidak bulat dan dirancang untuk tidak perlu terguling saat berbelok. Di balik ini ada sistem steer-by-wire, yang dimaksudkan untuk meningkatkan respon tergantung pada sudut kemudi dan kecepatan. Selain itu, dapat meminimalisir gangguan seam dan pengereman, tulis Toyota.

Sistem Pengisian Tenaga Surya

Perusahaan ini berbicara tentang “efisiensi luar biasa” dari rangkaian penggeraknya dan rangkaian produk yang “kompetitif”. Karena ada pembicaraan tentang baterai tegangan tinggi, Toyota dan Subaru mungkin memasang sistem pengisian daya 800 volt. Untuk tujuan ini, mitra mengintegrasikan sistem pengisian tenaga surya. Seberapa besar kontribusinya pada jangkauan masih harus dilihat.

Toyota Sukses di Eropa

Baru-baru ini diumumkan bahwa Toyota berinvestasi besar-besaran di pabriknya di Polandia untuk meningkatkan produksi hibridanya di sana. Toyota Eropa terakhir kali mencatatkan kenaikan pangsa pasar terbesar pada kuartal pertama. Pangsa pasar naik menjadi 6,6 persen. Secara global, Toyota dan Tesla menghasilkan margin tertinggi, sementara produsen mobil lainnya tergelincir ke wilayah negatif.

Untuk pasar Indonesia sendiri, Toyota juga masih dibilang cukup sukses bersaing dengan produsen dari sesama negara sendirinya. Walaupun kini produsen dari negeri Tiongkok mulai gencar melakukan promo, sepertinya Toyota masih dapat dikatakan lebih unggul dari rivalnya.

Semua informasi ini dikutip langsung dari situs luar t3n, situs yang memang secara khusus menyajikan informasi seputar dunia otomotif mancanegara.