fitur baru pada layanan apple music

Nikmati Segera Streaming Hi-Res Di Apple Music Tanpa Biaya Tambahan

Kabar baik bagi para penikmat musik yang menggunakan layanan Apple Music. Pasalnya Apple mengumumkan beberapa hari yang lalu bahwa pelanggan streaming Music akan menerima beberapa peningkatan audio tanpa dikenai biaya tambahan lagi.

Pertama-tama, seluruh katalog Apple Music yang berisi lebih dari 75 juta lagu di Lossless Audio akan dialirkan melalui ALAC (Apple Lossless Audio Codec) untuk mempertahankan setiap bit dari file audio asli.

Pelanggan dapat memilih kualitas yang ingin mereka gunakan, serta jenis koneksi, karena audio lossless membutuhkan lebih banyak bandwidth untuk streaming. Resolusi yang tersedia adalah kualitas CD (16 bit pada 44,1 kHz hingga 24 bit pada 48 kHz) dan Hi-Resolution Lossless, yang berakhir pada 24 bit pada 192 kHz).

Apple Music saat ini menawarkan pengaturan untuk streaming dengan kualitas lebih rendah saat terhubung ke data seluler. Hal ini tentunya dilakukan untuk dapat menghemat penggunaan kuota dari data seluler penikmat aplikasi musik ini.

Selain itu, Apple Music juga menerima audio spasial dengan dukungan Dolby Atmos untuk perangkat yang kompatibel. Sebuah fitur keren yang terdapat pada iOS 14. Audio Spasial adalah Dolby Atmos versi Apple yang dirancang untuk headphone, menawarkan pengalaman audio yang imersif yang memungkinkan artis mencampur musik sehingga suaranya datang dari mana saja dan termasuk dari atas.

Lagu ini akan tersedia saat peluncuran di beberapa lagu, seperti dari J Balvin, Ariana Grande, Maroon 5, The Weeknd, dan banyak lagi. Dan yang makin kerennya, Apple mengungkapkan bahwa pelanggan Apple Music akan terus menerima lagu baru pada layanan ini nantinya.

Menurut Apple, semua headphone AirPods dan Beats dengan chip H1 atau W1, serta speaker internal di versi terbaru iPhone, iPad, dan Mac, akan dialihkan ke Audio Spasial secara default.

Sebelumnya, hanya AirPods Pro dan AirPods Max kelas atas yang mendukung Audio Spasial. Namun, karena batasan Bluetooth, AirPods tidak akan dapat melakukan streaming trek lossless kecuali Apple dapat mengembangkan semacam codec berpemilik khusus.

Format audio Apple Music baru akan tersedia untuk pelanggan Apple Music pada bulan Juni tanpa biaya tambahan. Sebagai gantinya, situs marketplace terbesar didunia, yakni Amazon, mengumumkan bahwa tingkat Amazon Music HD, yang sebelumnya dikenakan biaya tambahan sebesar 7,99 euro per bulan, sekarang akan digratiskan.

Layanan hi-fi Spotify sendiri dijadwalkan untuk ditayangkan tahun ini, tetapi belum mengumumkan harga barunya. Persaingan pada layanan aplikasi musik streaming saat ini memang semakin ketat karena semakin menjamurnya aplikasi serupa. Semua informasi dalam artikel ini dikutip langsung dari situs computerwelt.

Layanan Apple Music memang menjadi salah satu layanan yang diandalkan oleh Perusahaan. Karenanya, pihak Apple terus melakukan inovasi untuk dapat meningkatkan kenyamanan para penggunanya.