update apple

Fitur Apple Music HiFi Akan Hadir di HomePod

Angin segar untuk para pecinta musik. Pasalnya Apple telah mengumumkan bahwa speaker pintarnya (smart speaker) akan mendapatkan akses ke Apple Music Hifi melalui pembaruan. Hal ini tentunya akan semakin menarik untuk dibahas.

Seperti kita ketahui, fungsi lossless baru untuk Apple Music ini juga dikenal dengan sebutan Apple Music HiFi. Minggu lalu, berita ini sempat menjadi sebuah topik yang hangat dan ramai diperbincangkan, karena informasi tentang fitur ini yang akan hadir pada speaker Siri Apple.

Walaupun informasi yang beredar masih minim dan belum dapat diketahui secara detail, kini semua berubah. Dengan munculnya sebuah dokumen terbaru, Apple telah mengkonfirmasi bahwa fitur loseless streaming juga akan hadir pada perangkat HomePod dan HomePod mini.

Kapan Apple Akan Update Software?

Untuk melakukan hal tersebut, bagaimanapun juga pembaruan firmware untuk perangkat harus dilakukan terlebih dahulu. “Saat ini, HomePod dan HomePod mini menggunakan AAC [Advanced Audio Codec] untuk memastikan kualitas audio yang sangat baik. Dukungan untuk Lossless akan hadir dalam pembaruan perangkat lunak di masa mendatang,” tulis Apple.

Sekedar informasi, HomePod dan HomePod mini terhubung ke jaringan rumah melalui WLAN, jadi kecepatan data harus cukup setidaknya untuk level lossless pertama yang akan ditawarkan Apple. Hal ini mungkin akan sedikit berpengaruh terhadap suatu kawasan dimana konektivitas internetnya masih belum stabil.

Sistem pemutaran lossless didasarkan pada kode internal Apple ALAC (Apple Lossless Audio Codec). Ini dimulai dengan 16 bit pada 44,1 kHz dalam “kualitas CD”, menurut informasi dari perusahaan. Hal ini juga dapat dilakukan dengan smart speaker.

Audio lossless mencapai hingga 48 kHz, yang dapat diputar langsung di Mac, iPhone, dan iPad. Kemungkinan besar perangkat seperti HomePod dan HomePod mini juga akan segera digunakan. Selain itu, Apple Music juga menawarkan “Hi-Resolution Lossless” hingga 192 kHz, tetapi ini membutuhkan perangkat keras tambahan berupa konverter digital-ke-analog USB (DAC).

Kualitas Audio Luar Biasa Tanpa Lossless

Headphone dan earplug dari Apple pada dasarnya masih dapat berfungsi dengan sangat baik. Dokumen dukungan baru menyatakan bahwa pabrikan AirPods, AirPods Pro dan AirPods Max, serta headphone dari anak perusahaan Beats, menggunakan codec Bluetooth AAC Apple “untuk kualitas audio yang sangat baik”. Namun, koneksi Bluetooth tidak mendukung audio lossless untuk saat ini.

Satu-satunya cara untuk menikmati streaming tanpa rugi pada AirPods Max Apple adalah dengan crutch. Anda dapat menggunakan kabel jack mini Lightning 3,5 mm yang mengintegrasikan konverter A / D-nya sendiri.

Ini kemudian dapat dipasang ke perangkat berkemampuan ALAC dengan koneksi analog dan pemutaran dapat dimulai. Semua informasi ini dikutip langsung dari situs heise.

Inovasi dari Apple selalu ditunggu bagi pecinta dunia teknologi. Walaupun memiliki harga yang cukup tinggi, namun banyak pengguna yang selalu betah menggunakan produknya.