Intip Windows 11 Microsoft Penerus Windows 10 Yang Dapat Melakukan Banyak Hal

Intip Windows 11 Microsoft Penerus Yang Dapat Melakukan Banyak Hal

Kabar mengejutkan datang dari dunia teknologi. Pasalnya, Microsoft akan segera merilis sesuatu yang baru dalam waktu dekat. Setelah banyak diskusi tentang apakah akan ada penerus dari Windows 10, bocoran tentang hal ini akhirnya menyeruak ke permukaan.

Sebuah preview Windows 11 akhirnya muncul ke internet melalui situs web Cina. Windows 11 adalah campuran dari Windows 10, Windows 10X dan elemen desain baru dari proyek Sun Valley.

Seperti yang diketahui, bahwa pembaruan desain utama untuk Windows 10 akan jatuh tempo pada musim gugur 2021, nama kode Sun Valley telah ada sejak lama.

Tapi sejauh ini juga tidak nampak aneh, karena perusahaan Microsoft telah menyumbangkan versi baru Windows dua kali dalam setahun dan pembaruan pada bulan Mei benar-benar pembaruan dalam versi mini.

Semuanya tidak secara resmi dikonfirmasi, Microsoft telah merencanakan acara Windows sendiri pada 24 Juni nanti. Tapi sekarang versi pra-rilis Windows 11 telah bocor ke dunia maya melalui situs web Cina. Jadi Anda bisa melihat seperti apa tampilan Windows 11.

Floating Start Menu, Warisan Windows 10X

Microsoft mengintegrasikan elemen dari Windows 10X ke Windows 11 dan terlihat sangat keren dengan Mode Gelap (Dark Mode).

Disini dapat Anda lihat dengan sangat jelas bocoran dari Windows 11. Microsoft menggunakan banyak elemen yang sebenarnya direncanakan untuk Windows 10X.

Proyek yang kini sudah dihentikan itu tidak sia-sia, melainkan pemasok ide untuk penerus Windows 10. Menu mulai secara opsional dapat ditempatkan di tengah, melayang sedikit di atas bilah tugas dan menunjukkan struktur baru.

Live Screen telah menghilang, melainkan menunjukkan program yang disematkan di area atas, termasuk file yang baru saja digunakan dan kontrol untuk mematikan sistem. Tampilan sudut bulat juga telah diterapkan.

Tombol Menu Start Tetap Berada Di Bagian Kiri Layar

Tentu saja, masih ada mode terang dan gelap, tetapi Windows 11 mendapatkan tampilan wallpaper baru yang tidak memiliki logo Windows. Bilah tugas terus melakukan peran yang sama seperti sebelumnya, tetapi terlihat sangat berbeda dengan ikon di tengah dan tombol Windows baru.

Hanya untuk memperjelas, mengemas tombol “Start” dan ikon di tengah bilah tugas hanyalah satu opsi. Jika Anda mau, Anda bisa membuat semuanya dibiarkan rata seperti biasanya.

Widget Baru Akan Hadir Di Windows 11

Microsoft memutuskan untuk memulai penerus Windows 10 dengan nama Windows 11. Setidaknya laporan setup Windows 11 juga muncul sebagai nama di sistem informasi. Pratinjau yang bocor dapat diimpor ke sistem Windows 10 yang ada. Bergantung pada versi yang ada, Anda juga bisa mendapatkan Windows 11 Pro, misalnya.

Akan ada sistem baru untuk menampilkan widget. Mereka sudah ada dalam sejarah Windows dan mereka mungkin akan segera menyesuaikan dengan Windows 11. Hal ini tentunya sangat dinantikan oleh para penggemar.

Windows 11 Mendesain Ulang Menu Pencarian

Pencarian Windows jangka panjang juga sedang ditangani ulang dengan Windows 11. Anda dapat dengan mudah memulai pencarian dari taskbar menggunakan ikon kaca pembesar. Selain istilah pencarian, ada juga pengaturan program paling populer serta istilah pencarian terbaru dan daftar kecil istilah pencarian cepat. Anda dapat menggunakannya untuk memanfaatkan cuaca atau berita.

Windows 11 Lebih Mudah Diatur Di Desktop

Pada satu titik atau lainnya, Microsoft juga memasang inovasi kecil di Windows 11 yang dimaksudkan untuk menyederhanakan operasi. Misalnya, kontrol jendela sekarang tidak hanya memungkinkan jendela untuk dimaksimalkan, tetapi juga memungkinkan jendela didorong ke sudut-sudut desktop atau diatur berdampingan dengan satu sentuhan tombol.

Menu boot telah direvisi dan Windows 11 mengumumkan dirinya dengan suara yang baru saat memulainya. Menu power user, yang dapat Anda jangkau dengan mengklik kanan tombol start atau melalui [Windows] + [X], telah diperkecil dan sekarang jauh lebih ramping.

Di tempat lain, tidak ada perubahan yang “belum” terlihat, misalnya di Microsoft Store. Tampilan menu lama seperti Control Panel atau Disk Management juga dapat ditemukan di Windows 11.

Rutinitas Instalasi Kini Lebih Sederhana

Jika Anda memutuskan untuk melakukan instalasi baru, Anda akan disajikan dengan pengaturan yang sama sekali baru. Ini juga merupakan pengembangan yang sudah menjadi bagian dari Windows 10X.

Tujuannya adalah instalasi ramping yang seharusnya berjalan lebih cepat dan lebih mudah. Saat memperbarui dari Windows 10 ke Windows 11, Anda juga dapat melihat fasilitas baru. Semuanya menjadi sedikit lebih menarik, misalnya ada gambar latar dinamis untuk waktu tunggu, ikon yang apik, dan sakelar sederhana untuk pengaturan.

Pada awalnya, pengaturan perlindungan data akan ditanyakan pada halaman. Seperti sebelumnya, semuanya diaktifkan terlebih dahulu, sehingga pengguna masih harus mengkonfirmasi sendiri ketika datang ke lokasi atau data diagnostik.

Kapan Windows 11 Dirilis?

Selain inovasi yang ditunggu, pertanyaan seru lainnya tentu saja “Kapan Windows 11 akan dirilis?”. Mudah-mudahan Microsoft memiliki beberapa jawaban yang siap di acaranya pada 24 Juni nanti.

Karena berdasarkan infromasi yang bocor diakhir Mei kemarin, tim internal akan segera memulai melakukan testnya. Kapan tepatnya itu belum jelas, kami berharap bisa segera sebelum acara.

Kalau tidak, masih akan ada pembaruan Windows 10 menjelang akhir tahun ini. Rasanya akan sangat keren jika Windows 11 bisa dirilis saat itu. Tetapi masih ada terlalu banyak pertanyaan yang belum terjawab, juga tentang waktu dukungan dan operasi paralel. Beberapa pengguna seharusnya tertarik apakah mereka dapat langsung beralih dari versi Windows lama ke Windows 11.

Semua informasi diatas dikutip langsung dari laman Chip. Sebuah laman yang menampilan informasi mengenai perkembangan dunia teknologi yang dihadirkan secara detail dan uptodate. Semoga bermanfaat.