Apa itu drone dan apa fungsinya

Benda Terbang Tanpa Awak, Apa Itu Drone?

Seiring kemajuan dalam dunia teknologi, banyak benda-benda canggih yang terus diciptakan oleh manusia guna mempermudah dalam berkegiatan sehari-hari. Salah satu benda canggih itu adalah Drone. Apa itu Drone?

Drone adalah benda terbang tak berawak (bahasa Inggris: UAV, Unmanned Arial Vehicle) dan jangan bingung dengan istilah UFO (unknown flying objects) yang sering ditakuti oleh sebagian orang, karena keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Drone dapat menjadi objek terbang secara otomatis dalam penerbangan, serta pesawat yang dikendalikan oleh tangan manusia. Faktor penentu untuk definisi dan jawaban atas pertanyaan “Apa itu drone?” adalah sesuatu yang tidak berawak.

Area aplikasinya beragam, baik sebagai objek hobi untuk kebutuhan syuting atau fotografi, baik pemula maupun profesional. Di sisi lain, digunakan sebagai drone militer atau drone tempur.

Untuk lebih memahami tentang apa itu drone, kami akan membahasnya secara lebih mendetail dalam artikel ini.

Bagaimana Cara Kerja Drone?

Cara kerja dari sebuah Drone pada dasarnya terinspirasi dari benda-benda terbang disekitar kehidupan kita. Hanya saja, Drone memiliki versi yang meni dari sisi ukurannya, dan dapat dikendalikan secara nirawak.

Pada umumnya, hingga saat ini terdapat dua jenis drone yang beredar dipasaran, yaitu multi-rotor dan fixed wing.  Keduanya memiliki prinsip kerja yang hampir sama, hanya saja posisi “peletakan” mesin penggeraknya dibuat berbeda.

Multi-rotor drone bekerja dengan prinsip yang terinspirasi dari helikopter. Mesin motornya diletakkan secara vertikal, sehingga baling-balingnya dapat membuat daya angkat secara vertikal pula.

Sementara Fixed wing drone, memiliki bentuk yang terinpirasi dari pesawat terbang pada umumnya. Sistem kerjanya pun memiliki prinsip yang sama dengan pesawat terbang.

Mesin dari motornya diletakkan dalam posisi horizontal, sehingga baling-balingnya dapat menggerakkan badan drone secara horizontal pula. Sayap dan badan drone didesain secara aerodinamis, untuk mendapatkan daya angkat yang optimal pada saat drone bergerak secara horizontal.

Fungsi Drone Adalah?

Masih banyak sebagian orang yang bertanya, apa fungsi drone? Gunanya untuk apa? Selain untuk dimanfaatkan dalam dunia fotografi dan militer, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masih banyak sekali fungsi dan kegunaan dari drone itu sendiri.

Semakin banyak pengembang drone, semakin banyak juga berbagai macam fungsi yang diciptakan oleh mereka. Berikut beberapa fungsi drone yang sering digunakan oleh manusia dizaman saat ini.

  • Drone digunakan untuk memantau arus lalu lintas
  • Memantau pertumbuhan tanaman (bidang pertanian)
  • Pengambilan gambar untuk mempermudah proses survei tanah
  • Memadamkan kebakaran, drone kini mampu menyemprotkan air
  • Drone dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi geologi
  • Membantu petugas dalam mengakses lokasi yang terputus saat terjadi bencana alam

Berapa Harga Drone?

Untuk harga pasaran drone saat ini sangatlah bervariasi bergantung kepada spesifikasi dan nama mereknya (brand). Dengan merogoh kocek sekitar Rp. 1 jutaan, Anda sudah dapat memiliki sebuah drone mini murah yang dirasa cocok untuk pemula.

Harga drone termahal dipegang oleh Ehang 184 yang diciptakan oleh salah satu perusahaan asal China. Drone ini ditawarkan dengan harga Rp. 4,2 M untuk peminatnya. Apa Anda tertarik untuk membelinya?

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda kini lebih paham mengenai apa itu drone dan apa saja fungsinya. Jika tertarik ingin memilikinya, pastikan Anda telah memahami spesifikasi dan kegunaan dari drone tersebut.