Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

BPJS Ketenagakerjaan kini telah memiliki Aplikasinya sendiri yang bernama BPJSTKU. Melalui aplikasi ini, nantinya Anda dapat melihat banyak informasi yang disajikan.

Salah satu info tersebut adalah berupa status Anda, apakah aktif atau non-aktif sebagai peserta dari BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi BPJSTKU juga sangat mudah dalam pengoperasiannya.

Cek Status Kepesertaan di Aplikasi BPJSTKU

Untuk mendapatkannya, silahkan kunjungi Playstore atau AppStore dari smartphone Anda, ketikan BPJSTKU, lalu pilih menu install. Setelahnya, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi secara online.

Proses registrasi ini dilakukan melalui email, dimana selama prosesnya Anda akan diminta data diri berupa; nomor KPJ, NIK pada KTP, tanggal lahir dan nama Anda. Pastikan Anda tidak salah dalam menginputnya.

Setelah sukses melakukan instalasi dan registrasi, langkah selanjutnya ialah Login ke Aplikasi BPJSTKU. Pilih menu Kartu Digital yang terdapat didalamnya, lalu klik pilihan kartu digital yang muncul.

Nantinya akan muncul keterangan dihalaman tersebut yang menerangkan tentang status cek kepesertaan Anda di BPJS Ketenagakerjaan apakah aktif atau tidak. Biasanya info tersebut muncul dibagian bawah halaman.

Di bagian menu ini juga Anda dapat melihat data mengenai rekening Bank yang telah didaftarkan. Jadi Anda tidak perlu bingung jika sebelumnya memiliki banyak rekening pada Bank lain.

10 Juta Lebih Pengguna

Hingga saat ini, Aplikasi BPJSTKU telah didownload hingga lebih dari 10 juta pengguna di Android. Dengan nilai rating aplikasi rata-rata 3,2. Ini artinya aplikasi tersebut cukup memiliki performa yang baik.

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil saat proses instalasinya. Besaran memori yang dibutuhkan diawal prosesnya sebesar 19.14 MB untuk versi 3.1.36

Jika ada pembaruan dengan versi yang lebih baru, silahkan update lagi ya! Hal ini tentunya untuk terus mendapatkan banyak fitur yang lebih baru dari versi sebelumnya.

Fitur Baru dari Aplikasi BPJSTKU

Di versi terbaru, ada beberapa tambahan fasilitas yang dapat Anda nikmati. Berikut beberapa fitur baru dari Aplikasi BPJSTKU:

  • Cek Saldo peserta Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, dan Pekerja Migran Indonesia
  • Pendaftaran bagi peserta Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, dan Pekerja Migran Indonesia
  • Pelaporan dan Pengaduan
  • Pelaporan Kecelakaan Kerja secara Realtime

Perlu diketahui, aplikasi BPJSTKU adalah aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki fungsi sebagai media layanan informasi program instansi yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.