Cek Penerima Bantuan UMKM Melalui Aplikasi E-Form BRI

Cek Penerima Bantuan UMKM Melalui Aplikasi E-Form BRI

Pemerintah masih fokus dalam memberikan bantuan kepada masyarakatnya yang terkena dampak dari pandemi covid-19. Hal ini tentunya menjadi sebuah harapan yang baik bagi mereka yang membutuhkan.

Pemerintah juga memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp. 1 juta. Jika tidak terdaftar di program bantuan UMKM, ada kemungkinan nama Anda terdaftar diprogram BSU. Silahkan cek nama Anda disini.

Bantuan UMKM atau biasa juga disebut Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang dikucurkan oleh Pemerintah yakni sebesar Rp. 1,2 juta per-individu (penerima manfaat).

Bantuan ini disalurkan oleh Bank BRI, dan proses pencairan bantuan ini hanya dilakukan satu kali untuk setiap pelaku usaha. Hal ini tentunya untuk memudahkan para penerima manfaat yang terdaftar.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Melalui Aplikasi BRI

Bagi Anda para pelaku usaha yang berhak dan terdaftar sebagai penerima bantuan BLT UMKM 2021, Anda dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi e-Form Bank BRI. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke halaman web eform.bri.co.id/bpum
  • Ketikan nomor identitas diri (KTP) Anda di kolom yang tersedia
  • Lalu, ketik Kode Verifikasi yang tampil dilayar
  • Klik “Proses Inquiry”
  • Tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul

Jika Anda terdaftar sebagai penerima bansos, maka akan ada informasi yang muncul yang menyatakan bahwa nama Anda telah terdaftar sebagai penerima bantuan ini.

Namun, jika tidak terdaftar, Anda dapat melakukan pengecekan kembali diprogram bantuan lainnya, misal Bantuan Subsidi Upah. Mungkin nama Anda terdaftar disana.

Baca Juga: Bantuan Subsidi Upah, Cek Nama Anda Sekarang Juga Disini

Cara Pesan Nomor Antrian Secara Online

Jika Anda telah terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM pada halaman resmi BRI, Anda dapat langsung mengajukan nomor antrean dimenu tersebut. Berikut cara pesan nomor antrean secara online melalui aplikasi e-Form Bank BRI:

  • Jika sistem menyatakan Anda adalah penerima bantuan, maka Anda akan langsung diarahkan kehalaman khusus untuk melakukan pemesanan tiket antrean (reservasi)
  • Setelahnya, Anda diharuskan untuk mengisi data diri dan tempat tinggal. Juga termasuk jadwal antrean didalamnya.
  • Ketikan kode verifikasi setelah Anda mengisi semua data yang diminta
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul nomor referensi. Nomor inilah yang digunakan sebagai nomor antrean nantinya. Simpan dengan baik-baik.

Selesai membuat pesanan antrean secara online, Anda diharuskan datang ke kantor Bank BRI sesuai dengan jadwal yang telah dipilih sebelumnya. Datang lebih awal tentunya akan lebih mempermudah prosesnya.

Baca Juga: Cek Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Info Penting Bagi Penerima Bantuan

Pastikan Anda tidak lupa dan salah jadwal, karena jika itu terjadi, Anda harus mengulang kembali untuk melakukan pemesanan nomor antrean secara online lagi.

Pada bulan Agustus 2021 ini, pemerintah menyalurkan bantuan UMKM ini kepada 1 juta pelaku usaha. Sementara untuk bulan September 2021, ada sekitar 500.000 orang yang ditargetkan sebagai penerima bantuan ini.