Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Mac

Begini Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Mac

Anda penggunan baru dari Mac? Atau mungkin Anda pengguna lama namun masih belum familiar dengan semua menu yang ada di Mac? Jika Anda ingin memperkecil ukuran file PDF di Mac, Anda tidak perlu mengunduh alat eksternal. Ini bekerja dengan opsi internal dari Apple.

Terkadang cukup penting saat mengompresi file yang berbeda. Terutama jika mereka terlalu besar untuk email dan Anda harus membuat kapasitas yang lebih kecil.

Agar Anda tidak perlu menghapus apa pun didalamnya, Anda dapat mengurangi ukuran PDF tersebut di Mac. Dua program yang sudah terinstal cocok untuk ini, sehingga Anda tidak perlu membeli program eksternal. Anda dapat mengetahui apa ini dan bagaimana cara kerjanya di bawah ini.

Cara Mudah Memperkecil Ukuran File PDF di Mac

Beberapa file perlu dikompresi agar dapat dimasukkan ke dalam surat atau dikirim dengan cara lain. Sebagai pengguna Apple, Anda memiliki opsi untuk melakukan ini dengan dua aplikasi internal. Agar dapat memperkecil ukuran PDF di Mac, antara lain menggunakan program “Preview”.

Untuk mengecilkan ukuran file PDF Anda, ikuti langkah-langkah ini untuk membuatnya berfungsi dengan benar:

  • Temukan dokumen PDF dan klik kanan padanya.
  • Kemudian pilih opsi “Preview” di menu konteks.
  • Sekarang Anda pergi ke “Filing”.
  • Di sini Anda kemudian pilih “Export”.
  • Ganti nama file agar yang asli tidak terhapus atau tertimpa jika nanti Anda membutuhkannya lagi.
  • Di menu tarik-turun untuk “Quartz Filter” Anda memilih “Reduce File Size” atau “Kurangi ukuran file”.
  • Terakhir, simpan file terkompresi.

Menurut layanan Apple Support, penting juga agar Anda tidak mengklik “Ekspor sebagai PDF” secara tidak sengaja pada langkah keempat.

Tips Mengurangi Ukuran File PDF di Mac

Pada saat yang sama, ada solusi internal lain dari Apple untuk mengurangi ukuran PDF. Di Mac, program ini disebut ColorSync. Sekali lagi, mudah untuk mengompresi ukuran file. Ini sangat berguna jika Anda tidak ingin kehilangan kualitas selama kompresi.

Anda dapat membuat pengaturan manual di sini, berikut cara mengurangi ukuran file PDF di Mac:

  • Pertama, buka utilitas ColorSync.
  • Pada langkah selanjutnya klik “Filter”.
  • Sekarang Anda harus “Duplicate the Filter” pada titik “Reduce File Size”.
  • Anda dapat mengganti nama entri baru (misalnya “Jadikan PDF lebih kecil).
  • Dengan “Image Adjustment” Anda harus membuat perubahan berikut: Ambil nilai “144” untuk “Resolusi” dan ubah kualitasnya menjadi “High”.
  • Di bawah “Image Compression” Anda juga harus menyesuaikan beberapa hal: Pastikan “JPEG” disetel ke “Mode” dan penggeser untuk “Quality” berada tepat di tengah.

Akhirnya, Anda harus mengikuti lima langkah pertama dari panduan pertama lagi. Namun, pada langkah keenam, Anda tidak perlu memilih “Reduce File Size”, tetapi ambil entri yang telah Anda buat (“Buat PDF lebih kecil”). Ini adalah salah satu cara bagaimana Anda mencegah agar kualitas tidak berkurang.

Cara Mengurangi Size PDF di Macbook Sangat Mudah

Sekarang Anda sudah tahu cara memperkecil ukuran file PDF di Mac. Jika Anda perlu mengonversi PDF ke JPG, maka Anda harus menggunakan alat ini. Dan jika Anda perlu menyunting PDF, silahkan ikuti petunjuk ini juga.

Cara memperkecil ukuran file di PDF di Macbook tidak terlalu sulit bukan? Kini Anda dapat mempraktekkannya sendiri didepan perangkat Apple yang dimiliki. Selamat Mencoba!