Kesan Pertama Mobil Listrik Tesla Model SUV Pasar Eropa

Kesan Pertama Mobil Listrik Tesla Model SUV Pasar Eropa

Mobil Listrik kini menjadi sebuah trend bagi kalangan masyarakat didunia, salah satunya juga bagi mereka yang tinggal di Eropa. Tesla, sebagai brand ternama tentu ikut menyerbu pasaran yang ada di Eropa.

Tesla menghadirkan Model Y versi Eropa di showroom Stuttgart pada 19 Agustus 2021. Pabrikan asal Amerika itu berencana mulai mengirimkan mobil yang sudah dipesan pada akhir Agustus.

Sementara versi long-range dari SUV compact ini awalnya tersedia di Jerman, pelanggan harus menunggu hingga awal tahun 2022 untuk versi performance. Waktu yang cukup lama bagi mereka yang kurang bersabar tentunya.

Kesan Awal Mobil Listrik Tesla Model Y

Ketika salah satu media di Jerman menguji mobil listrik Tesla buatan AS tahun lalu, orang Amerika dari Palo Alto terkesan dengan karakteristik mengemudinya, namun pengerjaan terhadap mobil tersebut dianggap mengecewakan.

Kulit dibuat bergelombang, sayap belakang terkelupas, penyetelan kursi rusak, celah salah, panel karpet longgar dan sandaran kursi di belakang memiliki ketinggian yang berbeda. Daftar masalah itu panjang.

Tesla jelas telah menghilangkan semua poin kritik ini dalam model yang baru. Model Y yang disajikan tidak memiliki cacat yang disebutkan. Celah pada mobil tidak menunjukkan jarak yang berbeda.

Kulit di dalam kendaraan tidak bergelombang dan penyetelan kursi elektrik bekerja. Tesla yang disajikan juga tidak memiliki masalah dengan penutup karpet yang lepas. Sandaran kursi di belakang Tesla memiliki ketinggian yang sama.

Kami tidak dapat menguji apakah spoiler belakang terpasang dengan benar, karena ini hanya tersedia pada varian performa. Dan versi ini tidak akan tersedia sampai awal 2022.

Tesla saat ini sedang membangun mobil listrik Model Y versi Eropa di Gigafactory di Shanghai, tetapi Tesla belum mengumumkan kapan produksi SUV akan dimulai. Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Interior Khusus ala Mobil Listrik Tesla

Interior Model Y khas Tesla. Sepintas, tidak ada tombol yang terlihat, selain sakelar untuk lampu peringatan bahaya. Seperti Model 3, itu dipasang di headliner.

Untuk pengemudi Tesla yang tidak berpengalaman, posisi awalnya mungkin nampak tidak biasa. Layar 15 inci berfungsi sebagai antarmuka untuk kontrol mobil listrik tersebut. Dengan luas layar tersebut dirasa cukup untuk mengoperasikan segalanya disana.

Seperti Model 3, Model Y tidak memerlukan kunci apa pun. Tesla secara otomatis terhubung ke smartphone pengemudi. Dengan demikian, mobil listrik Tesla ini dapat dibuka dan ditutup dengan mudah dari ponsel penggunanya.

Bagasi depan dan kursi baris kedua yang dapat dilipat di Tesla menawarkan total ruang penyimpanan 1,9 meter kubik. Model Y awalnya tersedia di Jerman sebagai 5-seater. Varian yang dikirim nantinya akan menawarkan ruang untuk tujuh penumpang.

Jarak Terjauh Mobil Listrik Tesla Model Y

Tesla menetapkan jangkauan versi long-range Model Y sejauh 507 kilometer. Kedua motor listrik tersebut mengakselerasi mobil berbobot 2.003 kilogram itu hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,0 detik.

Menurut Perusahaan, kecepatan tertinggi adalah 217 km / jam. Harga mobil listrik Tesla versi ini dibanderol mulai dari 56.990 euro (Rp. 960-jutaan). Biaya tambahan seperti velg 20 inci, interior premium, cat Deep Blue Metallic dan autopilot menghasilkan total harga 62.570 euro untuk Model Y yang dihadirkan.

Mobil Listrik Tesla buatan AS dipatok setara dengan 41.285 euro (Rp. 695-jutaan) tanpa biaya tambahan. Kisaran model Amerika setara dengan 525 kilometer, sedikit lebih tinggi dari Model Y Eropa. Walaupun memiliki perbedaan harga, kecepatan tertinggi dari kedua versi ini tetap sama.

Varian performance, yang ingin dihadirkan Tesla di Eropa mulai awal 2022, dimulai dari 63.990 euro (Rp. 1,077-milyar) dan diperkirakan akan berakselerasi hingga 100 km/jam dalam 3,7 detik.

Tesla menetapkan 241 km/jam sebagai kecepatan maksimum. Jangkauannya dikurangi menjadi 480 kilometer. Harga tersebut sudah termasuk roda 21 inci, sasis yang diturunkan, rem performa, dan pedal logam ringan. Atap panorama standar pada kedua versi.

Seperti halnya versi long-range, ada perbedaan ketika membandingkan model AS dan varian Eropa dari Performance Model Y. Harga mobil listrik Tesla AS mulai setara 47.282 euro dan kisarannya setara dengan 487 kilometer, sedikit lebih baik daripada versi Eropa. Semuanya kini tergantung kepada minat calon pembelinya.

Model Y dari Tesla, dibuat untuk pasar Eropa, mengesankan dengan pengerjaannya. Selama pemeriksaan pertama, Amerika menghilangkan beberapa kekurangan pada model AS.

Dibandingkan dengan Ioniq 5 yang bersaing dan harga dasarnya 41.990 euro (Rp. 707-jutaan), Model Y memiliki harga yang lebih tinggi. Baik untuk versi long-range dan Performance dari Model Y, Tesla mengungguli mobil listrik sejenis di Korea Selatan dengan jarak tempuh 384 kilometer dengan jangkauan masing-masing 507 dan 480 kilometer.

Model Y juga meninggalkan KIA EV6 dengan jarak tempuh 394 kilometer di belakang. Namun, SUV compact ini lebih murah dari mobil listrik Tesla dengan harga mulai 44.990 euro.

Persaingan mobil listrik nan pintar kedepannya akan terus terjadi. Banyaknya pilihan versi yang ditawarkan pihak pengembang tentunya akan membuat calon pembeli leluasa untuk memilih sahabat berkendara bagi mereka dimasa depan nanti. Menurut Anda, mobil listrik Tesla buatan mana yang terbaik?