Firmware Baru Untuk Slot SSD di PS5

Firmware Baru Untuk Slot SSD di PS5

Sebuah kabar baik datang bagi Anda pengguna konsol Sony Playstation 5. Sony secara resmi telah mengumumkan kabar tersebut ke seluruh penggemarnya.

Sony merilis pembaruan firmware baru untuk Playstation 5 pada hari Rabu, yang membuka kunci slot M.2 dari konsol game. Ini berarti bahwa memori konsol seri ke-5 ini dapat diperluas untuk pertama kalinya.

Slot untuk SSD NVMe terletak di bawah pelat bodi sisi kanan, yang harus dilepas sementara untuk pemasangan SSD. Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa perlu khawatir.

Sony sudah mulai menguji firmware baru pada bulan Juli, dan perangkat lunak ini sekarang tersedia untuk dapat diunduh oleh semua pengguna konsol game. Untuk pertama kalinya, Anda dapat menggunakannya untuk memperluas memori Playstation 5 Anda.

Playstation 5 dilengkapi dengan memori flash NAND 825 GB, dimana hanya 695 GB yang dapat digunakan untuk game dan file lainnya. Jadi lebih dari beberapa judul blockbuster modern tidak dapat diinstal pada satu konsol pada waktu yang sama.

Sejak bulan April, game juga dapat disimpan di media penyimpanan eksternal – tetapi hanya untuk diamankan, game tidak dapat dimulai dari sana. Hal ini tentunya menjadi sedikit kelemahan yang perlu diperbaiki oleh Sony.

Dalam pengujian dengan firmware lanjutan, slot SSD pada PS5 bekerja dengan sempurna. Tidak ada kekurangan dalam hal kinerja, selama Anda secara benar mengikuti persyaratan minimum Sony.

Sony secara resmi membutuhkan media penyimpanan PCIe Gen4 dengan kecepatan transfer 5,5 GByte/s yang dapat mengimbangi memori internal. Perusahaan juga merekomendasikan pengoperasian SSD hanya dengan heat sink.

Berikut detailnya:

  • Interface: PCIe 4.0 (4 jalur)
  • Faktor bentuk (konektor): M.2 (hanya M-Key)
  • Kecepatan transfer (membaca): 5500 MB / dtk
  • Kapasitas: 250 GByte – 4 TByte
  • Lebar kartu plug-in: 22 mm
  • Panjang kartu plug-in: 30, 42, 60, 80 atau 110 mm
  • Maksimal dimensi termasuk pendingin (P × W × T): 110 mm × 25 mm × 11,25 mm

Pada awalnya, slot untuk SSD M.2 sama sekali tidak berguna. SSD yang terpasang di sana mencegah konsol game Sony untuk memulai dengan benar. Konsol di-boot dengan SSD M.2 terpasang, tetapi kemudian menolak layanan dengan pesan bahwa SSD tambahan harus dilepas. Sekarang memori akhirnya dapat diperluas padahal PS5 mulai dijual hampir setahun yang lalu.

Berbeda dengan Sony, Microsoft Xbox Series X menggunakan slot eksklusif untuk ekspansi memori yang dikembangkan bersama dengan Seagate. Pemilihan kartu memori juga kecil, hanya ada model 1 TB dari Seagate.

Kini saatnya Anda untuk menikmati fitur baru dari Sony pada PS5 Anda. Firmware baru ini diharapkan dapat menambah kenyaman dan kepuasaan saat bermain dari para user Sony dan Playstation. Selamat mencoba!