Apple Music Akan Menghapus Fitur Audiobooks

Apple Music Akan Menghapus Fitur Audiobooks

Ada kabar menarik yang dibawa perusahaan berlogo buah apel ini menjelang akhir bulan September 2021. Kemunginan kedepannya jika Anda ingin mendengarkan Audiobooks dengan langganan streaming musik, Anda harus segera beralih dari Apple Music ke Deezer, Spotify, atau penyedia lainnya.

Apple baru-baru ini membuat perubahan mendasar pada Apple Music: banyak audiobooks tidak lagi disertakan dalam langganan. Beberapa pelanggan yang terpengaruh dari kasus ini tidak menerima informasi resmi dari Apple.

Ini ditunjukkan dengan melihat forum dukungan Apple, di mana pelanggan mengeluh bahwa Apple Music menunjukkan audiobooks yang jauh lebih sedikit dari sebelumnya.

Forum Penggemar Apple iFun

Beberapa pengguna produk Apple yang terkena dampak menghubungi forum dukungan dan mengutip dukungan telepon Apple yang mengatakan bahwa Audiobooks umumnya telah dihapus dari langganan Apple Music.

Jika Apple Music sesekali mencantumkan Audiobooks, ini mungkin akan hilang dalam jangka panjang. Apple sendiri tidak menanggapi pertanyaan pelanggan di forum dukungan. Berbagai media telah mengajukan permintaan kepada Apple tentang hal ini, namun perusahaan tersebut belum menanggapinya.

Blog penggemar Apple ifun mengambil ketidakpastian yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi dari Apple sebagai kesempatan dan bertanya kepada industri penerbitan.

Dari salah satu penerbit Audiobooks terbesar di Jerman dikatakan bahwa Apple telah menuntut agar “Audiobooks di semua penerbit di Apple Music” dihapus. Perubahan ini hanya memengaruhi Apple Music dan bukan penyedia lain seperti Deezer atau Spotify, di mana Audiobooks terkait masih termasuk dalam langganan.

Aplikasi Apple Books di iOS

Dukungan Apple harus menyarankan mereka yang terpengaruh untuk membeli Audiobooks di App Apple Books. Dengan Apple Books tidak ada langganan dan setiap Audiobooks harus dibeli satu per satu.

Tidak ada aplikasi Apple Books untuk perangkat Android. Jadi jika Anda adalah pelanggan Apple Music dan menggunakan langganan di perangkat Android, Anda tidak dapat menggunakan alternatif yang direkomendasikan oleh Apple, tetapi harus mencari alternatif lain.

Menurut pengetahuan terkini, perubahan pada katalog Apple Music seharusnya hanya berlaku untuk Audiobooks. Pemutaran radio akan terus tersedia di Apple Music. Bahkan dengan pesaing seperti Amazon Music Unlimited, Deezer atau Spotify, pemutaran radio adalah bagian dari langganan streaming musik.

Pelanggan Apple Music Kesal

Pelanggan Apple Music tidak diberitahu tentang perubahan sebelumnya oleh penyedia. Jadi seharusnya Audiobooks yang telah dimulai tidak dapat didengar lagi. Dari satu hari ke hari berikutnya, Audiobooks hilang.

Beberapa pelanggan Apple Music juga kesal di forum dan, menurut pernyataan mereka sendiri, telah membatalkan langganan Apple Music mereka karena frustrasi.

Dengan langkah Apple, jangkauan Apple Music akan lebih selaras dengan Amazon Music Unlimited. Sejalan dengan Amazon Music Unlimited, Amazon memasarkan langganan Audiobooks dengan Audible. Akibatnya, hanya beberapa Audiobooks yang dapat ditemukan di layanan streaming musik Amazon, jika ada.

Pada akhir Agustus 2021, Apple mengumumkan akuisisi Primephonic. Konten Primephonic diintegrasikan ke dalam langganan Apple Music, yaitu tentang musik klasik.

Mari kita lihat beberapa waktu kedepan, hal apa yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi kekecewaan para penggemarnya. Akankah ada sebuah hadiah khusus yang sudah disiapkan oleh Apple? Mari kita tunggu ya!