manfaat dan khasiat buah huni

Ini Dia Manfaat Buah Huni yang Jarang Diketahui

Manfaat dan Khasiat Buah Huni – Bagi sebagian orang, mungkin masih sedikit asing dengan istilah atau nama dari buah huni ini. Namun siapa sangka, dibalik bentuknya yang kecil nan mungil, buah ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh kita.

Buah Huni Adalah?

Buah huni adalah salah satu jeni buah yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan Australia. Tinggi pohon buah huni bisa mencapai sekitar 15-30 meter. Didataran pulau Jawa sendiri, pohon buah huni dapat dijumpai di hutan-hutan dengan ketinggian maksimal 1.400 meter diatas permukaan laut.

Buah huni ini memiliki bentuk bundar/bulat dan berukuran kecil. Jika sudah matang, buahnya akan berubah warna menjadi merah. Buahnya yang kecil itu tersusun dalam satu tangkai panjang.

Nama Lain Buah Buni

Buah ini memiliki nama latin yaitu Antidesma Bunius. Dibeberapa wilayah di Indoensia, buah ini juga memiliki nama panggilannya sendiri. Misal, di beberapa wilayah Jawa, buah ini dipanggil buah buni atau buah wuni. Sementara di Madura, buah ini memiliki nama lain yaitu buah bumeh.

Untuk daerah Sunda, buah ini dipanggil dengan sebutan buah huni. Di Lampung, mereka menamai buah ini sebagai buah bonia. Lalu di daerah Sumbawa, orang sana menyebut buah ini dengan nama barune.

Manfaat Buah Huni

Buah huni sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, karenanya buah ini masih diminati banyak orang yang mendambakan khasiat dari buah huni ini.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat dari buah huni yang perlu Anda ketahui:

  • Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
  • Melindungi Kesehatan Organ Penglihatan
  • Melawan Pertumbuhan Sel Kanker
  • Melancarkan dan Memperbaiki Sistem Pencernaan
  • Mengobati Alergi atau Penyakit pada Kulit

Jika Anda memiliki beberapa masalah kesehatan diatas, disarankan untuk mencoba mengkonsumsi buah huni ini. Manfaat dan khasiat buah huni ini tidak perlu Anda ragukan lagi karena sudah banyak orang yang mencobanya.

Cara Makan Buah Buni

Ada berbagai cara makan buah buni yang sering dilakukan banyak orang. Cara makan yang paling umum adalah dengan mencuci bersih buah buni yang sudah matang, lalu dibuang biji didalamnya. Buah yang sudah dibersihkan dapat langsung disantap.

Cara makan buah buni lainnya adalah dengan cara diawetkan untuk dijadikan manisan buah atau dibuat menjadi sirup buah buni. Ada juga yang mengkonsumsi buah ini dengan sambal rujak, semuanya tergantung pada selera Anda.

Efek Samping Buah Buni

Selain memberikan manfaat, ada efek samping buah buni yang perlu diwaspadai. Perlu diketahui, buah dan daun pada tanaman ini memang dapat dikonsumsi oleh kita karena mengandung banyak khasiat, namun ada satu bagian yang harus dihindari.

Bagian akar dari pohon buah huni ini mengandung racun, jadi sebaiknya Anda menghindari bagian tersebut. Tidak perlu khawatir jika Anda membelinya dipasaran, karena biasanya buah huni yang dijual hanya bagian daun dan buahnya saja.

Harga Buah Buni

Langkanya buah buni dibeberapa daerah kini dapat diatasi dengan belanja secara online melalui marketplace. Karena khasiat dari buah buni ini sangat diminati, banyak toko di marketplace yang menjual buah ini.

Harga pasaran untuk saat ini di toko online berada di sekitaran Rp. 20-30ribuan per-500 gram. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu bergantung pada minat dan ketersediaan dari buah buni itu sendiri.

Untuk menjaga kualitas buah buni agar tetap segar, pastikan lokasi penjual masih satu wilayah dengan lokasi tempat tinggal Anda. Jika harus berbeda wilayah, pastikan memilih toko yang memiliki jasa pengiriman kilat atau express.

Itu dia beberapa informasi seputar manfaat dan khasiat buah huni yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini demi menjaga kesehatan tubuh kita ya!