Aplikasi Untuk Menjawab Soal Dengan Cara Difoto

Daftar Aplikasi Untuk Menjawab Soal Pelajaran Dengan Cara Difoto

Aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto – Selama pandemi, banyak peserta didik yang harus melakukan kegiatan belajarnya dirumah menggunakan smartphone dan laptop.

Belajar dirumah tidaklah selamanya membosankan. Dengan kemajuan teknologi, dunia pendidikan pun dirasa terkena dampak positifnya. Bagaimana tidak, kini banyak aplikasi yang bisa menjawab soal dengan cara difoto.

Aplikasi Untuk Menjawab Soal Dengan Cara Difoto

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membandingkan hasil akhir jawaban kita setelah mengerjakan soal dengan kunci jawaban yang sebenarnya. Ini sangat membantu bagi peserta didik yang masih merasa belum yakin dengan jawabannya.

Berikut ini 5 Aplikasi untuk menjawab soal dengan cara difoto:

Aplikasi Ruang Guru

Ruang Guru merupakan salah satu aplikasi paling populer di Indonesia saat ini. Didalam aplikasi ini, ada satu fitur yang dinamakan Robo Guru. Disinilah nantinya peserta didik dapat melakukan tanya jawab untuk soal yang sedang dihadapi.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, cukup lakukan download aplikasi Ruang Guru di smartphone, baik Playstore maupun Appstore. Setelahnya, silahkan buat mendaftar untuk membuat akun. Jangan khawatir, tidak ada biaya yang akan dikenakan alias gratis.

Cara kerjanya, foto soal yang ingin diketahui jawabannya, lalu upload kedalam aplikasi melalui fitur Roboguru. Tunggu beberapa saat, lalu hasil dari jawabannya akan langsung dapat dilihat dilayar monitor.

Baca Juga: Keluarga Indonesia Harus Punya Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Mathway

Diurutan kedua, kita punya Mathway. Aplikasi ini sebenarnya lebih diperuntukkan untuk membantu menemukan jawaban yang tepat dalam mata pelajaran matematika.

Dalam Aplikasi Mathway ini, soal-soal rumit tentang perhitungan dapat dijelaskan secara rinci dan mudah dipahami. Seperto soal mengenai kalkulus, trigonometri, dan aljabar.

Mengandalkan fitur utama berupa kamera pemindai dan kalkulator ilmiah, aplikasi ini dirasa cukup sukses untuk membantu para peserta didik karena proses pemecahan soalnya pun cukup cepat.

Aplikasi Qanda

Aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto berikutnya adalah Qanda. Aplikasi ini pernah menempati urutan pertama di Playstore pada tahun 2019 untuk kategori pendidikan.

Qanda menjalin kerjasama dengan mahasiswa dan guru yang kompeten dibidangnya. Mata pelajaran yang dapat dibahas disini pun lumayan banyak, tidak hanya matematika.

Fitur Live Chat menjadi andalan di aplikasi Qanda. Peserta didik dapat melakukan tanya jawab langsung dengan guru atau mentor secara personal. Dengan begini, pembahasan yang tidak dimengerti dapat lebih dijabarkan kembali dengan metode lain yang lebih sederhana.

Aplikasi Photomath

Cara kerja aplikasi ini pada dasarnya hampir mirip dengan Mathway, dimana peserta didik cukup mengunggah soal melalui foto dan menunggu hasil jawabannya beberapa saat kemudian.

Photomath dikhususkan untuk membantu memecahkan soal pelajaran matematika. Aplikasi ini sudah didukung oleh lebih dari 30 bahasa, sehingga peserta didik dapat lebih leluasa untuk menyesuaikan bahasa apa yang akan dipilih selama proses pembelajarannya.

Di Playstore sendiri, aplikasi ini telah didownload lebih dari 100 juta pengguna Android. Dengan rata-rata nilai rating berupa ulasan terhadap aplikasi berada di angka 4,6.

Baca Juga: 10 Daftar Aplikasi Belanja Online Terbaik Di Dunia Tahun 2021

Aplikasi Brainly

Brainly pada dasarnya merupakan sebuah komunitas belajar online. Disini terdapat tim pakar edukasi yang bertugas untuk mengkonfirmasi dan memverifikasi jawaban yang masuk, sehingga peserta didik tidak perlu ragu terhadap kebenaran dan penjelasan yang ada di aplikasi ini.

Aplikasi ini dapat menerima soal dalam bentuk foto maupun essay (tulis). Untuk dapat menggunakannya, pastikan download terlebih dahulu. Lalu, jangan lupa untuk membuat akun. Aplikasi Brainly ini bersifat free alias gratis.

Didalamnya juga terdapat kumpulan soal pelajaran dari berbagai tingkatan sekolah, seperti SD, SMP dan SMA. Tentunya fitur ini sangat membantu peserta didik untuk lebih mempelajari soal pelajaran sesuai level sekolahnya.

Itu dia daftar aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto yang dapat membantu para peserta didik. Manfaatkan dengan bijak aplikasi ini, terutama untuk kemajuan dalam bidang pendidikan. Semangat Belajar!!