Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Ingin mendapatkan kembali file terhapus dari ponsel Anda, cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di Android dapat membantu. Dengan cara ini proses restore data dapat dilakukan dengan mudah.

Terkadang, Anda mungkin tidak sadar sudah menghapus sebuah data penting dari ponsel sehingga ketika mencarinya tidak menemukannya. Atau justru data tersebut menghilang sebab dibersihkan secara otomatis.

Jika mengalami keadaan ini tentu akan sangat membingungkan, apalagi jika Anda termasuk orang yang kurang berpengalaman dalam hal teknologi handphone Android. Terutama jika file-file tersebut penting atau harus digunakan untuk pekerjaan.

Kali ini, kami ingin berbagi cara mengembalikan file-file hilang dari Android dengan trik mudah. Anda dapat memilih opsi mendapatkan kembali file-file tersebut menggunakan salah satu dari 3 metode berikut ini.

Pemulihan File Terhapus Melalui Recycle Bin Android

Cara pertama adalah menemukan kembali file Anda melalui Recycle Bin. Jadi, bukan hanya komputer yang punya Recycle Bin, tapi ponsel Anda juga. Hanya saja, banyak yang tidak tahu. Berikut langkah yang dapat Anda gunakan untuk pengembalian file atau foto atau video:

  1. Buka “ES File Explorer” biasanya semua handphone Android memilikinya. Anda dapat mencarinya di aplikasi ponsel atau menggunakan tombol search.
  2. Geser bilah kiri dan temukan Menu Tools. Tools memuat berbagai menu pilihan untuk opsi eksplore handphone Android.
  3. Masuk ke folder Recycle Bin.
  4. Lalu pilih foto, video, maupun dokumen yang ingin dipulihkan.
  5. Kemudian tekan tombol titik tiga di kanan atas dan ambil opsi Restore.
  6. Semua file pilihan Anda sudah kembali ke tempat semula, silakan lakukan pengecekan.

Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android Pakai Akun Google

Semua ponsel Android selalu terhubung dengan akun Google, karena saat pertama kali menyalakan perangkat diminta opsi untuk membuat akun Google terlebih dahulu. Dengan akun ini, Anda juga bisa mengembalikan semua foto atau video atau dokumen yang terhapus, caranya:

  1. Buka Google Drive melalui ponsel Anda.
  2. Lalu login menggunakan akun yang terdaftar pada ponsel tersebut. Jika lupa akun dan passwordnya silakan buka Gmail terlebih dahulu untuk pengecekan.
  3. Setelah bisa login, cari ke tab folder Photos, Albums, Archive, dan Trash.
  4. Kemudian akan muncul semua file yang sudah terhapus dari ponsel Anda.
  5. Lalu unduh file-file yang dibutuhkan dan cek kembali penyimpanan ponsel untuk melihat apakah file sudah kembali atau belum.

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android Pakai Aplikasi Dumpster

Jika kedua cara di atas kurang memusakan Anda, bisa gunakan opsi ketiga yaitu menggunakan aplikasi gratis di Playstore bernama Dumpster. Aplikasi ini dapat bantu pulihkan foto, video, maupun dokumen yang sudah terhapus dengan langkah berikut:

  1. Unduh aplikasinya di Google Playstore dan install di handphone Anda.
  2. Restart ponsel agar aplikasi dapat berjalan sempurna.
  3. Buka aplikasi dan akan langsung dilakukan pemindaian file-file sudah terhapus.
  4. Jika pemindaian selesai, masuk menu Recycle Bin. Di dalamnya akan terlihat file-file sudah terhapus sebelumnya.
  5. Pilih file-file atau folder yang ingin dipulihkan atau dikembalikan. Jika sudah tinggal unduh, lalu semua data bisa ditemukan kembali dalam ponsel Anda.

Sebenarnya, sangat mudah dan praktis apabila Anda ingin mendapatkan kembali file-file hilang, baik karena dihapus sendiri atau terjadi sebab kecelakaan tangan saat pembersihan. Dengan atau tanpa aplikasi dapat dilakukan proses dengan cepat.

Sekarang, tidak perlu khawatir saat dengan tidak sengaja menghapus file-file berharga. Sebab kini telah ada cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di Android yang mudah dan sangat praktis.