Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Hp Android

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Hp Android

Cara menghapus riwayat pencarian di google hp android sangat simpel. Hal itu jika memang sudah mengetahuinya, namun beberapa juga masih belum mengerti dan kebingungan. Dengan begitu, butuh tutorial melakukannya.

Terkadang juga Anda kebingungan juga bisa melalui google support, namun masih membuat bungung. Google sendiri banyak menyimpan berbagai data yang pernah di cari. Sehingga akan bisa muncul kembali.

Misalnya jika Anda memakai kata kunci yang sama atau keyword, maka website sebelumnya sudah dicari akan muncul kembali. Sehingga, jika Anda tidak ingin muncul kembali bisa hapus riwayatnya.

Bukan hanya data kata kunci saja, bahkan ia juga menyimpan pencarian video dan lainnya ada dalam server. Tetapi pengguna tidak akan langsung bisa menghapus dalam history pada server google.

Sehingga apabila pengguna menghapus riwayat pencarian yang ada pada “history” di web browser google hal itu tidak akan terhapus. Namun, sekarang sudah bisa dihapus seluruhnya.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Hp Android

Seseorang melakukan pencarian yang privasi tentu tidak ingin diketahui orang lain, sehingga salah satu caranya adalah menghapus data riwayatnya. Dengan begitu, semua akan aman dan tidak diketahui oleh orang lain. Berikut cara yang bisa Anda coba dalam menghapus riwayat pencarian google.

  1. Pertama Anda dapat membuka halaman utama di google serta login akun google dengan klik gambar tiga strip di sisi pojok kiri atas.
  2. Kemudian pilih menu dengan tulisan “Your data in search”
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu bertuliskan “Delete your activity”
  4. Langkah selanjutnya aka nada opsi “ delete last hour” artinya menghapus pencarian baru 1 jam ke belakang. Serta pilihan “ Delete all Searches” agar dapat menghapus seluruh pencarian yang pernah dilakukan.
  5. Setelah memilih maka Anda bisa cek kembali dengan menuliskan kata kunci, jika muncul kembali dengan gambar jam berarti masih tersimpan riwayatnya.

Cara Kedua Menghapus Riwayat Pencarian

Walaupun sama android mungkin saja memiliki cara berbeda. Atau bisa juga menggunakan cara pertama masih gagal. Sehingga ada solusi berikutnya yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

  1. Pertama dengan membuka aplikasi dari google chrome yang ada di handphone android Anda, kemudian pastikan bahwa sudah login di akun googlenya.
  2. Kemudian tap menu yang bergambar titik tiga pada sudut kanan atas.
  3. Berikutnya akan ada pilihan “Search History”
  4. Baru tap hapus atau delete yang ada di deretan gambar kalender serta kaca pembesar.
  5. Setelah itu Anda bisa melihat rentang waktu historynya yang ingin dihapus. Setelah itu pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

Alasan Harus Menghapus History Google

Tentu jika melakukan pencarian ingin mendapatkan hasil yang terbaru, apalagi berita. Sehingga apabila datanya lama, atau pernah dibaca sebelumnya jadi tidak sesuai. Sehingga menghapus history atau cookie juga sama pentingnya. Berikut alasan penting menghapus history pencarian.

  1. Situs yang dikunjungi tidak update sehingga masih menggunakan data lama
  2. Kemungkinan data yang privasi muncul dan diketahui orang lain
  3. Peremban juga tidak memperbarui hasil pencariannya
  4. Terdapat username atau password yang masih tersimpan, dan sangat berbahaya jika diketahui orang lain saat dipinjam
  5. Data atau file masih tersimpan di history yang kemungkinan dapat muncul kembali

Tentu setiap pencarian masuk dalam history, sehingga penting dalam menghapus riwayat. Oleh sebab itu, history juga sebaiknya dihapus. Cara menghapus riwayat pencarian di google hp android bisa dilakukan dengan mudah.