Cara Menyimpan File di Google Drive Android, Mudah Banget

Cara Menyimpan File di Google Drive Android, Mudah Banget

Cara menyimpan file di google drive android dapat dengan mudah dilakukan oleh siapapun. Karena, aplikasi ini terdapat di seluruh perangkat smartphone sehingga semua orang dapat menggunakannya dengan mudah.

Melakukan penyimpanan di drive sendiri memiliki banyak keuntungan. Selain itu, layanan ini juga disebut sebagai penyimpanan kedua dan memudahkan penggunanya untuk berbagi ke orang lain.

Ada baiknya Anda tidak menyimpan file terutama foto atau video dalam penyimpanan android saja. Karena, ketika disimpan di penyimpanan Android sangat beresiko terhapus atau bahkan hilang terkena virus.

Pengertian Aplikasi Google Penyimpanan atau Drive di Android

Google drive merupakan layanan seperti cloud yang disediakan secara online untuk menyimpan berbagai file. Layanan ini diberikan oleh google sejak 2012 lalu secara gratis baik pada perangkat smartphone maupun dekstop.

Dalam layanan ini Anda dapat menyimpan berbagai file mulai dari foto, video, dokumen berupa word, pdf, atau bahkan excel sekalipun. Anda dapat memanfaatkan penyimpanan yang diberikan yakni hingga 15 GB.

Jika ingin menambah penyimpanannya, Anda perlu melakukan upgrade akun. Cara untuk menyimpan file di google drive Android juga sangat mudah, Anda hanya perlu menguploadnya ke aplikasi tersebut.

Tidak hanya digunakan untuk menyimpan saja, tetapi pada layanan ini juga terdapat fitur edit, dan berbagi kepada pengguna lainnya. Misalnya saja mengetik, membuat, menginput gambar, dan lainnya.

Untuk memanfaatkan layanan ini, Anda harus terhubung ke internet selama penggunaannya. Karena aplikasi ini memang didesain untuk digunakan secara online, baik untuk membuka dan mengedit filenya.

Cara Membuat Akun Google Drive

Sebelum membahas cara untuk menyimpan file di google drive android tentu Anda harus mengetahui bagaimana membuat akunnya. Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat sebuah akun google penyimpanan atau drive.

  1. Buat Akun Email Terlebih Dahulu

Jika ingin memiliki layanan penyimpanan google, Anda tentu perlu membuat akun gmail terlebih dulu. Karena untuk mengaksesnya memerlukan akun gmail yang terintegrasi dengan layanannya tersebut.

  1. Isi Formulir Pendaftaran Email

Ketika mendaftar terdapat berbagai biodata yang perlu diisi sebagai syarat pembuatannya. Misalnya saja seperti nama, alamat, nomor hp, email pemulihan, negara, dan masih banyak lainnya.

  1. Buat Kata Sandi

Untuk mengamankan sebuah akun tentu Anda membutuhkan kata sandi agar tidak mudah diotak-atik orang lain. Buat kata sandi kuat dengan memadukan huruf, angka, dan beberapa simbol.

  1. Tinjau Seluruh Persyaratannya

Dalam pembuatan gmail, terdapat berbagai ketentuan dan persyaratan yang perlu dipenuhi. Pastikan Anda telah membaca serta menyetujui seluruh persyaratannya tersebut, centang kolom jika sudah melihatnya.

  1. Buka Aplikasi Google Drivenya

Jika empat langkah diatas telah dipenuhi, maka Anda telah berhasil membuat akun penyimpanan google. Dengan begitu sudah dapat masuk ke tahap selanjutnya yakni menyimpan file.

Langkah Cara Menyimpan File di Google Drive Android

Menyimpan data di drive juga dinilai lebih aman dibandingkan dengan menyimpan di perangkat dekstop seperti komputer dan smartphone. Berikut ini adalah beberapa langkah unuk menyimpan file di drive android.

  1. Pertama-tama pastikan Anda memiliki Google Drive, jika belum unduh terlebih dahulu di playstore.
  2. Jika sudah terinstall maka buka dan masuk ke menu penguplodan.
  3. Anda dapat melakukan penguploadan dengan membuat folder baru atau langsung saja menambahkan filenya.
  4. Pilih file, pastikan sudah sesuai dengan yang akan disimpan atau diunggah ke google drive.
  5. Tunggu hingga proses penguploadan selesai, setelah itu Anda dapat mengecek kembali.

Salah satu layanan terpenting dan bermanfaat untuk penyimpanan file, drive google merupakan yang paling cocok. Cara menyimpan file di google drive android juga cukup mudah sehingga semua orang dapat menggunakannya.