Cara Screenshot di iPhone XR Pakai Tombol dan Tanpa Tombol

Cara Screenshot di iPhone XR Pakai Tombol dan Tanpa Tombol

Screenshot merupakan salah satu hal yang terbilang cukup penting bagi para pengguna iPhone, akan tetapi masih banyak pengguna belum mengerti cara Screenshot di iPhone XR. Khususnya para pengguna baru belum paham untuk menggunakan fitur ini, maka dari itu simak terus artikel ini.

Screenshot merupakan kegiatan penting bagi para pengguna ponsel pintar termasuk juga bagi pengguna iPhone. Fitur ini dapat digunakan untuk mengabadikan momen tertentu hanya dengan mengambil tangkapan pada layar.

Untuk menggunakan fitur ini tentunya berbeda caranya pada beberapa jenis iPhone varian sebelumnya. Sehingga jika Anda sedang kebingungan bagaimana cara untuk menggunakan fitur screemshot wajib membaca artikel ini hingga selesai.

Cara Screenshot di iPhone XR Menggunakan Tombol

Screenshot merupakan gambar layar ponsel pintar Anda kemudian menyimpannya langsung ke galeri. Terkadang terdapat banyak momen penting yang tidak bisa direkam oleh kamera sehingga Screenshot merupakan fitur penting yang perlu ada.

Nah, setiap ponsel pintar termasuk iPhone pastinya memiliki fitur ini dengan cara yang berbeda-beda. Begitu juga dengan iPhone XR untuk menggunakan fitur ini berbeda dengan variasi sebelumnya. Terdapat dua metode untuk menggunakan fitur ini yaitu dengan tombol.

Dengan menggunakan tombol ini tentunya terbilang agar rumit dan juga kurang praktis. Akan tetapi tidak ada salahnya Anda perlu mengetahui untuk antisipasi jika metode tanpa tombol sedang tidak bisa digunakan.

Berikut ini cara mudah screenshot di iPhone XR:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka halaman yang ingin di Screenshot.
  2. Kemudian setelah itu, tekan tombol power dan juga volume dengan bersamaan beberapa detik.
  3. Kemudian setelah terdengar suara “cekrek” dan layar berkedip, berarti itu menandakan bahwa Anda sudah berhasil memfoto layar.
  4. Hasil foto layar ini akan otomatis masuk ke galeri ponsel pintar Anda.
  5. Anda dapat melihat dan mengedit hasil screenshot pada aplikasi foto di iPhone.

Cara Screenshot Tanpa Menggunakan Tombol

Nah, itu tadi di atas untuk cara yang ribet. Selanjutnya coba cara lebih praktis yaitu dengan mengaktifkan fitur assisve touche. Setelah itu Anda bisa menggunakan menggunakan fitur screenshot hanya satu kali klik saja. Berikut di bawah ini beragam langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama aktifkan terlebih dahulu fitur assive touche dengan membuka menu “Setting.
  2. Kemudian selanjutnya gulir ke bawah kemudian cari menu “Accessebility”.
  3. Kemudian selanjutnya adalah klik touch pada bagian “Physical and Motor”.
  4. Setelah itu kemudian selanjutnya adalah ketuk tombol “Assitive Touch” untuk mengaktifkannya.
  5. Setelah fitur ini aktif maka selanjutnya masuk pada halaman yang ingin di Screenshot.
  6. Kemudikan klik tombol assitive touch satu kali saja.
  7. Kemudian pilih menu device lalu klik more.
  8. Selanjutnya langkah terakhir adalah dengan ketuk tombol Screenshot.

Dengan menggunakan fitur ini terbilang lebih mudah dibandingkan dengan Anda harus klik tombol power dan volume terlebih dahulu. Akan tetapi ini sesuai selera saja sebagian orang juga lebih suka menggunakan metode foto layar yang pertama yaitu menggunakan tombol.

Penyebab Tidak Bisa Screenshot iPhone XR

Namun, jika Anda sudah menggunakan cara di atas akan tetapi masih belum bisa foto layar maka bisa jadi ponsel iPhone Anda sedang mengalami permasalahan. Nah, berikut di bawah ini beberapa penyebab tidak bisa screenshot iPhone XR.

Penyebab pertama yang dapat membuat Anda tidak bisa menggunakan fitur ini adalah karena tombol untuk mendukung fitur ini sedang mengalami permasalahan. Bisa jadi tombol power dan juga tombol volume pada ponsel iPhone Anda sedang mengalami permasalahan.

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat tombol power dan juga tombol volume mengalami masalah salah satunya adalah karena terbanting. Benturan tombol power ini dapat membuat kerusakan sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Penyebab selanjutnya adalah bisa jadi Anda belum update ke IOS terbaru. Update merupakan salah satu proses untuk membuat sistem operasi IOS lebih baik lagi dari versi sebelumnya. Oleh karena itu ketika update hadir segera lakukan update agar terhindar dari berbagai eror sistem operasi.

iPhone merupakan salah satu ponsel pintar yang terbilang memiliki banyak fitur menarik untuk mendukung kenyamanan salah satunya adalah fitur Screenshot. Gunakan kedua cara Screenshot di iPhone XR pada pembahasan di atas.