Cara Membersihkan Memori iPhone Paling Ampuh

Cara Membersihkan Memori iPhone Paling Ampuh

Cara membersihkan memori iPhone merupakan hal yang harus dilakukan lebih sering. Terutama dengan bertambahnya penggunaan, dipastikan penyimpanan terus terpakai. Bahkan suatu saat penuh dan tidak bisa melakukan aktivitas.

Terutama saat ingin mengambil gambar atau video dengan kamera. Termasuk bila ingin download suatu file atau menambah aplikasi penting. Tidak heran melakukan pembersihan memori internal merupakan keputusan tepat.

Apalagi pada Apple, cukup disayangkan karena tidak dapat menambah memori eksternal. Jadi, harus lebih sering backup supaya tidak menghilang. Terutama jika ingin Anda hapus tapi suatu saat ingin dikembalikan lagi.

Cara Membersihkan Memori iPhone Karena Cache

Metode pertama yang sangat disarankan untuk Anda coba yaitu dengan menghapus cache. Pada dasarnya selalu muncul seiring dengan penggunaan suatu aplikasi. Kalau dibiarkan begitu saja, performa ponsel bisa menurun.

  1. Cari Setting

Untuk langkah membersihkan cache pada iPhone pertama adalah dengan cari setting. Kemudian Anda harus menuju klik General dalam langkah selanjutnya. Lalu bisa mencari menu atau pilihan iPhone storage disana.

  1. Pilih Aplikasi Terbesar

Dalam proses pembersihan tersebut, maka Anda diwajibkan untuk pilih aplikasi terbesar. Terutama bukan hanya sekedar ukurannya saja. Melainkan dari segi data yang termakan aplikasi tersebut ternyata sangat banyak.

  1. Clear Manual

Cara membersihkan memori iPhone selanjutnya yaitu menggunakan tipe clear manual. Nantinya pembersihan tersebut dapat menghilangkan playlist, foto, video dan sebagainya secara manual. Tentu dapat menentukan sendiri penghapusannya.

  1. Uninstall Aplikasi

Apalagi merasa terlalu ribet dengan cara manual, uninstall aplikasi bisa dijadikan sebagai alternatif. Sama saja caranya dengan menuju ke pilihan iPhone Storage. Kemudian tinggal memilih Delete App sebagai pilihan.

Tenang saja karena data akun atau game tersebut tidak akan menghilang. Melainkan masuk dalam backup sehingga dapat kembali lagi seperti biasa. Jadi, tidak akan kehilangan kemampuan atau fungsi utamanya.

  1. Download Kembali

Kalau langkah membersihkan cache pada iPhone sudah berhasil, Anda dapat download kembali. Tentu dengan menuju Apple Store dan mencari My Purchases. Kemudian bisa menikmati aplikasi kembali tapi sudah lebih lowong.

Trik Menambah Ruang Memori Ponsel iPhone Dengan Menghapus Aplikasi

Apple merupakan brand yang terkenal karena dapat dipakai untuk menikmati aplikasi atau game berat. Bahkan sebagi apapun grafik yang dimiliki dapat dilibas. Terutama dengan kualitas developing mesin yang sangat baik.

Inilah yang membuat penyimpanan setiap pengguna menjadi terlalu minim. Terutama karena serakah ingin menikmati semua aplikasi menarik. Tentu agar tidak negatif, cara membersihkan memori iPhone adalah dengan menghapusnya.

Tentu langkah membersihkan aplikasi pada iPhone tidak perlu dilakukan pada semua platform. Melainkan pilih saja beberapa aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan. Termasuk apabila sudah lama tidak dibuka atau login.

Umumnya Anda dapat melihat statistik dari aplikasi dalam ponsel. Tentunya sudah berapa lama dipakai atau kapan terakhir kali Anda buka. Data tersebut berguna melihat penting atau tidaknya aplikasi untuk dimiliki.

Biasanya setelah proses menghapus aplikasi tersebut selesai, ruang yang dimiliki sangat luas. Terutama karena kebanyakan memori termakan sudah dihilangkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan hilang puluhan GB.

Sebenarnya langkah menghapus aplikasi juga berguna supaya performa kecepatan semakin membaik. Terutama jika selama ini memang dipakai untuk gaming. Termasuk kalau sehari-hari dipakai dalam pekerjaan yang krusial.

Tips Menghapus Foto dan Video Pemakan Ruang Memori

Cara membersihkan memori iPhone yang tidak kalah efektifnya adalah menghapus foto atau video. Pada dasarnya pilihan memori internal Apple memang tidaklah besar. Terutama jika dari awal membeli yang kecil.

Apalagi kalau setiap harinya senang mengambil foto beserta video. Ditambah lagi untuk upload konten dalam media sosial seperti Facebook atau Instagram. Ditambah lagi dengan platform berbagi video seperti Tiktok.

Banyak orang menggunakan langkah membersihkan file iPhone seperti ini karena banyak memakan ruang. Terutama karena kualitas foto dan video yang dihasilkan juga bagus. Tidak heran kalau ukurannya juga menjadi tinggi.

Dalam proses menghapus file tersebut, umumnya dapat dilakukan dengan klik tombol Delete. Tapi kemudian dapat masuk pada penyimpanan sementara. Anda dapat menghilangkan sepenuhnya dengan masuk pada penyimpanan sementara.

Tapi jika tidak ingin kehilangan sepenuhnya, maka bisa dimasukkan dulu dalam iCloud. Terutama supaya suatu saat nanti dapat dipulihkan atau dipakai kembali. Tentunya meski melowongkan memori, dapat dipulihkan lagi.

Sebelum memakai salah satu cara tersebut, pastikan mengetahui kecepatan dan keamanan. Terutama supaya beragam folder atau file yang masih ingin disimpan tetap terjaga. Jadi, cara membersihkan memori iPhone bisa maksimal.