Cara Restart HP iPhone dengan atau Tanpa Tombol Power

Cara Restart HP iPhone dengan atau Tanpa Tombol Power

Banyak cara restart HP iPhone, pengguna bisa melakukannya tanpa menggunakan tombol Power. Restart iPhone biasanya dilakukan ketika terjadi error pada perangkat, untuk mengurangi beban ketika handphone sedang overload, atau menyempurnakan aplikasi.

Banyak faktor yang menjadi alasan bagi pengguna, dalam melakukan restart pada perangkat. Sistem akan kembali fresh dan siap digunakan secara optimal, setelah Anda melakukan restart, karena itulah banyak orang yang melakukannya secara rutin.

Namun tahukah anda, bahwa memulai kembali kondisi smartphone tidak harus menekan tombol Power. Pengguna bisa melakukannya melalui sistem, atau menekan tombol lainnya, jika harus memulai kembali smartphone Anda secara paksa.

Ketika iPhone dalam keadaan error atau layar tidak dapat disentuh, biasanya Restart menjadi pilihan bagi banyak pengguna. Karena dengan memulai kembali smartphone pengguna, bisa mengembalikan sistem untuk bekerja seperti semula.

Cara Restart HP iPhone Tanpa Tombol Power

Beberapa orang memang membutuhkan Power button dalam melakukan riset, namun tanpa harus menekan lama tombol tersebut, pengguna juga tetap bisa melakukan restart melalui menu Settings dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

1.   Buka Menu Settings

Pada menu Settings, terdapat berbagai pilihan bagi pengguna, untuk mengatur aplikasi, WiFi, tingkat kecerahan atau pengaturan data internet. Selain itu pengguna juga dapat mengubah bentuk ukuran teks pada smartphone, jika ukuran huruf atau angka dirasa kurang sesuai.

Namun sebelum itu Anda harus menemukan menu Settings terlebih dahulu, yang biasanya terletak di halaman pertama dan mudah untuk ditemukan.

2.   Pilih Accessibility

Setelah itu pilih Accessibility, jika Anda scroll ke bawah maka pengguna akan menemukannya. Di menu ini terdapat berbagai pilihan, mulai dari memperbesar ukuran huruf, menebalkan huruf pada perangkat, Zoom, Voice Over dan masih banyak lagi.

3.   Ubah Bentuk atau Ukuran Teks pada Perangkat

Namun pada menu Accessibility, kita perlu mengubah bentuk huruf atau menebalkan huruf pada perangkat. Ubah ke dalam posisi ON, jika warna sudah berubah menjadi hijau, maka fitur ini akan aktif setelah Anda melalui tahap berikutnya.

4.   Klik Continue

Sistem pada perangkat akan memberi pemberitahuan kepada pengguna, bahwa iPhone perlu melalukan Restart agar fitur ini bisa menyala dengan normal. Pemberitahuan tersebut berisi Applying this setting with restart your iPhone, lalu klik Continue.

5.   Tunggu Hingga Perangkat Menyala

iPhone Anda akan mati secara otomatis, dan tidak lama kemudian menyala dan telah selesai melakukan restart secara otomatis. Namun fitur Bold Text hanya bisa digunakan pada pengguna iPhone iOS 7 ke atas, tenang saja sebab kami akan memberi tutorial lainnya untuk anda.

Cara Restart iPhone dengan Berbagai Pilihan

Tombol Power memang tidak hanya berguna untuk mengunci smartphone, jika Anda menekan dalam waktu cukup lama, maka akan muncul pilihan untuk mematikan iPhone anda. Namun masih ada beberapa cara lain, bagi pengguna yang ingin mendapatkan cara mudah untuk restart.

1.   Restart dengan Tombol Volume dan Power

Cara ini bisa dilakukan oleh berbagai jenis iOS iPhone, seperti kita tau bahwa letak Power button berada di sebelah kanan, sedangkan Volume button berada di sebelah kanan. Jika Anda menekan dan menahannya secara bersamaan, maka proses Restart bisa terjadi secara otomatis.

Tunggu sebentar hingga logo Apple muncul, maka iPhone pengguna akan menyala dalam beberapa detik lagi.

2.   Restart secara Paksa

Cara ini bisa dilakukan ketika iPhone mengalami error, layar tidak bisa bergerak, atau layar mati secara tiba-tiba namun masih bisa menghasilkan suara. Tutorial ini bisa dilakukan pada perangkat iPhone 4S ke atas, caranya dengan menekan tombol Home dan Power bersamaan.

Tunggu beberapa detik, dan jika logo Apple sudah muncul, lepas kedua tombol tersebut dan pengguna hanya perlu menunggu beberapa detik lagi agar iPhone bisa digunakan kembali.

3.   Restart melalui Menu Settings

Bagi pengguna iPhone X, ada cara mudah untuk melakukan restart tanpa perlu menekan tombol Home atau Power. Karena Home button tidak lagi tersedia pada iPhone X, maka Anda perlu mengakses menu Settings.

Pilih menu General, scroll ke bagian paling bawah dan temukan menu Shut Down. Tombol tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan restart dengan mudah.

4.   Tanpa Bantuan Tombol Volume

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan bagi pengguna iPhone X, sebelumnya Anda perlu mengaktifkan tombol Assistive Touch. Caranya dengan mengakses menu Settings, klik General lalu Accessibility.

Temukan Assistive Touch dan geser pada tombol di sebelahnya, hingga berubah menjadi hijau. Lalu kembali lagi ke menu pertama, klik tombol Assitive Touch yang berada di samping layar, pilih Device lalu More, kemudian terdapat pilihan Restart.

5.   Restart dengan Tombol Power

Khusus bagi pengguna iPhone SE, 5 atau versi lebih lama, Anda bisa mencoba cara berikut ini. Dengan memanfaatkan tombol Power, pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol Power selama kurang lebih 30 detik.

Nantinya proses Restart akan berjalan setelah Anda menekan tombol Power kembali. Anda bisa mengaplikasikan cara restart HP iPhone, sesuai dengan jenis iPhone dan kondisi smartphone.