Screenshot Samsung A12 Canggih, Bisa dengan Gestur Tangan!

Screenshot Samsung A12 Canggih, Bisa dengan Gestur Tangan!

Samsung kembali hadirkan cara screenshot Samsung A12 lebih canggih. Masih di line up HP entry level tetapi soal fitur yang dihadirkan juga tidak pelit. Fitur screenshot dengan gestur telapak tangan biasa hanya ada di hp flagship, tetapi kini sudah ada di seri Samsung A12.

Jika Anda memiliki HP Samsung, tidak ada salahnya jika sering mengecek halaman setting. Ada saja pembaruan fitur pada perangkat lunak HP ini yang jarang disadari. Mulai dari yang paling simpel seperti fitur security hingga yang rumit seperti teknik screenshot atau SS.

Meskipun kita sudah terbiasa dengan teknik screenshot hanya dengan menekan dua tombol secara bersamaan saja, tetapi agar ikut dengan tren kita harus bisa mengetahui fitur yang ada pada HP. Berbicara soal screenshot, tahukah Anda tentang Palm Gestures screenshot?

Ini adalah salah satu fitur di mana Anda tidak perlu menggunakan dua tangan untuk tangkap layar HP Anda. Efisien dan tidak perlu banyak waktu untuk beradaptasi adalah kunci utama fitur yang satu ini. Lantas, bagaimana cara untuk mengambil screenshot dengan cara ini?

Teknik Screenshot Samsung A12 Menggunakan Gestur Tangan

Bagi Anda yang baru tahu kalau ada cara screenshot hanya dengan satu tangan, lebih tepat lagi jika kita sebut dengan hanya telapak tangan, pada seri entry level seperti A12 ini, bisa langsung mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pastikan dulu ponsel dalam kondisi menyala
  2. Buka aplikasi setting bawaan Samsung A12
  3. Scroll atau langsung ke menu pencarian hingga menemukan fitur Advance Feature
  4. Swipe ke bawah sedikit sampai ada tulisan Motions and Gestures
  5. Tekan menu settingan tersebut dan cari opsi Palm Swipe to Capture
  6. Aktifkan Mode Palm Swipe to Capture
  7. Buka halaman ponsel yang ingin Anda screenshot
  8. Letakkan telapak tangan bawah tangan Anda, sisi jari kelingking, ke salah satu ujung hp dan tarik ke sisi berlawanan (misalnya swipe dari sisi kanan ke kiri menggunakan sisi bawah telapak tangan)
  9. Layar akan tercapture dan masuk ke gallery HP

Cara Lain untuk Screenshot Samsung A12 Jika Fungsi Gestur Tangan Tidak Berfungsi

Namun sayangnya ada saja yang selalu gagal dalam menangkap layar HP dengan teknik ini. Bisa karena tangan yang kotor, basah atau gestur yang tidak pas. Tetapi tenang saja, ini bukan berarti Anda tidak bisa mengambil foto layar karena masih ada banyak cara lain.

Cara yang paling basic seperti menekan tombol Volume dan power secara bersamaan. Tetapi untuk screenshot A12, tombol volume ada di sebelah kanan. Anda tinggal menekan tombol volume dengan telunjuk dan tombol power dengan jari tengah.

Ada juga fitur seperti Assistant Menu yang bisa diaktifkan, dimana ini adalah fitur perintah. Pengguna tinggal memerintahkan saja HP untuk melakukan screenshot dan layar otomatis akan terscreenshot.

Spesifikasi Samsung A12 dan Harga Beli Sekarang

Bagi Anda yang ingin membeli ponsel seri A12 ini, maka jangan lupa untuk pertimbangkan lagi lewat spesifikasi yang ditawarkan. Jadi, apa saja yang bisa Anda dapatkan dari HP dengan harga 2,5 juta – 2,8 juta yang satu ini?

  1. Layar 6,5 inci HD+
  2. Chipset Mediatek Helio P35
  3. CPU Octacore 2,3 GHz
  4. RAM 4-6 GB
  5. Storage 128 GB
  6. Kamera depan 8 MP
  7. Kamera belakang utama 48 MP, Ultra-wide 5 MP, Live Focus 2 MP dan Macro 2 MP
  8. OS Android 10 One UI
  9. Baterai 5000 mAh

Seperti itu yang akan Anda dapatkan dari seri HP mid-entry level yang satu ini. Dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 2 jutaan, Anda sudah bisa dapatkan cara screenshot Samsung A12 yang dulu hanya ada di hp kelas flagship, sehingga akan sangat worth it.