Ini Dia Cara Kirim Uang Lewat Alfa Beserta Persyaratannya

Ini Dia Cara Kirim Uang Lewat Alfa Beserta Persyaratannya

Kini Anda dapat mempelajari bagaimana cara kirim uang lewat Alfa. Alfamart adalah salah satu minimarket yang melayani pengiriman uang tanpa rekening. Sehingga, konsumen dapat mengirim serta menarik uang secara langsung ke Alfamart terdekat dari rumah.

Metode ini tentu sangat membantu para konsumen, terutama bagi Anda yang tidak memiliki rekening pribadi. Jadi, Anda bisa mengirim uang ke seluruh provinsi di Indonesia yang tersedia store Alfamart terdekat.

Untuk dapat mengirimkan uang melalui Alfamart, maka ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Pengirim wajib melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Alfamart. Selain itu, penerima uang juga harus membawa syarat-syarat pencairan dana.

Apabila tidak sesuai dengan syarat yang telah diatur oleh Alfamart, maka pihak minimarket berhak menolak pengiriman uang. Dan begitu pula syarat bagi penerima. Alfamart berhak menahan dana apabila penerima tidak membawa persyaratan penarikan uang.

Ini Dia Syarat-syarat Mengirim Uang Melalui Alfamart

Memang, konsumen tidak perlu menggunakan rekening pribadi untuk mengirim uang melalui Alfamart. Hanya saja, pihak swalayan meminta pengguna untuk melampirkan persyaratan yang ditetapkan saat mengirim uang.

Oleh karena itu, ada beberapa daftar persyaratan untuk mengirim uang melalui Alfamart. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Pengirim

  1. Membawa Identitas Pribadi

Syarat pertama, Anda wajib membawa identitas pribadi, seperti KTP, SIM, atau Paspor.

  1. Menyertakan Nomor Telepon Pribadi

Syarat kedua, Anda harus melampirkan nomor telepon aktif untuk pengirim.

  1. Membayar Biaya Admin

Syarat ketiga, pengirim membayar uang yang akan ditransfer ke penerima ditambah dengan biaya admin. Biaya admin untuk satu kali pengiriman sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000.

Penerima

  1. Datang ke Alfamart Terdekat

Syarat pertama, datang ke alfamart terdekat dan bawa identitas pribadi.

  1. Menyebutkan Kode Unik

Syarat kedua, Anda harus menyebutkan kode unik kepada kasir Alfamart. Lalu, sebutkan nomor telepon pribadi. Lalu, kasir akan melakukan validasi dan pencairan dana.

Tutorial Lengkap Cara Kirim Uang Lewat Alfa

Setelah mengetahui syaratnya, maka segera ketahui tutorial cara mengirimkan uang lewat Alfamart. Hampir semua gerai Alfamart melayani pengiriman uang tanpa rekening bank. Langkah pertama, segera kunjungi Alfamart terdekat.

Bagi Anda yang telah mengetahui cara kirim uang lewat Alfa, maka segera ke kasir. Beritahu kasir Alfamart bahwa Anda ingin mengirim uang tanpa rekening bank. Lalu, berikan informasi mengenai kartu identitas pribadi, nomor telepon aktif untuk pengirim dan penerima uang.

Langkah kedua, siapkan uang tunai yang akan Anda kirim. Minimal, pengiriman uang melalui Alfa sekitar Rp. 20.000 dan maksimal Rp. 2.000.000. Dan langkah selanjutnya yakni validasi transfer dana. Jika berhasil, Anda akan mendapat kode unik via SMS.

Langkah ketiga, segera berikan kode unik yang diberikan oleh kasir Alfamart kepada penerima. Kemudian, penerima wajib mengunjungi gerai Alfamart terdekat untuk penarikan dana. Penerima harus menunjukkan kode unik serta kartu identitas pribadi.

Lalu langkah terakhir, kasir Alfamart akan mencairkan dana sesuai dengan nominal yang ditransfer oleh pengirim. Perlu Anda ketahui bahwa batas pengambilan uang melalui Alfa ini sekitar 30 hari sejak proses transfer yang dilakukan oleh pengirim.

Cara Mengatasi Gagal Kirim Uang Melalui Alfamart

Perlu Anda ketahui bahwa mengirim uang melalui Alfamart ini bisa saja gagal. Salah satu faktor gagal kirim uang melalui Alfamart adalah ketidaklengkapan persyaratan penerima dana. Selain itu, lamanya pengambilan dana juga berpotensi menyebabkan gagal kirim uang melalui Alfamart.

Apabila Anda tidak mengambil dana lebih dari 30 hari, maka penerima wajib melakukan konfirmasi pada Alfamart melalui sambungan hotline. Untuk itu, Anda harus segera melakukan pencairan setelah proses kirim uang dinyatakan selesai.

Kini, Anda dapat melakukan transfer uang melalui Alfamart. Cara ini diyakini lebih praktis dan aman. Sebab, pengirim dan penerima dapat melakukan pengiriman dan pengambilan dana di Alfamart. Oleh karena itu ketahui cara kirim uang lewat Alfa beserta persyaratannya.