Cara Kirim Uang Western Union ke Dalam atau Luar Negeri

Cara Kirim Uang Western Union ke Dalam atau Luar Negeri

Cara kirim uang Western Union baik ke dalam ataupun luar negeri masih menjadi favorit. Alasannya adalah karena kemudahan yang ditawarkan serta proses yang tidak ribet. Bahkan ketika ingin menerima uang kiriman itu juga cukup mudah tanpa adanya biaya lain.

Western Union adalah sebuah layanan yang dihadirkan untuk transfer uang. Cakupannya luas, tidak hanya di dalam negeri saja tetapi bisa sampai ke negara lain. Ini memang tergolong cara yang konvensional, tetapi hingga saat ini masih eksis dan masih sering digunakan.

Memang ada saja yang menawarkan kemudahan lainnya seperti dari aplikasi atau sejenisnya. Tetapi jika sudah terbiasa dengan Western Union, maka tidak akan lagi mencari alternatif. Western Union juga bisa ditemukan di penjuru kota, mulai dari bank hingga kantor pos.

Soal kegunaan, biasa Western Union ini lebih sering digunakan untuk mengirim uang dari dalam ke luar negeri. Terutama orang tua yang ingin memberi uang saku kepada anaknya yang tidak tinggal dalam satu negara. Jadi, akan sangat menarik untuk dibahas!

BACA JUGA: Cara Kirim Uang dari LinkAja ke DANA Bebas Biaya Admin

Kenapa Kirim Uang Lebih Bagus Memilih Western Union?

Jika pertanyaan ini ditujukan kepada kami, kami akan menjawab nilai unggul dari western union adalah kemudahan transfernya. Prosesnya cepat, mudah, dan instan. Pengirim hanya perlu datang ke salah satu kantor untuk menerima atau mengirim uang ke mana saja.

Saat ini sudah ada lebih dari 200 negara yang menjadi partner Western Union. Tidak lagi perlu ragu apakah di negara ini bisa menerima uangnya atau tidak. Anda tinggal lihat di list yang tersedia di kantor perwakilan Western Union terkait mana saja yang bisa dituju.

Tidak perlu rekening khusus juga untuk transfer lewat Western Union, baik untuk pengirim maupun penerima. Soal keamanan sudah pasti, sehingga tidak heran jika layanan ini sudah bertahan sejak dulu. Tetapi Anda harus membayar biaya transfer sesuai nominal.

Semakin mahal uang yang dikirim, semakin besar juga biaya transfernya. Untuk minimal transfer, Western Union tidak memberikan jumlah pasti, hanya saja biaya minimal yang harus dibayarkan ke pihak Western Union mulai dari 20 ribu hingga yang tertinggi 2,5 juta.

Cara Kirim Uang Western Union

Tetapi dengan biaya tersebut Anda tidak perlu lagi khawatir dengan penipuan. Anda tinggal ikuti seluruh cara kirim uang ini dan kami jamin uang tersebut akan sampai ke penerima. Lantas, proses yang harus dilewati untuk transfer uang lewat Western Union adalah:

  1. Kunjungi kantor Western Union atau perwakilannya
  2. Isi formulir pengiriman yang sudah tersedia
  3. Isi identitas hingga jumlah yang ingin ditransfer secara lengkap
  4. Sesuaikan lagi dengan kartu identitas dan serahkan formulir ke petugas
  5. Setelah pengecekan syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, serahkan uang yang akan ditransfer
  6. Nantinya petugas akan memberikan bukti pengiriman yang disebut MTCN atau Money Transfer Control number
  7. Berikan kode itu ke penerima dan uang akan dikirim

BACA JUGA: Cara Kirim Uang dari Dana ke Gopay Lebih Cepat dan Aman

Cara Menerima Uang Kiriman dari Western Union

Tidak ada pemberitahuan kapan uang akan tiba, tetapi setelah teman atau keluarga Anda gunakan cara kirim uang Western Union, sebagai penerima, Anda akan mendapat pemberitahuan. Jika nanti sudah tiba, ini cara agar Anda bisa mengambilnya:

  1. Berikan nama dan alamat lengkap kepada petugas, atau serahkan kartu identitas
  2. Di kantor Western Union mana saja Anda tinggal sebutkan MTCN yang sudah diberi tahu sebelumnya
  3. Isi formulir pengambilan yang diserahkan petugas
  4. Uang dapat segera diambil

Western Union menjadi penyedia layanan pengiriman uang paling mudah untuk saat ini. Memang caranya masih cukup konvensional, tetapi akan lebih baik daripada uang tidak pernah sampai. Cara kirim uang Western Union ini sudah pasti aman dan mudah.