Apakah yang Dimaksud dengan Hosting

Apakah yang Dimaksud dengan Hosting? Ketahui Secara Tuntas

Apakah yang dimaksud dengan hosting? Istilah hosting tentu sudah tidak asing lagi khususnya bagi yang berkecimpung di bidang website.

Pengertian hosting atau web hosting pada dasarnya adalah layanan online untuk membuat aplikasi web atau website online di internet. Ketika seseorang mendaftar dan membeli layanan hosting, artinya sedang meminjam ruang server untuk menyimpan file di website.

Sementara itu, pengertian server sendiri merupakan program komputer yang berfungsi untuk menyimpan data website agar situs dapat diakses kapanpun oleh siapa saja.

Apakah yang Dimaksud dengan Hosting dan Cara Kerjanya?

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membuat website adalah mencari perusahaan hosting yang menyediakan space server. Karena web host akan menyimpan semua file, database, maupun aset, pada server.

Saat seseorang mengetik nama domain di kolom pencarian, maka host akan mentransfer file yang dibutuhkan sesuai request. Cara kerja dan apakah yang dimaksud dengan hosting bisa dianalogikan seperti saat menyewa rumah.

Pihak penyewa harus membayar biaya sewa tertentu sesuai yang telah ditetapkan per bulannya agar bisa menempati rumah tersebut. Begitupun dengan hosting, di mana Anda harus membayar biaya sewa agar server yang digunakan dapat berfungsi penuh.

Jenis-jenis Web Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan perkembangannya, kini web hosting sudah tersedia dalam beberapa jenis dan bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Shared Hosting

Pengertian shared hosting adalah tipe web hosting yang memungkinkan Anda untuk berbagi server dengan klien lain di provider hosting yang sama. Website yang dionlinekan oleh server yang sama akan berbagi semua resource baik memori, disk space, computing power, dan lain sebagainya.

Shared hosting termasuk tipe web hosting yang sangat populer dan banyak digunakan karena murah serta mudah digunakan tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. Selain itu, control panel yang tersedia juga intuitif dan tidak perlu memikirkan administrasi server karena sudah menjadi tugas penyedia.

  1. VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server merupakan tipe hosting yang memungkinkan Anda untuk tetap berbagi server dengan pengguna lain. Namun, pihak penyedia telah mengalokasikan beberapa bagian untuk satu klien sendiri.

Itu artinya, Anda akan mendapatkan space server dan power computing serta memory. VPS juga menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna website bisnis dengan traffic tinggi.

  1. Cloud Hosting

Paket cloud hosting termasuk yang paling populer dan banyak diminati karena hampir tidak pernah mengalami downtime. Anda bisa menggunakan sekelompok server, file, dan resource direplikasi di setiap server.

Jika ada server coud yang bermasalah, maka traffic website akan di-route secara otomatis ke dalam server lainnya yang masih dalam satu cluster.

  1. WordPress Hosting

Jenis ini adalah bentuk lain dari shared hosting dan ditujukan khusus untuk pengguna WordPress. Di dalamnya juga sudah tersedia plugin siap pakai untuk caching dan keamanan. Loading situs pun tergolong lebih cepat dan sudah tersedia berbagai fitur tambahan menarik terkait apakah yang dimaksud dengan hosting.

  1. Dedicated Hosting

Anda bisa memiliki server fisik sendiri dengan menggunakan dedicated hosting sehingga lebih fleksibel. Bahkan pengguna juga dapat mengkonfigurasikan sendiri sistem operasi dan software yang diinginkan.

Dalam memahami hosting penting untuk mengetahui bahwa website hosting dan website domain adalah dua hal berbeda. Karena domain merupakan alamat situs yang digunakan.

Bagi yang masih penasaran dengan hosting maka sebenarnya tidak perlu bingung lagi. Pada dasarnya apakah yang dimaksud dengan hosting adalah tempat untuk menyewa ruang server.