Apa yang Dimaksud dengan Dedicated Hosting

Apa yang Dimaksud dengan Dedicated Hosting? Ini Pengertiannya!

Apa yang dimaksud dengan dedicated hosting? Dedicated hosting merupakan salah satu jenis hosting yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin mendapatkan server secara eksklusif.

Pengertian hosting sendiri adalah ruang server yang disewa untuk menyimpan data website.  Atau tipe hosting yang menawarkan fasilitas server dengan skala penuh hanya untuk satu akun penyewa.

Sehingga server tersebut hanya dimiliki secara eksklusif oleh satu akun dan tidak dibagi untuk akun lainnya. Jika Anda menggunakan layanan hosting dedicated server, artinya akses sepenuhnya terhadap sebuah server akan didapatkan oleh pengguna.

Bahkan pengguna bisa melakukan instalasi sistem operasi sendiri, menginstal software aplikasi yang diinginkan, dan lain sebagainya.

Apa yang Dimaksud dengan Dedicated Hosting Dilihat dari Fungsi Dedicated Server

Setelah memahami dedicated hosting, maka hal yang tidak kalah penting adalah memahami fungsi dedicated server. Salah satu fungsi dari hosting jenis ini adalah untuk meningkatkan traffic SEO, keamanan penyimpanan lebih terjaga, hingga bebas melakukan kustomisasi.

Selain itu, fungsi lain yang bisa Anda peroleh jika menggunakan dedicated hosting di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan kendali penuh terhadap data yang disimpan di website
  2. Kapasitas penyimpanan yang didapatkan lebih besar jika dibandingkan dengan hosting
  3. Memori penyimpanan tidak akan dibagi dengan pengguna lain karena sudah menjadi hak eksklusif akun penyewa
  4. Lebih fleksibel untuk membuat website dan menjadikannya sebagai tempat penyimpanan data

Jenis hosting ini sebenarnya lebih cocok untuk website bisnis atau perusahaan yang ingin mendapatkan resource besar. Meskipun fungsi dan keunggulannya sangat banyak, namun kurang direkomendasikan bagi yang menggunakannya untuk blog pribadi atau portfolio.

Kelebihan Dedicated Server yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang ingin membangun website untuk toko online, pemerintahan, dan lainnya, maka dedicated server adalah pilihan yang tepat. Berikut ini sejumlah yang perlu diketahui adalah:

  1. Mendapatkan Akses dan Kontrol Penuh

Pengguna akan mendapatkan akses penuh hingga 100% dan server jenis ini juga memudahkan pengguna untuk melakukan konfigurasi sesuai spesifikasi yang diinginkan. Anda juga bisa lebih bebas melakukan kustomisasi pada server ini.

  1. Keamanan Lebih Terjamin

Jika terjadi kerusakan pada server, pengguna tidak harus bertanggung jawab dan tentu itu menjadi tugas dari penyedia. Sehingga keamanan apa yang dimaksud dengan dedicated hosting lebih terjamin bagi pengguna yang menggunakan dan mengoperasikan server tersebut.

  1. Mudah Dikontrol dan Efektif

Pengguna jenis hosting dedicated ini dapat mengontrol server hanya dengan menggunakan remote. Sehingga Anda lebih mudah melakukan kontrol dimanapun dan kapanpun tanpa harus melakukan pengawasan fisik server secara langsung.

  1. Tidak Mudah Terdistraksi Aktivitas Lain

Adanya distraksi tentu akan cukup mengganggu proses kinerja website. Dengan menggunakan dedicated hosting Anda tidak perlu khawatir karena paket yang digunakan hanya dapat diakses secara pribadi oleh satu orang saja.

Sehingga kondisi tersebut memungkinkan pengguna untuk lebih fokus dengan website tanpa ada gangguan dari pengguna lain ketika jumlah pengunjung meningkat. Hosting ini juga dapat mengelola banyak domain selama masih dalam satu server agar manajemen website lebih maksimal.

  1. Kecepatan Website Semakin Meningkat

Akses cepat dan tidak lemot pada sebuah website adalah keinginan setiap pengelola. Kecepatan hosting juga dapat mempengaruhi peringkat SEO serta nilai penjualan bisnis online karena dapat mengurangi bounce rate. Semakin cepat loadingnya, pengunjung akan semakin betah berlama-lama mengakses situs tersebut.

Dedicated hosting secara garis besar sangat penting dipahami bagi Anda yang ingin memulai bidang ini. Pada intinya, apa yang dimaksud dengan dedicated hosting memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan kustomisasi dengan bebas.