Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Mudah

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Mudah

Cara menyalakan senter HP Vivo sangat mudah dan bisa dilakukan secara cepat dengan beberapa metode. Sebagai salah satu fitur bawaan ponsel, teknologi satu ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kebutuhan-kebutuhan darurat.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, senter tersebut dirancang menyatu dengan lampu flash pada kamera belakang. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara untuk mengaktifkannya, penjelasan berikut ini akan memaparkannya secara bertahap.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Beberapa Langkah

Mengaktifkan fitur senter pada ponsel Vivo tidak sulit dan bisa dilakukan siapa saja. Termasuk Anda, metode yang bisa dicoba adalah dengan cara mengakses pengaturan, memanfaatkan teknologi bawaan, atau menggunakan aplikasi.

  1. Akses Melalui Pengaturan

Metode pertama yang bisa dicoba adalah dengan cara mengaksesnya pada pengaturan cepat. Anda bisa menemukannya lewat menggeser bilah menu dengan mengusap layar dari atas ke bawah, kemudian cari icon senter.

Ketuk satu kali pada icon maka senter atau flash light akan menyala, atau tinggal sentuh kembali icon jika ingin mematikannya. Cahaya akan mati secara otomatis sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.

  1. Memanfaatkan Fitur ‘Smart Shake’

Fitur seperti ‘smart-shake’ biasanya telah disematkan pada seri lama maupun terbaru untuk menyalakan lampu flash. Anda bisa mengaktifkannya lewat menu pengaturan, kemudian cari fitur ‘Aktifkan Guncangan Cerdas’, lalu simpan pengaturannya.

Namun jika teknologi ini tidak tersedia, alternatif lainnya adalah memasang aplikasi tertentu seperti Shake Flashlight misalnya. Tinggal kunjungi Playstore, Anda bisa mengunduhnya dan kemudian menggunakan secara gratis sesuai dengan keperluan.

  1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga atau Asisten Google

Aplikasi Shake Flashlight di atas merupakan perangkat lunak tambahan dari pihak ketiga, jika fitur bawaan tidak tersedia. Namun jika tidak ingin menggunakannya, bisa mencoba memakai bantuan asisten Google lewat suara.

Lewat perintah suara ini, Anda tinggal mengucapkan “OK Google” dan memerintahkan untuk menyalakan lampu senter. Cara ini cukup nyaman dan cepat karena tidak perlu memasang aplikasi tambahan maupun mengakses pengaturan.

Tips Saat Menggunakan Senter di Ponsel Vivo Agar Lebih Hemat

Cara menyalakan senter HP Vivo tidak hanya mudah dilakukan, tapi juga bisa dipakai untuk waktu yang lama. Hanya saja, butuh beberapa hal khusus seperti Menon-aktifkan aplikasi berjalan hingga mematikan internet.

  1. Mematikan Paket Data atau Jaringan Internet

Tips pertama adalah mematikan jaringan internet atau paket data untuk sementara waktu ketika lampu diaktifkan. Ingat, senter memakan konsumsi daya yang sama dengan jaringan internet ketika aktif, yakni dari baterai.

  1. Menon-Aktifkan Aplikasi Berjalan di Belakang Layar

Selain itu, Anda juga bisa menon-aktifkan aplikasi berjalan di belakang layar untuk melakukan penghematan. Cara ini sangat efektif agar suhu ponsel tetap stabil dan tidak mudah mudah panas ketika digunakan.

  1. Mereduksi Kecerahan Layar Ponsel

Menurunkan tingkat kecerahan layar pada handphone juga bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan daya baterai. Terutama jika lampu senter digunakan dalam waktu lama, sehingga durasi pemakaiannya bisa lebih panjang dari sebelumnya.

Manfaat Menggunakan Senter pada Handphone

Cahaya senter pada handphone memiliki banyak manfaat, terutama ketika digunakan pada saat benar-benar dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah sebagai penerang darurat, hingga penunjang utama bagi kegiatan fotografi di ruangan gelap.

Manfaat utama yang paling berguna adalah sebagai penerang ketika berada di dalam kondisi darurat. Terutama jika sedang lampu mati, hingga berkegiatan di luar ruangan yang minim cahaya di malam hari.

Karena desainnya menyatu dengan lampu flash, senter bisa digunakan untuk menunjang kegiatan fotografi. Sangat cocok diaktifkan ketika membutuhkan cahaya tambahan, menghasilkan efek tertentu, atau berada di dalam area minim penerangan.

Lampu flash seringkali menjadi fitur paling utama yang dibutuhkan ketika berada di dalam kondisi darurat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara menyalakan senter HP Vivo sebagai alat penerangan.