Penggunaan Aplikasi eKinerja untuk Memantau Kinerja ASN

Penggunaan Aplikasi eKinerja untuk Memantau Kinerja ASN

Aplikasi eKinerja merupakan sebuah aplikasi yang dapat mendukung program pemerintah. Aplikasi Ini bisa mewujudkan hal yang baik dalam sebuah penyelenggaraan keuangan Negara. Bagaimanapun juga, hal tersebut harus diselenggarakan dengan professional.

Aplikasi ini sekarang sudah mulai digunakan dan ditetapkan oleh Undang-undang. Penciptaan dari tool ini sendiri juga didasari dengan UU Nomor 5 tahun 2014 yang berisi tentang Aparatur Sipil Negara

Pengertian Aplikasi eKinerja dan Fungsinya

Sebelum memahami langkah-langkah untuk menggunakan tool tersebut, ada baiknya bagi Anda Untuk mempelajari tentang aplikasi ini terlebih dahulu. Tujuan pembuatannya tentu saja untuk mempermudah dalam pengelolaan kinerja ASN. Aparatur Sipil Negara memiliki tanggungjawab untuk melakukan tugas dengan sebaik-baiknya. Berikut beberapa fungsi dari aplikasi tersebut.

  1. Rekap Komulatif Ketidakhadiran

Ekinerja tersebut bisa digunakan untuk menghitung ketidakhadiran ASN dalam waktu tertentu. Komulatif ini bisa dilakukan untuk kebutuhan bulanan, triwulanan, semesteran, hingga tahunan.

  1. Absen Elektronik

Absen kehadiran secara elektronik adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua ASN. Dengan Menggunakan aplikasi ini, maka rekap jumlah kehadiran secara elektronik akan mudah didapatkan.

  1. Pembayaran Uang Elektronik

Aplikasi Ini juga bisa digunakan dalam hal pembayaran uang berdasarkan ketidakhadiran. Jadi, pembayaran tidak perlu dilakukan dengan menghitung dulu.

  1. Entry Laporan Kerja

Adanya Aplikasi tersebut akan memudahkan para ASN dalam hal memberikan laporan kerja serta melakukan monitoring terhadap kinerja.

  1. Penilaian Prestasi Kerja

Aplikasi ini dapat digunakan dalam melakukan penilaian terhadap prestasi kinerja untuk para Aparatur Sipil Negara.

Hal yang Dibutuhkan Dalam Menggunakan Aplikasi Ini

Untuk menggunakan aplikasi ini, maka ada beberapa perangkat yang dibutuhkan. Anda harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin agar proses pengerjaan bisa dilakukan dengan lancar tanpa terkendala. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, beberapa perangkat yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. Computer Server

Komputer server menjadi hal mutlak yang wajib disediakan dalam melakukan pekerjaan menggunakan aplikasi ini. Komputer yang digunakan minimal memiliki spesifikasi RAM 8 GB. Hardisk yang dimiliki minimal 1 TB dengan prosesor minimal Intel Xeon.

  1. Computer Client

Selain computer server, computer klien juga harus digunakan. Spesifikasinya berbeda dengan spesifikasi yang digunakan untuk server. Untuk computer klien minimal memiliki RAM sebesar 2 GB, Hardisk minimal 250 GB dengan prosesor minimal Pentium 4.

  1. Printer

Peralatan ini nantinya akan digunakan untuk melakukan cetak dokumen. Anda Bisa mencetak softcopy dari aplikasi yang langsung didownload.

  1. Scanner

Berkas-berkas surat, foto, maupun dokumen asli lain biasanya diperlukan dalam melakukan pelaporan tugas dari ASN. Oleh karena itu, scanner dibutuhkan dalam hal ini.

  1. Barcode Reader

Ini merupakan salah satu tool yang digunakan dalam mengecek keaslian dari surat yang dikeluarkan. Maka, Anda perlu mempersiapkan barcode reader untuk melakukan pekerjaan tersebut.

  1. OS

Operating System alias OS disarankan menggunakan Windows/ Linux. Dengan menggunakan OS tersebut, maka proses pengerjaan menggunakan eKinerja akan jauh lebih mudah dan lancar.

  1. Web

Webserver merupakan hal yang harus diinstal satu per satu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Spesifikasi Aplikasi eKinerja yang Marak Digunakan

Apabila Anda Sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut, maka aplikasi bisa mulai digunakan. Untuk informasi bagi Anda bahwa eKinerja ini memiliki spesifikasi sebagai berikut.

OS yang digunakan Bebas. Untuk Programming LAP nya adalah PHP. Interface yang dipakai adalah Smarty. Framework yang digunakan Codelgniter. Database memakai MySQL. Webservernya adalah Apache web server

Berbagai macam data penting tentang kinerja ASN tentu bisa dikerjakan dengan lebih mudah menggunakan eKinerja. Kini, aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Hal tersebut dikarenakan banyak orang telah menikmati keunggulan dari aplikasi eKinerja tersebut.