Software House Adalah Perusahaan Pengembangan Aplikasi

Software House Adalah Perusahaan Pengembangan Aplikasi

Seperti yang kita tahu, software house adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi (software development). Aplikasi ini dapat dikembangkan, baik itu oleh individu ataupun kelompok tertentu seperti perusahaan yang berbadan hukum.

Tujuan berdirinya software house yaitu untuk membuat aplikasi yang diinginkan oleh klien atau yang biasa disebut customize. Lalu klien yang menggunakan aplikasi ini juga bisa berskala besar ataupun kecil.

Mengenal Apa Itu Software House Adalah?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, software house merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangan aplikasi. Adapun jasa didalamnya juga cukup beragam, mulai dari desain website, desain grafis, pemasaran digital, animasi dan masih banyak lagi.

Untuk bekerja di perusahaan software house pastinya dibutuhkan seorang IT Agency atau orang yang ahli di bidang IT. Adapun contoh software house yang berskala besar seperti Google Inc. Microsoft, Apple Inc, Oracle Corporation, dan masih banyak lagi.

Layanan Software House yang Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa layanan yang biasanya ditawarkan oleh software house. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Software House Berbasis Desktop

Software house satu ini adalah layanan populer yang ditawarkan oleh rumah perangkat lunak. Pembuatan software ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien atau customize.

Biasanya perangkat lunak berbasis desktop menggunakan bahasa pemrograman yang populer di Indonesia, seperti Java, Visual Basic, VB.Net, Delphi, dan sejenisnya.

  1. Software House Berbasis Mobile

Banyaknya aplikasi smartphone tidak lepas dari peranan software house. Baik itu seputar game, aplikasi kesehatan, toko online, yang menjadikannya salah satu produk populer dari software house.

  1. Layanan Desain Grafis

Jangan salah, desain grafis kini menjadi salah satu layanan yang banyak ditawarkan oleh pebisnis software house. Apalagi sekarang ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut. Biasanya layanan desain grafis disewa untuk membranding sebuah perusahaan, misalnya untuk membuat logo, markom dan sebagainya.

  1. Software House Berbasis Web

Software house satu ini menawarkan jasa pengembangan yang dibangun dengan bahasa pemrograman pada sebuah website. Biasanya jasa ini digunakan untuk membuat website sekolah hingga akun E-Learning.

  1. Layanan Multimedia

Layanan selanjutnya yang ditawarkan oleh software house Indonesia adalah pembuatan produk multimedia, seperti animasi.

Struktur Software House yang Berbeda dari lainnya

Walaupun software house yang satu dengan yang lainnya berbeda, namun komponen atau struktur kerja di dalamnya kurang lebih sama. Diantaranya ada:

  1. Project Manager

Manajer proyek adalah seseorang yang memiliki kendali dan tanggung jawab atas projek yang sedang dikerjakan.

  1. Analyst

Analis adalah seseorang yang menganalisa kebutuhan perangkat lunak atau sistem yang akan dibuat. Kini yang paling umum digunakan adalah analisis kebutuhan konsumen.

  1. Programmer

Programmer memiliki peranan sangat penting, dimana merekalah yang akan membuat software customize tersebut. Mereka akan membangun program sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pihak analis.

  1. Product Owner

Product Owner adalah seseorang yang menjadi perantara antara programmer dan konsumen. Itu mengapa seorang PO harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat meyakinkan konsumen terkait pengembangan yang ada.

  1. Tester

Bila perangkat lunak yang dibuat programmer sudah jadi, selanjutnya akan diuji oleh tim penguji. Standar yang ada juga berdasarkan sistem operasi masing-masing dari software house terkait.

Menguji perangkat lunak wajib hukumnya. Tujuan utamanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti bug, crash, error, hingga force close.

Artinya, pengujian harus dilakukan sedetail mungkin sebelum benar-benar diserahkan kepada klien atau yang biasa disebut demo.

Bagaimana, sudah paham bukan definisi software house adalah pengembangan, struktur hingga layanan yang ditawarkan? Untuk Anda yang tertarik membuka jasa ini, jangan lupa mempelajarinya terlebih dahulu seluk beluknya.