Pilihan Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC

Pilihan Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC

Sekarang ini semua serba mudah, termasuk software pengubah suara menjadi teks untuk PC. Cara kerjanya sangatlah mudah, cukup ucapkan kalimat yang ingin diketik, maka perangkat akan mengetik kata-kata tersebut.

Kerennya, pengetikan yang ditulis selalu menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang benar. Tidak heran jika kini banyak orang yang memanfaatkan software serupa agar lebih praktis.

5 Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC

Untuk mengubah suara menjadi teks di PC, ada beberapa software pendung yang bisa digunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Notulite

Notulite adalah salah satu aplikasi pengubah suara yang mampu mengubah audio menjadi tulisan dengan akurasi tinggi. Bahkan jika Anda membaca cepat sekalipun, software satu ini tetap dapat menangkap kalimat yang diucapkan.

  1. Google Keyboard

Untuk pengguna mobile, semua bisa langsung merasakan fitur ini karena sudah built-in. Penggunaannya juga cukup mudah, yakni dengan memilih ikon mikrofon pada keyboard, lalu ucapkan suara yang ingin diketik.

Bahkan aplikasi ini mendukung kata lebih dari 60 bahasa. Sayangnya Google Keyboard belum mendukung fitur perekaman seperti aplikasi perekam suara Google yang belakangan populer di kalangan pengguna Android.

Sebenarnya, fitur speech to text dari Google Keyboard sedikit berbeda dengan text to Speech engine dari Google Translate. Jika Anda bisa mengonversi ucapan ke teks, maka Google Terjemahan akan mengonversi teks ke suara Google sekalipun melalui ponsel Anda.

  1. Braina

Jika Anda ingin software pengubah suara yang simple dan sederhana, maka jawabannya adalah Braina. Anda cukup meng-klik tombol mikrofon dan mulailah mengucapkan kata-kata yang ingin diketik. Setelah selesai mengetik dengan suara, langkah selanjutnya yaitu menyalin dan menempelkannya ke dokumen asli.

  1. Speechnotes

Didukung penuh oleh teknologi Google atau yang biasa disebut dengan Google voice typing, sehingga speech to text didalamnya cukup baik.

Meski begitu, ada beberapa kekurangan didalamnya. Ya, software satu ini tidak bisa mengatur otomatis penempatan huruf kapital dan tidak mampu menyertakan tanda baca titik koma ketika sedang mengubah audio menjadi teks.

  1. Dictation Pro

Sebelum menggunakan software satu ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar perangkat lunak dapat mengenali jenis pengetikan secara maksimal. Poin pentingnya, Dictation Pro memiliki cara kerja yang sederhana namun hasil pengetikannya selalu akurat.

Cara Mengubah Suara Jadi Teks di Android

Sama seperti iPhone atau iPad, Google Keyboard juga berfungsi dengan baik sebagai konverter suara-ke-teks di Android. Software satu ini dapat digunakan pada ponsel Android dengan sistem operasi 7.0 ke atas. Terlepas dari hal itu, tidak semua bahasa dapat diterjemahkan ke dalam teks. Berikut caranya:

  1. Pertama, instal Gboard di Google Play Store, lalu jadikan aplikasi ini sebagai alat mengetik pada ponsel Android.
  2. Kedua, buka apa saja untuk mengetik. Misalnya Google Docs, WhatsApp, Gmail, dan lain-lain.
  3. Lalu pilih kolom untuk memasukkan teks, cukup tekan dan tahan logo mikrofon di Gboard.
  4. Ketika Anda melihat tanda bicara sekarang, segera ucapkan apa yang ingin Anda ketik.

Cara Mengubah Suara Jadi Teks di iOS

Anda juga bisa menggunakan Google Board untuk perangkat berjenis iphone atau ipad. Sayangkan aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk ios 9 keatas. Pengoprasiannya juga sangatlah mudah, diantaranya:

  1. Unduh Google Board di App Store, lalu jadikan aplikasi ini sebagai mesin ketik di smartphone Anda
  2. Buka aplikasi yang diinginkan untuk mengetik
  3. Ketuk kolom untuk memasukkan teks, lalu tekan dan tahan ikon mikrofon
  4. Ketika muncul tanda untuk bicara sekarang, maka ucapkan kata atau kalimat yang ingin diketik

Untuk menambahkan tanda baca, cukup ucapkan titik, koma, tanda tanya, tanda baca, tanda seru, paragraph baru, baris baru dan sejenisnya. Rekomendasi software pengubah suara menjadi teks untuk PC diatas bisa diakses secara gratis.