Rekomendasi Software Editing Foto yang Banyak Digunakan

Rekomendasi Software Editing Foto yang Banyak Digunakan

Bagi yang memiliki hobi fotografi, software editing foto pasti sudah Anda kenali. Dengan perangkat lunak tersebut Anda bisa mengubah hasil jepretan menjadi lebih indah layaknya hasil tangkapan gambar seorang fotografer profesional.

Sekarang sudah banyak sekali aplikasi edit gambar yang bisa dipilih untuk mempercantik hasil tangkapan gambar Anda. Kebutuhan foto yang semakin banyak, seperti misalnya untuk media sosial menjadi salah satu faktor aplikasi edit gambar ini menjadi semakin menjamur.

Potret seperti tempat liburan, makanan, maupun tempat nongkrong seru seakan selalu hadir dalam setiap timeline media sosial, baik itu facebook, twitter, sampai Instagram.

Aplikasi editing gambar juga hadir dalam berbagai macam platform, mulai dari PC sampai ponsel. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan membahas perangkat lunak edit foto pada PC.

Alasan Kenapa Harus Memakai Software Editing Foto

Kemudian, apa pengertian dari aplikasi edit foto itu? Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan menggunakan perangkat lunak ini? Kenapa harus menggunakan aplikasi ini untuk mempercantik gambar Anda? Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Software edit foto merupakan aplikasi yang berguna untuk membantu mempercantik lagi gambar yang telah Anda ambil baik menggunakan kamera ponsel maupun kamera konvensional.

Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk membantu memunculkan warna yang tidak dapat tertangkap oleh kamera Anda pada saat pengambilan gambar. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti cahaya, skill kurang mumpuni maupun kamera yang biasa-biasa saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membuat potret Anda tampak seperti hasil jepretan profesional walaupun hanya menggunakan kamera dan perlengkapan seadanya.

Rekomendasi Software Edit Foto Pada PC

Berikut kami rekomendasikan beberapa aplikasi edit foto yang sudah digunakan oleh banyak orang termasuk para profesional dan expert dalam bidang fotografi.

  1. PhotoShop

Bagi yang sering mengedit foto, software ini mungkin menjadi favoritnya. Fitur-fitur didalamnya siap mengubah foto Anda dari yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Hal tersebut menjadi salah satu faktor kenapa PhotoShop digemari banyak orang dalam urusan mengedit gambar.

Namun, agar bisa merasakan performa dan manfaat dari aplikasi ini secara maksimal, perhatikan dahulu PC atau laptop Anda gunakan. Jika perangkat kalian tidak mendukung sebaiknya jangan memaksakan, karena bisa memperlambat kinerja PC kalian.

  1. Lightroom

Software kedua adalah Lightroom. Lightroom bisa digunakan untuk mengedit gambar dengan hasil yang menawan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menaikkan brightness, menambah warna, maupun mengubah nuansa pada gambar.

Jika dibandingkan dengan photoshop, aplikasi ini masih sedikit lebih ringan. Namun, dengan tidak mengurangi fitur yang dapat digunakan untuk memperindah foto Anda.

  1. Photoscape

Photoscape menawarkan fitur super lengkap namun mudah untuk dipakai dan digunakan oleh pemula. Tetapi Anda tidak akan membuat hasil layaknya pemula, melainkan hasilnya akan seperti jepretan gambar seorang profesional.

Fitur yang ada di dalamnya meliputi resizing, brightness and colour adjustment, white balance, backlight correction, filters, dan masih banyak fitur lainnya.

  1. Pixlr online

Aplikasi ini juga menjadi salah satu rekomendasi karena kepraktisannya. Tidak perlu takut PC atau laptop Anda akan bermasalah karena sistem operasinya yang terlalu berat, karena Anda bisa mengakses aplikasi ini cukup dengan browser saja.

Fitur yang ditawarkan juga tidak kalah lengkap dengan aplikasi lainnya. Pixlr online juga bisa mengedit foto dari berbagai format berbeda mulai dari PNG, JPEG, JPG, WebP dan masih banyak lainnya.

  1. GIMP

GIMP menjadi aplikasi edit gambar dengan fitur cukup lengkap dan tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain. Karena kelengkapan fiturnya tersebut menjadikannya aplikasi favorit para editor, graphic designer, fotografer dan ilustrator dunia.

Cara Memaksimalkan Kinerja Aplikasi Edit Foto

Selain menggunakan software di atas untuk mengedit foto, Anda juga wajib memiliki skill fotografi dan juga editing yang baik. Hal tersebut perlu dilakukan karena setiap aplikasi memiliki fitur unik masing-masing, dan akan sangat disayangkan jika Anda tidak tahu cara menggunakan fiturnya.

Oleh karena itu carilah ilmu sebanyak mungkin guna meningkatkan skill yang Anda miliki. Banyak metode pembelajaran yang bisa dipakai mulai dari video youtube, buku, sampai mengikuti workshop dengan editor handal berpengalaman.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu memperindah hasil jepretan Anda. Namun, Anda juga perlu meningkatkan skill fotografi, dengan begitu hasil jepretan bisa semakin bagus ketika diedit menggunakan software editing foto.