Mengenal Fitur Software Mixer Audio yang Wajib Ada

Mengenal Fitur Software Mixer Audio yang Wajib Ada

Software mixer audio merupakan perangkat lunak dengan fungsi utama untuk menerima, menggabungkan, memproses, dan memantau suara. Mixer sering digunakan pada lokasi panggung konser, studio rekaman, audio siaran, dan televisi.

Kebanyakan orang hanya mendengar audio ketika sudah selesai, namun tidak mengerti bagaimana kesulitan dibalik penciptaannya. Banyak lagu dari berbagai album yang dibuat melalui proses produksi dengan memanfaatkan perangkat lunak audio tersebut.

Nada lagu tersebut tercipta dari perasaan seseorang dan biasanya dibuat bersama dengan seorang artis. Tidak hanya itu, produser, mix engineer, dan DJ juga biasanya meluangkan waktunya untuk membantu proses produksi.

Fitur yang Wajib Ada Pada Software Mixer Audio

Pada dunia musik, alat ini memiliki peran penting yakni untuk menciptakan, mengatur komposisi suara, dan lainnya. Alatnya digunakan untuk menghasilkan musik berkualitas serta memiliki nada indah yang enak di dengar.

Untuk mencapai hal tersebut, Anda membutuhkan bantuan beberapa fitur tambahan. Berikut adalah beberapa fitur wajib dalam software pengeditan musik sehingga bisa menciptakan audio berkualitas baik.

  1. Fitur Pemotong Audio digunakan untuk memotong bagian yang dirasa tidak perlu atau penggunanya ingin meringkas audionya tersebut.
  2. Fitur penambah suara digunakan untuk menambahkan bagian yang dirasa kurang sehingga audionya menjadi lebih panjang.
  3. Alat penambahan efek digunakan untuk memberikan musik efek-efek menarik sehingga lebih fresh dan enak didengar.
  4. Alat perekam digunakan untuk menambahkan suara dari rekaman penggunanya.
  5. Fitur audio mixing dan mastering digunakan untuk editing seperti meningkatkan volume serta penguasaan suara lainnya.
  6. Noise reduction menjadi fitur penting karena digunakan untuk membersihkan atau menghapus suara bising sehingga memperoleh audio terbaik.

Mengulik 3 Tipe Audio Mixer Terbaik

Dunia mixing musik sangatlah luas dan belakang ini memiliki daya tarik di kalangan masyarakat. Apalagi, belakangan juga banyak berkembang aplikasi pendukung seperti Tiktok sehingga audio mixer semakin digemari.

Masyarakat juga mulai berlomba-lomba menciptakan musik campuran terbaiknya untuk diperdengarkan kepada khalayak umum. Sebelum melakukan mixing, Anda perlu mengetahui tiga tipe dari mixer agar musiknya lebih berkualitas seperti berikut.

1. Mixer Jenis Analog

Memiliki harga yang cukup terjangkau, penggunaannya juga serbaguna, dan lebih mudah digunakan karena perangkatnya terlihat secara fisik. Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih disukai oleh musisi dan produser professional.

2. Alat Mixing Audio Digital

Audio mixing berbasis software dengan berbagai pilihan fitur unggulan ini cocok digunakan oleh para pemula. Perangkatnya tersebut juga telah dibekali teknologi canggih untuk menangkap suara sehingga kualitas suaranya semakin bagus.

3. Tipe Powered Mixer

Memiliki cara pengerjaan tidak jauh beda seperti pada analog dan penggabungan dengan built in power ampli. Keunggulannya adalah tidak memerlukan ruangan luas, tambahan kabel dan bisa dioperasikan di mana saja.

Kumpulan Software Editing Audio Terbaik

Jika tertarik sebagai pembuat musik, tentu harus mengetahui Anda harus mempersiapkan alat apa saja. Alatnya sendiri, sebenarnya Anda hanya perlu mempersiapkan audio mixer berikut yang nantinya digunakan untuk pengeditan suara.

  1. Perangkat lunak Mixpad terdiri dari tools lengkap, menarik, dan membuat Anda terlihat professional karena bisa menambahkan trek tanpa batas.
  2. Software WavePad di mana memiliki tampilan sederhana dan merupakan perangkat khusus untuk memanipulasi file eudio.
  3. Software Audition di mana memiliki segala fasilitas pendukung editan suara termasuk penambahan efek.
  4. Oceanadio menjadi salah satu software terbaik dengan fasilitas lengkap layaknya seorang professional.
  5. Audacity menjadi software paling legend, di mana bisa berjalan stabil hampir pada seluruh perangkat desktop.

Menjadi seorang pembuat musik tentu menyenangkan, namun saat ini semua orang bisa membuat musiknya sendiri. Apalagi sekarang ini sudah banyak software mixer audio sehingga pembuatan musik akan semakin mudah.