Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Software dengan Mudah

Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Software dengan Mudah

Banyak cara memperkecil ukuran PDF tanpa software bisa dilakukan. Jadi, Anda tidak perlu memasang aplikasi khusus bila ingin memperkecil ukurannya. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin memasang aplikasi pada komputer maupun ponsel karena alasan tertentu.

Baik karena kapasitas memori perangkat tidak mencukupi alias terbatas atau memang tidak ingin ribet saja. Bagaimana cara memperkecilnya tanpa software? Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan menyimak uraian berikut.

Tata Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Software Mudah Dilakukan

Sebenarnya, untuk tata cara memperkecil ukuran atau mengompres dokumen berbentuk PDF tanpa software berbeda situs itu sama. Perbedaannya hanya pada tata letak menu serta tampilan. Berikut cara yang bisa Anda terapkan:

  1. Buka Website PDF Compressor

Langkah pertama, buka website PDF compressor yang ingin Anda gunakan. Ada banyak produk yang bisa dipilih, seperti smallpdf, ilovepdf, pdf2go, pdfcompressor dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Pahami Panduan Pemakaiannya

Jangan lupa untuk membaca panduan pemakaiannya. Setiap situs biasanya memberikan informasi mengenai cara penggunaan fitur. Ada juga yang tidak menyediakan panduan tapi memiliki tampilan yang mudah dipahami. Jadi, tidak masalah bila tanpa panduan.

  1. Tentukan File

Sebelum melakukan proses lanjutan, tentukan file dan pastikan formatnya sudah PDF. Sebab, biasanya situs yang ada khusus untuk dokumen PDF saja, tidak bisa jenis lain.

  1. Pilih Bagian Menu Upload atau Unggah

Selanjutnya, untuk memasukkan file, pilih menu bertuliskan upload atau unggah. Bisa juga tulisannya berupa select files, menyesuaikan dengan setiap situs. Tunggu hingga proses pengunggahan selesai.

  1. Klik Menu Kompres

Tahap terakhir, untuk memulai proses pengecilan ukuran file, klik bagian menu kompres. Bila sudah, Anda bisa mengunduh hasil kompres. Bila hasilnya belum sesuai, ulangi langkah di atas dengan jumlah sesuai kebutuhan. 

Berbagai Fungsi File PDF Secara Umum Penting Diketahui

Salah satu format dokumen yang sering digunakan adalah PDF. Salah satu fungsinya secara umum yaitu membuat serta menyimpan dokumen yang isinya berupa link, gambar maupun teks.

Fungsi lainnya adalah mengirimkan dokumen ke dalam bentuk yang tidak dapat diubah alias baku. Jadi, bisa dikatakan saat Anda menyimpan dokumen dalam bentuk PDF itu sudah dikunci, sifatnya fleksibel karena bisa menyimpan beberapa halaman dalam satu dokumen dan lebih aman.

Anda harus memastikan saat menyimpan dalam format satu ini sudah fix karena bila belum akan sulit nantinya untuk mengubah. Apalagi bila dokumen format doc dengan isi serupa yang Anda miliki sudah hilang.

Kompres PDF untuk Memperkecil Ukuran File

Hasil dari penyimpanan dokumen dalam bentuk PDF memang lebih ringan serta mudah untuk dibuka, tapi tetap menyesuaikan dengan isinya. Bila sudah diubah dalam format ini, tapi tetap masih terlalu besar ukurannya, Anda bisa mengompresnya.

Pada momen tertentu, mengecilkan ukuran dengan cara mengompresnya penting dilakukan. Misalnya, saat Anda diharuskan mengirimkan dokumen format PDF dengan ukuran maksimal sejumlah tertentu.

Sedangkan dokumen yang Anda miliki melebihi kapasitas minimalnya. Bila Anda tidak mengompresnya, maka dokumen tidak akan bisa dikirim karena tidak sesuai ketentuan. Pada momen inilah proses pengompresan harus dilakukan, bisa menggunakan software maupun tidak.

Metode pengompresan ini walaupun memperkecil ukuran file, tidak akan merusak isi dari dokumen tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ada gambar atau data yang hilang sesudah proses pengompresan.

Bila masih bingung cara mendapatkan alamat situsnya, tulis saja pada kolom pencarian browser kompres PDF. Nanti akan muncul banyak situs yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Sangat mudah sekali bukan cara memperkecil ukuran PDF tanpa software.