Inilah Cara Mengetahui WA Disadap dengan Mudah

Inilah Cara Mengetahui WA Disadap dengan Mudah

Semakin canggihnya teknologi saat ini, dapat membantu Anda tahu cara mengetahui wa disadap. Semakin canggih teknologi juga memperparah tindak kriminal atau kejahatan cyber, bahkan sering ditemui kasus peretasan akun seseorang.

Permasalahan cyber bukan hanya jadi masalah warga Indonesia, tapi bahkan semua masyarakat di seluruh dunia akan merasakannya. Oleh karena itu, keamanan berinternet masih menjadi masalah di dunia teknologi terutama gadget.

Tindak kejahatan internet tentu lebih berbahaya, karena bisa mengambil seluruh data Anda dan menggunakannya untuk hal-hal tidak baik. Untuk berjaga-jaga dari tindakan cyber, ada baiknya Anda periksa smartphone secara rutin.

Cara Mengetahui WA Disadap atau Dibobol

Mengetahui apakah ponsel atau whatsapp disadap tidaknya sebenarnya sangat mudah. Ini jadi hal yang penting diketahui bagi semua orang, bukan hanya berjaga-jaga saja, tapi agar tahu bagaimana cara mengatasinya.

Seluruh aktivitas whatsapp tentu akan terekam di smartphone pemilik, bahkan jika ada aktivitas mencurigakan seringkali muncul notifikasi untuk memberitahukan. Berikut ini, cara tahu apakah whatsapp terkena sadap atau tidak:

  1. Cek sms apakah Anda seringkali mendapatkan kode pin atau otp yang biasanya digunakan untuk melakukan login ke aplikasi whatsapp.
  2. Cek pemberitahuan yang muncul saat seseorang berhasil membobol akun Anda lewat whatsapp website, terdapat keterangan tanggal dan waktu saat login.
  3. Cobalah mengecek perangkat tertaut di bagian titik tiga pada Whatsapp, pada fitur tersebut akan muncul perangkat-perangkat tidak dikenal yang login.

Ciri-Ciri dari Wa yang Terkena Kejahatan Cyber atau Disadap

Pelaku kejahatan di zaman digital ini terus berkembang dan meningkat. Orang-orang tersebut berusaha menyadap akun komunikasi milik seseorang, oleh sebab itu penting untuk tahu cara mengetahui wa disadap tidak.

Mungkin setelah mengetahui caranya, Anda tidak menemukan apa-apa, tapi jangan senang dulu, karena penjahat bisa saja menyembunyikannya. Untuk itu, berikut Kami berikan beberapa ciri dari WA yang disadap orang asing:

  1. Seringkali membaca atau membuka pesan sendiri padahal, Anda belum sempat membukanya.
  2. Pada histori telepon seringkali ditemui panggilan keluar, padahal Anda tidak menelpon orang itu.
  3. Ditemukan balasan-balasan yang tidak Anda tulis untuk membalas pesan dari seseorang di Whatsapp.
  4. Whatsapp juga tidak bisa mendukung untuk melakukan panggilan, pengguna bisa coba fitur panggilannya baik video maupun call biasa.
  5. Membuat status aneh padahal Anda tidak membuatnya, ini menjadi ciri karena seringkali ditemui peretas yang membuat postingan di akun korban.

Cara Mengatasi Whatsapp yang Disadap Peretas

Sebenarnya, development Whatsapp telah berupaya melakukan peningkatan keamanan bagi para penggunanya agar aman dari peretas. Namun, nampaknya para peretas tersebut terus berkembang hingga terus-menerus berhasil meretas akun-akun pengguna.

Saat menghadapi hal tersebut, seseorang tentu akan merasa panik, sedih, dan tidak tahu harus apa. Daripada harus menghadapi situasi tersebut, akan lebih baik jika Anda mencegahnya menggunakan beberapa cara berikut:

  1. Melakukan logout whatsapp web dan perangkat-perangkat lainnya melalui perangkat tertaut.
  2. Mengaktifkan verifikasi dua faktor juga menjadi cara terbaik untuk menghentikan dan mengatasi penyadapan, karena setiap login akan diminta kode pin.
  3. Mengaktifkan sidik jari sebagai bentuk keamanan dua faktor juga, sehingga mencegah orang lain scan barcode akun Anda.
  4. Terpenting adalah selalu melakukan update dan install ulang agar keamanan terus diperbarui serta dipersulit oleh pihak whatsapp.
  5. Jika sudah terlalu parah, pilihan terakhir yang bisa Anda pilih adalah dengan menghapus akun whatsapp agar penyadapannya berhasil dihentikan.

Tindak kejahatan di era digital tidak mungkin berakhir dengan mudah, apalagi sudah banyak sarana prasarana untuk melakukannya. Oleh sebab itu, penting untuk mengerti cara mengetahui wa disadap beserta ciri-cirinya.