Cara Hapus Akun Telegram Menggunakan Langkah Mudah

Cara Hapus Akun Telegram Menggunakan Langkah Mudah

Ada cukup banyak orang mencari cara hapus akun Telegram karena alasan tertentu, meskipun salah satu media sosial ini memiliki kelebihan dibandingkan lainnya. Tidak heran jika sebenarnya cukup banyak orang yang memilih masih tetap menggunakannya.

Penghapusan akun sendiri biasanya dilakukan karena alasan-alasan tertentu. Selain itu, Anda juga bisa menghapus akun untuk sementara waktu maupun sementara. Jika sementara waktu, artinya akun dapat diaktifkan jika kembali dibutuhkan.

Langkah-langkah untuk menghapus akun Telegram sendiri cukup banyak dan tidak terlalu rumit, bahkan juga bisa menggunakan smartphone maupun browser. Anda bahkan bisa melakukan penghapusan untuk mengatasi permasalahan ketika akun sedang dibajak.

Cara Hapus Akun Telegram dengan Mudah

Seperti telah dijelaskan sebelumnya jika ada beberapa cara menghapus akun Telegram yang cukup mudah untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dipilih jika ingin menonaktifkan atau menghapus akun Telegram.

  1. Menggunakan HP

Jika ingin menghapusnya melalui HP, maka Anda cukup membuka aplikasi sosial media tersebut menggunakan smartphone. Selanjutnya masuk pada menu setting di pojok kanan bawa bagi pengguna iOS atau pojok kiri atas jika menggunakan android.

Pilih menu ‘Privacy and Security’ hingga muncul menu ‘Automatically Delete My Account’. Nantinya akan terdapat pilihan tentang waktu lamanya akun akan tidak aktif. Terakhir tinggal logout dan unistall aplikasi sehingga membuatnya tidak online.

  1. Menggunakan Browser

Pilihan selanjutnya adalah dengan menggunakan browser jika di HP sudah tidak ada aplikasinya. Cara menggunakan browser juga tidak sulit, Anda bisa menggunakan smartphone maupun PC seperti laptop.

Langkah pertama adalah dengan masuk pada alamat https://my.Telegram.org/delete sampai kemudian masuk dalam halaman berikutnya. Anda akan akan diminta untuk memasukkan nomor telephone yang sebelumnya digunakan untuk membuat akun.

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode verifikasi agar dapat sign in untuk mendapatkan tiga menu pilihan. Klik ‘Delete My Account’ dan isi alasan penghapusan lakukan konfirmasi. Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses penghapusan selesai dilakukan.

  1. Hapus Telegram yang Dibajak

Salah satu alasan seseorang menghapus akun Telegram adalah karena dibajak, caranya sendiri juga tidak sulit. Cara hapus akun Telegram yang pertama adalah dengan membuka halaman Telegram yang sudah nonaktif, lalu masukkan nomor yang dulu digunakan.

Nantinya Anda akan mendapat notifikasi untuk verifikasi. Akan terdapat kolom alasan penghapusan yang harus diisi. Jika telah dilakukan, tinggal klik ‘selesai’. Terakhir klik ‘Ok’ jika muncul pop up bertuliskan ‘apakah Anda yakin?’.

Backup Data Sebelum Hapus Akun Telegram

Jika telah menghapus akun Telegram, maka semua data juga akan ikut hilang secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi. Padahal bisa jadi data-data tersebut sangat penting sehingga perlu adanya back up.

Satu-satunya cara untuk melakukan back up adalah menggunakan PC dengan memasang aplikasi Telegram tersebut dan masuk menggunakan akun yang akan dihapus. Nantinya akan ada ikon titik tiga untuk masuk dalam setting.

Arahkan layar ke bawah hingga pada opsi Ekspor Data, Anda bisa memilih semua data penting yang akan di ekspor termasuk mengunduh stiker. Klik Ekspor dan dan tunggu beberapa saat untuk bisa melihat berkas-berkasnya.

Akibat dari Menghapus Akun Telegram

Bagi Anda yang memang masih menggunakan sosial media ini, ada baiknya untuk tidak terburu-buru menghapus akun karena alasan tertentu. Hal ini karena akan mengakibatkan semua obrolan, kontak maupun data akan terhapus secara permanen.

Bukan hanya itu saja, Anda juga tidak bisa mengakses channel maupun grup meskipun keduanya masih tetap ada dan admin masih memiliki kewenangan. Jika Anda merupakan admin satu-satunya, maka salah satu anggota akan dijadikan admin secara acak.

Penghapusan akun juga akan membuat pihak Telegram tidak akan mengizinkan Anda membuat akun lagi menggunakan nomor yang sama. Ini dapat terjadi setidaknya dalam 2 hari sejak penghapusan.

Ada beberapa alasan seseorang tidak lagi menggunakan sosial media instagram sehingga ingin menghapus akunnya. Ada beberapa cara hapus akun Telegram baik menggunakan smartphone maupun PC yang cukup mudah dilakukan.