Cara Menghapus Akun Gmail dan Menambahkan Akun Baru

Cara Menghapus Akun Gmail dan Menambahkan Akun Baru

Cara menghapus akun Gmail bisa menggunakan smartphone maupun desktop dengan menggunakan beberapa cara. Langkah ini biasanya dilakukan oleh pengguna untuk alasan seperti keamanan data maupun hal tertentu lainnya.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri jika Gmail merupakan salah satu sosial media yang sangat penting dan dibutuhkan untuk banyak hal. Selain agar dapat tersambung dengan platform lain, google email juga digunakan untuk bekerja, melakukan transaksi, dan lainnya.

Oleh sebab itu, meski Anda sudah menghapus google email tersebut namun selanjutnya bisa menambah akun lainnya lagi. Dengan demikian, Anda masih dapat melakukan banyak aktivitas online menggunakan Gmail baru tersebut.

Cara Menghapus Akun Gmail dengan HP

Cara hapus akun Gmail menggunakan HP juga bisa dilakukan dengan beberapa cara tergantung dengan jenisnya. Pengguna Android maupun iOS memiliki langkah yang berbeda seperti penjelasan berikut.

  1. Menggunakan HP

Menghapus email dengan HP merupakan langkah yang paling mudah, sebab hampir setiap orang menggunakan perangkat ini. Pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka Google Mail di HP, lalu klik titik tiga di pojok sebelah kiri.

Nantinya akan muncul informasi email, lalu pilih akun ‘manage account’ dan masuk pada pengaturan akun. Pilih ‘Google’ dan Google mail yang akan dihapus dan Anda tinggal memilih opsi ‘hapus akun’.

  1. Menggunakan Android

Menghapus dengan smartphone android tidak cukup berbeda dengan cara sebelumnya. Pertama tinggal membuka pengaturan di android dan klik ‘accounts’ kemudian pilih ‘Google’ sampai kemudian keluar beberapa akun yang sudah log in di HP Anda.

Pilih email yang akan dihapus kemudian klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan. Langkah selanjutnya adalah memilih ‘Remove Account’, nantinya google akan terhapus dari perangkat meskipun tidak permanen.

  1. Menggunakan iOS

Selain untuk pengguna android, menghapus Google Mail juga dapat dilakukan menggunakan perangkat iOS. Cara pertama adalah dengan membuka aplikasi Gmail yang terpasang pada iPhone maupun iPad.

Selanjutnya adalah pilih foto profil dari Gmail yang akan dihapus pada bagian kanan atas. Pilih kelola kun untuk selanjutnya masuk dalam menu ‘data dan personalisasi’. Dalam menu tersebut akan terdapat beberapa pilihan, anda tinggal menghapus ikon hapus.

Menghapus Gmail dengan Menggunakan Desktop

Selain menggunakan smartphone, Anda juga bisa menggunakan cara menghapus akun Gmail dengan menggunakan desktop. Berikut langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Anda tinggal membuka Google di laptop dan masuk pada email yang akan di hapus.
  2. Selanjutnya pilih ‘Data dan Privasi’ yang ada pada akun Google dan arahkan layar hingga pada Opsi ‘data dan Privasi Anda’.
  3. Pilih menu ‘Lainnya’ dan kemudian klik ‘Menghapus akun Google Anda.
  4. Terakhir tinggal mengikuti petunjuk hingga proses penghapusan selesai.

Menambah Akun Gmail di Perangkat

Jika telah menghapus Google Mail, Anda juga bisa kembali menambah akun sehingga bisa kembali melakukan aktivitas online menggunakan akun baru. Langkah yang perlu dilakukan sendiri seperti penjelasan berikut.

  1. Membuat Akun

Langkah pertama adalah dengan membuat akun dengan cara klik menu setting di smartphone dan kemudian masuk dalam menu ‘account’. Selanjutnya pilih ‘add account’ dan klik ikon google. Nantinya akan muncul dua pilihan, Anda tinggal memilih ‘create a new account’.

Anda tinggal mengikuti arahan yang diberikan, sampai di akhir proses akan muncul kotak ‘Privacy and Terms’. Anda dapat klik ‘I Agree’ setelah membacanya dan terakhir tinggal menunggu konfirmasi dari username maupun password.

  1. Menambahkan Akun

Setelah membuat akun baru, Anda tinggal menambahkannya dalam perangkat dengan membuka aplikasi Gmail. Pilih ikon tiga titik di pojok kiri atas untuk selanjutnya masuk dalam informasi email.

Termasuk menampilkan nama maupun alamat dari email Anda. Langkah selanjutnya adalah memilih ‘Add Account’ dan pilih Google. Terakhir masukkan alamat gmail maupun kata sandi.

Beberapa orang menghapus Google Mail karena alasan tertentu, termasuk untuk keamanan data. Cara menghapus akun Gmail sendiri ada beberapa cara dan bisa menggunakan perangkat baik HP maupun desktop.