Beberapa Cara Mengetahui Handphone Disadap dengan Mudah

Beberapa Cara Mengetahui Handphone Disadap dengan Mudah

Cara mengetahui handphone disadap dapat ditandai dengan aktivitas tidak biasa yang terjadi di HP Anda. Di tengah perkembangan kecanggihan teknologi, ternyata membawa dampak baik dan buruk sekaligus.

Saat itu, banyak terjadi kejahatan di dunia teknologi salah satunya cukup terkenal adalah tindakan penyadapan. Tindakan ini bisa dilakukan di berbagai perangkat seperti PC, tablet dan handphone.

Beberapa hal yang menyebabkan ponsel dapat disadap seperti sering menggunakan koneksi tidak aman. Misalnya Anda sering menggunakan WiFi umum. Bisa saja ada pihak ke tiga yang melakukan kejahatan saat menghubungkan perangkat dengan WiFi umum.

Anda juga harus hati-hati jika mengunduh aplikasi. Beberapa aplikasi merupakan aplikasi bajakan yang dapat disisipi malware dan spyware. Tidak kalah berbahayanya adalah memasuki website tidak aman dan lainnya.

Inilah Cara Mengetahui Handphone Disadap

Penyadapan yang terjadi tentu sangat merugikan. Terlebih saat ini HP biasanya akan tersimpan berbagai data pribadi. Bisa saja penyadap tersebut dapat mencuri data Anda dan digunakan untuk hal-hal yang negatif. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

  1. Suhu HP Cepat Naik

Wajar jika saat digunakan sebuah perangkat akan panas karena aktivitas yang sedang di jalankan. Namun, apa jadinya jika sebuah perangkat menjadi panas bahkan saat tidak digunakan?

Sebagai pengguna sebaiknya perhatikan perangkat tersebut karena ini merupakan salah satu ciri bahwa malware berada dalam sistem di dalam perangkat tersebut. Ini karena HP bekerja terus menerus meski tanpa digunakan pemiliknya.

  1. Daya Baterai Lebih Cepat Habis

Hacker akan tetap menggunakan perangkat Anda dari jarak jauh. Hal ini kemudian membuat HP tidak pernah beristirahat digunakan. Akibatnya kapasitas baterai menjadi cepat merosot karena adanya malware dan spyware di dalamnya.

  1. Penggunaan Data

Anda harus selalu memantau penggunaan data dalam handphone Anda untuk mengetahui seberapa besar yang telah digunakan. Jika tiba-tiba penggunaannya meningkat signifikan, kemungkinan hacker sudah mengakses perangkat Anda.

Cara Mengetahui Handphone Disadap dari Aktivitas Mencurigakan di Dalamnya

Terdapat tiga hal yang bisa menjadi tanda-tanda dan cara untuk tahu handphone sedang disadap orang lain. Berikut cara mengetahui handphone Anda disadap:

  1. Aplikasi Mencurigakan

Jika Anda menemukan aplikasi lain di bagian menu home sedangkan tidak pernah menginstallnya, tentu hal tersebut perlu diperhatikan. Hacker biasanya akan menggunakan aplikasi dalam melancarkan aksinya mencuri data dalam perangkat tersebut.

  1. Tidak Bisa mengakses Aplikasi Perbankan

Jika suatu saat Anda kesulitan untuk mengakses akun perbankan sendiri, maka ini bisa jadi tanda dari hacker. Teknik yang dilancarkan adalah teknik swap katu SIM. Dengan ini, kode OTP dapat dikirimkan ketika Anda login dan bisa menyebabkan kode tersebut diterima juga oleh hacker.

  1. Terdapat PopUp

Popup yang berupa iklan tidak bermoral tiba-tiba muncul, Anda tentu harus waspada. Ini adalah suatu bentuk malware atau virus yang ditanamkan dan akan menyerang perangkat dalam sistem ponsel.

Cara Tahu Handphone Disadap dari Fitur Asli

Anda bisa mengetahui tentang aktivitas mencurigakan dalam ponsel dengan memeriksa fitur asli seperti galeri dan log panggilan.

  1. Dalam Galeri Ada Gambar Asing

Jika saat membuka galeri, Anda melihat bahwa ada gambar atau sejenisnya yang terasa asing, sedangkan Anda tidak pernah menggunakan fitur kamera. Mungkin ini tanda hp disadap.

Jika sampai tahapan ini, artinya hacker telah mengambil alih kamera perangkat. Dengan ini, hacker bisa jadi dengan mudah merekam segala aktivitas dalam perangkat kapan saja dan di mana saja selama ia login ke perangkat Anda.

  1. Terdapat Pesan atau Log Panggilan Asing

Aktivitas lainnya seperti layanan SMS hingga telepon yang terdapat aktivitas mencurigakan, besar kemungkinan ini adalah ulah penyadap. Bayangkan saja jika tidak pernah menelpon atau mengirimkan pesan ke orang lain, namun ada historynya, tentu itu adalah hal mengerikan.

Melindungi perangkat tentu hal yang harus dilakukan karena di dalamnya terdapat data yang sifatnya sensitif. Untuk itu, Anda perlu tahu tentang cara mengetahui handphone disadap dengan memperhatikan hal di atas.