Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara membuat google form di HP berbasi android atau iphone dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Bagi seseorang yang tidak selalu membaca PC ke mana-mana ini adalah cara yang dapat dimanfaatkan.

Pengguna smartphone semakin meningkat setiap harinya. Saat ini juga perangkat ini sudah semakin canggih dan dapat menjalankan berbagai perintah bahkan yang biasa dilakukan perangkat lainnya seperti PC.

Dengan ini semakin banyak yang memanfaatkannya untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan membuat google form. ini akan semakin memudahkan tanpa perlu membawa perangkat yang lebih berat ke mana-mana.

Googel form adalah sebuah layanan untuk melakukan survey online. Layanan ini berguna dalam mengumpulkan data yang diperlukan dalam suatu pekerjaan. Kelebihannya data yang ada sifatnya real time dan bisa diakses oleh siapa saja secara online.

Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Perlu Aplikasi

Terkadang penggunaan aplikasi tambahan bisa memberatkan memori ponsel. Hal tersebut juga akan membuat performa ponsel menurun diantaranya menjadi lemot dan bisa membuat daya baterai semakin berkurang dengan pengunaan banyak aplikasi tersebut.

Cara ini cocok untuk pengguna yang tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan. Anda bisa membuatnya dengan cara mengunjungi website resmi googke formulir. Caranya juga sangat mudah dan hampir sama saat menggunakan PC.

Kemudian setelah Anda masuk ke situs resminya, halaman pertama akan berisi blank form atau formulir kosong. Kemudian isilah halaman tersebut dengan pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya. Begini Caranya:

  1. Kunjungi Web Resmi Google Form https://docs.google.com/forms/
  2. Edit bagian judul, deskripsi dan melanjutkan pertanyaan
  3. Tambah pertanyaan dengan ikon (+)
  4. Lakukan submit formulir dengan mengklik “send”

Cara Menambahkan Pertanyaan Google Form di HP

Untuk melakukannya caranya sangat mudah. Jika Anda melihat ke layar, aka nada ikon tambah (+) yang terletak di bagian pojok kiri bawah. Anda tinggal klik ikon tersebut dan mulailah tulis pertanyaan lainnya.

Anda juga mungkin pernah melihat ada bintang merah pada saat mengisi sebuah formulir. Anda juga bisa berlakukan hal tersebut di dalam form yang sedang Anda Susun.

Caranya dengan mengaktifkan “wajib isi” di slider jika dirasa perlu. Jika Anda belum paham tentang cara menambahkan pertanyaan ke formulir. Caranya adalah:

  1. Klik “untitled Question”
  2. Masukkan Pertanyaan yang hendak ditanyakan
  3. Tambah “response”
  4. Lalu kemudian klik “required” untuk jenis pertanyaan yang wajib dijawab.

Ini Cara Mengirim Google Forms

Setelah itu, Anda sudah bisa membagikan linknya secara langsung melalui email atau aplikasi pesan lainnya. Bisa juga dengan menyalin tautan link dan bisa dibagikan ke platform sosial media, agar memiliki responden yang lebih luas.

  1. Klik “send” di bagian kanan atas
  2. Jika Anda memiliki organisasi di email, bisa mengumpulkannya anggota lalu mengirimkannya sekaligus.
  3. Bisa juga menyalin tautan lalu kirimkan ke platform lainnya

Cara Melihat Tanggapan Oleh Responden

Selanjutnya Anda bisa melihat hasil formulir berupa tanggapan oleh responden. Caranya dengan membuka layanan “respons” di hp Anda.

Setelah itu, Anda bisa mengklasifikasikan data atau menilai jawaban dari responden yang mengakses dan mengisi form tersebut. Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan data secara online dan lebih luas.

  1. Log In ke akun
  2. Jika sudah ada di halaman dashboard, silahkan klik “responses”
  3. Google akan menampilkan ringkasan jawaban setiap pertanyaan
  4. Klik “download” untuk melihat semua hasil.

Dengan adanya layanan dari Google Form ini, semakin memudahkan seseorang dalam mengumpulkan data yang diinginkannya. Selain itu, cara pembuatannya juga sangat mudah. jika tertarik cobalah untuk meniru cara membuat Google Form di HP.