Cara Daftar BPJS Online Ternyata Sangat Mudah

Cara Daftar BPJS Online Ternyata Sangat Mudah

Cara daftar BPJS online sangat penting untuk diketahui. Dengan memahami cara daftarnya, seseorang tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantri. Masalah ini memang sebelumnya sering dialami.

Ketika mendaftar BPJS, antrian yang perlu dilewati sangat panjang. Sebelumnya, memiliki waktu satu jam tidak cukup untuk mendaftar secara offline. Itu karena waktu yang dihabiskan biasanya beberapa jam dan bisa saja diundur ke esok hari.

Oleh sebab itu, akan sangat cerdas jika memanfaatkan fitur online yang tersedia. Dengan adanya fitur ini, waktu yang akan dihabiskan menjadi lebih sedikit. Nantinya waktu tersebut bisa dipakai untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Persyaratan dalam Cara Daftar BPJS Online

Cara mendaftar BPJS online sebenarnya sangat mudah. Namun dalam tahap awal, penting untuk mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Jika syaratnya belum siap, pendaftaran tidak akan bisa dilakukan.

Syarat pertama yang perlu dipenuhi adalah KTP atau kartu tanda penduduk. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan KK atau Kartu Keluarga. NPWP atau nomor penduduk wajib pajak juga perlu dibawa jika Anda memilikinya.

Pembayaran BPJS nantinya akan dilakukan menggunakan transfer bank. Oleh sebab itu, buku rekening tabungan juga perlu dibawa. Jangan lupa juga kalau Anda harus menyiapkan foto terbaru.

Sebagai data, jangan lupa juga untuk menyiapkan nomor ponsel pribadi. Terakhir, hal yang perlu disiapkan adalah alamat email aktif. Jika semuanya sudah siap, Anda bisa melanjutkan ke poin berikutnya.

Tahapan yang Perlu Dilalui Saat Mendaftar

Sekarang Anda bisa langsung masuk ke cara daftar BPJS online. Perlu diingat, pendaftaran membutuhkan koneksi internet yang stabil. Oleh karena itu, siapkan koneksi internet terlebih dahulu sebelum masuk ke tahapannya.

  1. Masuk Situs

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke situs resmi BPJS. Situsnya sendiri berada di alamat daftar.BPJS-kesehatan.go.id. Selanjutnya pilih jenis formulir pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhan pribadi.

  1. Isi Formulir

Tahapan selanjutnya adalah mengisi formulir. Disini Anda hanya perlu memasukkan semua data pribadi secara benar. Jangan lupa juga untuk mengunggah semua berkas yang sebelumnya disiapkan. Jika sudah selesai, lakukan submit dan cek email untuk verifikasi.

  1. Lakukan Pembayaran

Pada email verifikasi, Anda akan mendapat rincian pembayaran yang perlu dilakukan. langsung saja pergi ke ATM atau gunakan mbanking untuk melakukan pembayaran tersebut. Jika pembayaran sudah selesai, akun BPJS akan otomatis aktif.

  1. Cek Aplikasi

Untuk mengecek aktivasi akun, download aplikasi Mobile JKN BPJS dan lakukan login dengan data pribadi. Disini akan terlihat apakah akun BPJS Anda sudah aktif atau tidak. Jika sudah aktif, langsung saja datang ke kantor BPJS untuk mengambil kartunya.

Jika Server Down, Lakukan Saja Pendaftaran Via Offline

Terdapat beberapa kondisi dimana pendaftaran tidak bisa dilakukan karena server down. Jika ini terjadi, lakukan saja pendaftaran secara offline. Itu karena, pendaftaran secara offline sendiri sudah tidak sepenuh sebelumnya.

  1. Datang ke Kantor

Tahapan pertama tentu datang ke kantor BPJS terdekat. Disini siapkan semua berkas yang sebelumnya sudah dituliskan. Langsung saja lakukan pendaftaran di kantor tersebut dan ikuti semua instruksi yang diberikan.

  1. Lakukan Pembayaran

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Ikuti teknis pembayaran sesuai instruksi menggunakan bank yang bekerja sama dengan pemerintah. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayarannya.

  1. Cetak Kartu

Setelah 14 hari, datanglah kembali ke kantor BPJS untuk mencetak kartu. Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran yang sebelumnya dimiliki. nantinya kartu BPJS pasti sudah selesai dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan kesehatan.

Pastikan untuk tidak sembarangan ketika mendaftar BPJS. Apabila ada tahapan yang terlewat, prosesnya pasti terasa lebih sulit. Oleh sebab itu, perhatikanlah sebaik mungkin penjelasan di atas mengenai cara daftar BPJS online.