Berikut Cara Hapus Akun Google yang Paling Efektif

Berikut Cara Hapus Akun Google yang Paling Efektif

Cara hapus akun google merupakan sesuatu yang sering dianggap remeh. Itu karena beberapa orang menganggap kalau akun google layaknya aset. Walaupun jarang digunakan, akan lebih tepat jika akunnya disimpan begitu saja.

Namun beberapa orang memiliki anggapan berbeda. Ketika akun google tidak terpakai, nampak lebih tepat apabila penghapusan akun dilakukan. itu karena, menyimpan akun begitu saja berpotensi menyebabkan akun tersebut dihack.

Jika mengalami hack, efeknya tentu bisa fatal. Bukan tidak mungkin data yang ada di dalamnya akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai cara menghapus akun google menjadi hal yang cukup penting.

Cara Hapus Akun Google di Laptop

Apabila Anda sedang mencari cara menghapus akun google, ini adalah tempat yang sangat tepat. di kesempatan kali ini, tahapannya akan dibahas lebih lanjut. cara yang dibahas sendiri merupakan teknik termudah dengan menggunakan laptop.

  1. Buka Browser

Untuk menghapus akun google, tahap pertama adalah membuka browser di laptop. Browsernya sendiri bisa bebas sesuai jenis yang sering digunakan. Namun jika teknisnya ingin mudah, akan lebih tepat apabila menggunakan chrome.

  1. Login

Selanjutnya buka google.com lalu lakukan login. Jika Anda memiliki beberapa akun, perhatikan email dan passwordnya. Jangan sampai login dilakukan pada akun google yang sebenarnya tidak ingin dihapus. Itu karena prosesnya tidak bisa diulang.

  1. Masuk Pengaturan

Selanjutnya adalah masuk ke pengaturan dan pilihlah Data & Privasi. Nantinya akan ada beberapa pilihan pada opsi tersebut. lakukan saja scroll ke bawah dan lihat pilihan Opsi Data & Privasi. Langsung saja lakukan klik pada opsi tersebut.

  1. Hapus Akun

Selanjutnya pilihlah Menghapus Akun Google Anda. Disini Anda akan diminta melakukan konfirmasi bahwa akun google tersebut memang ingin dihapus. Tunggulah hingga prosesnya selesai dan akun google akan terhapus secara otomatis.

Menghapusnya Juga Bisa Dilakukan Melalui Android

Selain menggunakan laptop, cara hapus akun google juga bisa dilakukan melalui android. Memang prosesnya sedikit lebih rumit dibandingkan menggunakan laptop. Namun jika laptop tidak ada, cara di bawah bisa diikuti untuk menghapusnya memakai android.

  1. Masuk Pengaturan

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke pengaturan. Ingat pengaturan yang dimaksud disini adalah pengaturan ponsel. Oleh karena itu, Anda tidak perlu masuk ke browser terlebih dahulu.

  1. Atur Akun

Setelah masuk ke pengaturan, pilihlah opsi Pengaturan Akun. Selanjutnya pilihlah Google pada opsi pengaturan tersebut. Jika ada beberapa gmail di ponsel, pilihlah gmail yang ingin dihapus. Ingat, jangan sampai salah dalam memilihnya.

  1. Masuk ke Data & Privasi

Ketika akun sudah dipilih, lakukan tap pada bagian Data & Privasi. Nantinya akan ada beberapa opsi yang muncul. Lakukan scroll ke bawah dan kembali pilih Opsi Data & Privasi.

  1. Hapus

Tahapan terakhir adalah proses penghapusan. Caranya sendiri cukup mudah karena Anda bisa langsung klik Menghapus Akun Google Anda. Tunggu hingga prosesnya selesai dan akun google akan otomatis terhapus.

Pahami Risiko Saat Menghapus Akun Google

Melakukan penghapusan memang terkesan mudah. Namun ingat, pahami juga risiko ketika penghapusan sudah dilakukan. risiko pertama berhubungan dengan data akun seperti email, file, hingga foto. Nantinya semua data tersebut akan hilang dan tidak bisa dikembalikan.

Perlu diingat juga kalau menghapus akun google berarti menghapus akses terhadap setiap layanannya. Nantinya gmail, drive, hingga kalender tidak bisa lagi digunakan memakai akun tersebut. Jangan lupa juga kalau semua data pembelian akun akan hilang.

Perhatikan semua risiko dengan matang sebelum menghapusnya. Jangan sampai menghapus secara asal lalu menyesal di akhir. Jika perhitungan sudah dilakukan matang, langsung saja praktekkan cara hapus akun google di atas.