Cara Bikin Aplikasi Android Lewat HP dengan Mudah

Cara Bikin Aplikasi Android Lewat HP dengan Mudah

Cara bikin aplikasi android lewat HP sudah banyak dicari. Hasilnya sendiri lumayan dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Nantinya proses bisnis dan keperluan pribadi akan bisa diselesaikan dengan mudah.

Menggunakan hp untuk membuat aplikasi sebenarnya merupakan terobosan baru. Itu karena pembuatan aplikasi sendiri identik dengan kebutuhan perangkat berspesifikasi tinggi. Ini tentu sangat berbeda dengan ponsel.

Sebaik apapun spesifikasi ponsel, batasan yang dimilikinya sangat banyak. Ini membuat pembuatan aplikasi dirasa tidak mungkin. Namun ingat, sekarang sudah ada sebuah aplikasi bernama android studio yang memfasilitas kebutuhan tersebut.

Cara Bikin Aplikasi Android Lewat HP Menggunakan Android Studio

Cara membuat aplikasi android lewat HP menggunakan android studio sendiri sangat mudah. setiap orang pasti bisa melakukannya sendiri. Namun ingat, setiap tahapan yang dijelaskan perlu dilalui dengan baik dan detail.

  1. Install Tools

Tahapan pertama yang perlu dilakukan saat hendak membuat aplikasi adalah menginstall beberapa tools. Toolsnya sendiri antara lain JDK, IDE Android Studio, dan SDK. Jika semua tools tersebut sudah dipasang, buka Android Studio dan lanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Buat Project

Ketika membuka aplikasi, langsung saja pilih New Projet untuk membuat proyek baru. Selanjutnya, pilihlah empty activity untuk pembuatan aplikasi yang sifatnya awam. Disini Anda bisa langsung mengisi beberapa data seperti nama aplikasi dan bahasa yang dipakai.

  1. Buat Aplikasi Sederhana

Disini langsung saja buat aplikasi seperti yang diinginkan. Untuk tahap awal, akan lebih tepat jika memilih membuat aplikasi sederhana. Aplikasinya sendiri seperti kalkulator, splash screen, atau webview. Pastikan pembuatannya dilakukan sambil memahami fitur yang ada.

Beberapa Pilihan untuk Membuat Aplikasi

Dalam cara bikin aplikasi android lewat HP, pembuatan sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa website. Website ini sangat tepat digunakan karena coding tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, berikut beberapa website yang bisa dipilih.

  1. io

Website pertama yang bisa dipilih adalah Appery.io. Keunggulan dari website ini terletak pada pengembangan aplikasi yang sangat baik. Selain itu, disediakan juga berbagai plugin yang bisa diakses secara bebas. Nantinya hasil yang didapat pasti memuaskan.

  1. AppMaker

Memilih AppMaker juga bisa dipilih. Tetapi ingat, AppMaker ini bukan hanya digunakan untuk membuat aplikasi android. Penggunaannya bisa juga ketika hendak membuat aplikasi untuk iphone. Ada beberapa template aplikasi yang nanti bisa digunakan secara bebas.

  1. Appy Pie

Menggunakan Appy Pie juga bisa dipilih. Jika ingin menggunakan website ini, Anda perlu mendaftar dan melakukan login terlebih dahulu. Appy Pie sendiri terbilang general karena bisa dipakai untuk membuat aplikasi android dan iphone.

  1. BisnezzApps

Opsi terakhir adalah dengan menggunakan BisnezzApps. Keunggulan utama website ini terletak pada manajemen kontennya. Manajemen kontennya sangat bersahabat sehingga Anda akan dimudahkan. Template siap pakai juga disediakan oleh pengembang.

Gunakan Laptop atau PC untuk Fitur Lebih Lengkap

Membuat aplikasi memakai ponsel memang bisa dilakukan. Namun ingat, berbagai batasan pasti akan terasa ketika membuatnya. Oleh sebab itu, adalah kesalahan besar jika berekspektasi terlalu tinggi ketika membuatnya.

Sebenarnya tidak masalah jika awalnya pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan ponsel. Tetapi jika kemampuan membuat aplikasi ingin berkembang, jauh lebih tepat jika belajar memakai laptop atau PC.

Perlu diingat, siapkan laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi. Itu karena, keberadaannya akan sangat membantu supaya hasil yang didapat memuaskan. Memang banyak informasi di internet membuat pembelajaran sekarang bisa diakses lebih mudah.

Kunci dari pembuatan aplikasi sendiri adalah keseriusan. Jika seseorang tidak serius dan konsisten saat membuatnya, aplikasi tersebut akan lebih lama selesai. Oleh karena itu, pastikan cara bikin aplikasi android lewat HP di atas diperhatikan dengan baik.