Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Aplikasi translate bahasa jawa krama alus diperlukan bagi Anda yang sedang belajar bahasa jawa. Mata pelajaran mengenai bahasa Jawa juga masih ada di beberapa sekolah terutama di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tidak semua suku Jawa dapat berbahasa dengan baik. Bahasa ini memiliki tingkat tutur dalam penggunaannya. Salah satunya yaitu krama alus yang pengucapannya disesuaikan keakraban, usia dan kesopanan.

Dengan perkembangan teknologi, berbagai developer aplikasi telah banyak membuat aplikasi translate. Salah satunya adalah aplikasi translate bahasa jawa krama alus. Aplikasi berguna sebagai media edukasi dalam proses belajar.

Pengertian Bahasa Jawa yang Perlu Diketahui

Biasa digunakan oleh orang di pulau Jawa bagian tengah dan timur. Merupakan salah satu jenis bahasa Austronesia. Namun tidak terlalu dekat dengan bahasa lain dan sampai saat ini sulit untuk diklasifikasikan.

Kerabat terdekatnya adalah Sunda, Madura dan Bali. Tidak hanya digunakan oleh masyarakat Jawa di Indonesia saja, diketahui ada penutur di negara Malaysia bagian pantai barat Selangor dan komunitas imigran di Suriname yang menggunakannya.

Menurut sejarah, perkembangannya dikelompokkan menjadi dua fase yang berbeda. Fase pertama adalah bahasa Jawa Kuno terdokumentasi pada tulisan tahun 804 Masehi. Fase kedua adalah bahasa Jawa Baru yang ada sejak abad ke 16.

Tingkatan Bahasa Jawa yang Berbeda

Bahasa ini memiliki tingkatan berbeda. Tingkatannya dimulai dari krama alus, krama inggil dan ngoko. Tingkatan berdasarkan pada orang yang Anda ajak untuk berinteraksi. Ngoko digunakan pada percakapan sehari-hari.

Umumnya ngoko digunakan sebagai percakapan antara orang setara atau orang berstatus lebih tinggi berinteraksi dengan orang berstatus rendah. Selanjutnya yaitu Madya. Madya merupakan peralihan ngoko dan krama.

Biasanya dipakai berinteraksi dengan orang yang belum dikenal. Dapat juga dipakai dengan orang yang sudah Anda kenal tapi tetap menghargai dengan menggunakan sedikit krama.

Krama alus biasanya digunakan orang berstatus lebih rendah berkomunikasi dengan orang berstatus lebih tinggi. Krama alus ini biasa digunakan ketika berpidato.

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Pada Google Playstore telah banyak ditemukan aplikasi translate krama alus. Setiap aplikasi memiliki design dan juga fitur yang berbeda-beda. Aplikasi ini dapat membantu Anda memahami dan belajar krama alus.

1. Kamus Bahasa Jawa Translator Jawa

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan adalah Translator Jawa. Apk ini adalah aplikasi translate dari Indonesia ke Jawa begitupun sebaliknya. Dilengkapi fitur dan ragam bahasa Jawa.

Di aplikasi ini tersedia ngoko, krama alus dan krama inggil. Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah yaitu dengan memasukkan kata yang diinginkan lalu pilih translate, maka otomatis kata tersebut akan tertranslate.

2. Pepak Bahasa Jawa Lengkap

Menggunakan Apk ini, pengguna bukan hanya belajar tentang kosakata dan penerjemahan saja. Tetapi Anda dapat belajar mengenai huruf aksara, pribahasa, perwayangan, kesusastraan dan lain-lain.

Sehingga dapat mengenal budaya Jawa lebih jauh. Dilihat dari Playstore, Apk ini telah banyak diunduh oleh lebih dari 100ribu orang dan memiliki penilaian bagus. Penggunaanya cukup dengan membuka Apk ini, lalu pilih fitur apa yang Anda ingin pelajari.

3. Kamus Bahasa Jawa Offline

Bagi Anda yang mencari aplikasi translate bahasa jawa krama alus namun offline, Apk ini dapat menjadi pilihan. Apk ini mempermudah penggunanya untuk menemukan kosakata Bahasa Jawa ke Indonesia.

Anda tidak memerlukan koneksi internet saat menggunakan Apk ini. Ukurannya juga kecil sehingga tidak memakan terlalu banyak memori ponsel Anda. Penggunaan aplikasi ini sama seperti aplikasi translator pada umumnya.

Cukup dengan mengetikkan kata yang ingin ada translate, maka Apk akan memunculkan translate kata tersebut. Walaupun offline, namun Apk ini bisa dikatakan memiliki kosakata bahasa krama alus yang lengkap.

Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang, penggunaan aplikasi guna membantu proses belajar telah banyak dilakukan. Termasuk ketika Anda sedang mempelajari bahasa. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi translate bahasa jawa krama alus yang tersedia.