Intip Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Beserta Manfaatnya

Intip Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Beserta Manfaatnya

Cara mengunci aplikasi WhatsApp atau WA sangat mudah karena bisa dilakukan baik melalui atau tanpa aplikasi. Oleh karena itu, para pengguna wajib untuk memahami caranya.

Siapa saja pasti ingin privasinya tetap terjaga dan tidak diketahui oleh orang lain. Hal ini karena WhatsApp banyak digunakan untuk berbagai keperluan pribadi maupun bisnis.

Misalnya adalah untuk melakukan transaksi, membahas tentang bisnis, strategi atau perencanaan pemasaran dan lain sebagainya. Dengan demikian, keamanan dan privasi harus ditingkatkan.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Menggunakan Pola dan PIN

Berikut ini akan dijabarkan beberapa cara untuk mengunci WA di beberapa merek HP. Anda wajib mengetahui caranya sehingga keamanannya lebih terjamin.

Samsung

Silahkan buka setelan pada HP samsung dan pilih menu advance features. Selanjutnya aktifkan fitur app lock. Aturlah penguncian apakah akan menggunakan pola atau kata sandi.

Setelah itu, tambahkan aplikasi dan scroll ke bawah. Carilah WhatsApp, setelah itu aktifkan enkripsi. Cara mengunci aplikasi WhatsApp ini hanya bisa diaplikasikan untuk HP samsung yang telah memakai one UI.

Xiaomi

Pilih menu settings, lalu buka kunci aplikasi. Tentukan pola untuk bisa mengunci WA, lalu login ke akun Mi dan scan sidik jari. Setelah itu, WhatsApp dihidupkan.

Oppo

Silahkan buka pengaturan, lalu pilih kata sandi atau sidik jari. Selanjutnya enkripsi harus diaktifkan dahulu sebelum Anda membuat pin atau pola yang akan digunakan.

Bukalah pusat keamanan untuk mendapatkan izin privasi, lalu pilih enkripsi. Cara menghidupkan enkripsi yaitu dengan menggeser tuas sehingga posisinya menjadi on. Cara tersebut khusus untuk ponsel Oppo yang memakai ColorOS.

Vivo

Pada ponsel Vivo dengan FuntouchOS maka cara mengaktifkan penguncian WA yaitu dengan membuka menu pengaturan terlebih dahulu. Pilih keamanan, privasi dan enkripsi aplikasi. Selanjutnya, pilih akan menggunakan PIN atau pola.

Cara Mengunci WA Menggunakan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan WA. Contohnya adalah fingerprint lock dan app lock. Caranya yaitu seperti berikut ini.

Fingerprint Lock

Silahkan buka aplikasi, lalu pilih setting. Langkah berikutnya adalah pilih account, kemudian privacy. Carilah pilihan fingerprint lock, lalu geser toggle unlock with fingerprint agar bisa mengaktifkannya.

Pilih set up dan tentukan jenis kunci yang akan dipakai. Selain itu, silahkan pilih juga waktu penguncian WhatsApp sebelum mengakhiri proses pengaturan ini.

App Lock

Anda harus mengunduh app lock terlebih dahulu. Setelah dibuka silahkan tentukan pola kunci yang diinginkan, lalu baru pilih WhatsApp. Nantinya akan muncul ikon gembok yang menandakan proses telah selesai.

Intip Manfaat Mengunci Aplikasi WA

Banyak manfaat yang akan Anda rasakan jika WA telah dikunci. Apabila tidak dilakukan maka akan membahayakan akun masing-masing, terutama jika di dalamnya terdapat banyak dokumen penting.

Anda juga dapat meningkatkan proteksi privasi karena orang lain tidak dapat melihat chat history. Jika orang lain mengetahui kodenya maka baru bisa membuka aplikasi tersebut.

Kini WA menjadi tempat bertukar informasi baik untuk urusan pribadi maupun pekerjaan. Apabila Anda sering mengirimkan dokumen penting maka harus melakukan perlindungan ekstra.

Tujuannya adalah agar semua dokumen terjamin keamanannya. Dengan demikian, bisa mencegah adanya penyalahgunaan dokumen penting oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penerapan kunci di sini sangat penting bagi Anda yang memiliki anak kecil. Alasannya karena anak-anak bisa saja mengirimkan pesan atau menelpon orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

Biasanya anak-anak memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga sering mengutak-atik ponsel. Adanya kunci akan melindungi aplikasi ketika ponsel sedang dipegang anak.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Manfaat yang akan dirasakan sangat banyak jika mengunci aplikasi. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp agar semua data bisa terlindungi.