5 Aplikasi Pencari Kerja Paling Terpercaya di Indonesia

5 Aplikasi Pencari Kerja Paling Terpercaya di Indonesia

Aplikasi pencari kerja saat ini sangat banyak bermunculan di Indonesia. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi para pencari kerja untuk mendapatkan berbagai lowongan sesuai kualifikasinya.

Selama memasuki era digital, banyak kegiatan yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Dari mulai transportasi, membeli makan, hingga mencari pekerjaan.

Seperti yang diketahui bahwa dulu lowongan pekerjaan hanya disebarkan di koran dan majalah. Sehingga, untuk mencari pekerjaan Anda perlu membeli koran atau majalah terlebih dahulu.

Tapi sekarang, lowongan pekerjaan sudah tersedia secara gratis di internet. Salah satunya adalah di aplikasi. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mencari pekerjaan, simak berikut ini.

5 Aplikasi Pencari Kerja Paling Terpercaya

Meski aplikasi untuk mencari pekerjaan sudah banyak tersedia di Play Store atau App Store, Anda perlu selektif. Sebab, tidak semuanya aplikasi memberikan informasi lowongan yang akurat dan terpercaya.

Bahkan, banyak di antaranya memberikan lowongan yang cenderung menipu para pencari kerja. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih aplikasi yang memang terpercaya seperti di bawah ini:

  1. LinkedIn

LinkedIn merupakan aplikasi untuk mencari pekerjaan paling populer di seluruh dunia. Sebab, di platform ini banyak pihak yang menyebarkan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan.

Melalui LinkedIn Anda juga bisa menambah relasi pertemanan. Atau, memanfaatkan platform ini untuk pemasaran dan lain sebagainya.

  1. JobStreet

Anda tentunya tidak asing lagi dengan aplikasi JobStreet karena sangat populer. Bahkan total pengguna aplikasi ini sangat banyak di Indonesia.

Salah satu kelebihan dari JobStreet adalah fiturnya mudah untuk digunakan. Anda bisa menyaring lokasi dan jenis pekerjaan apa yang diinginkan.

  1. Indeed Job Search

Hampir sama dengan JobStreet, Indeed Job Search juga menyediakan berbagai pekerjaan dari lebih 60 negara. Indeed juga menyediakan fitur penyaringan untuk lokasi dan jenis pekerjaan.

  1. Kormo Jobs

Kormo Jobs merupakan aplikasi untuk mencari kerja dari Google yang sudah memiliki banyak partner perusahaan. Sehingga, Anda bisa dengan mudah menemukan pekerjaan impian.

  1. TopKarir

Meski terbilang masih baru, TopKarir cukup populer dan terpercaya di Indonesia. Aplikasi ini banyak digunakan oleh Fresh Graduate karena memiliki fitur filter yang cukup lengkap untuk mencari pengalaman.

ARTIKEL TRENDING LAINNYA: Lowongan Kerja Operator Produksi Lulusan SMA/K Sederajat Terbaru

Kelebihan Melamar dari Aplikasi Pencari Kerja

Jika dibandingkan dengan melamar langsung atau dari website, melamar lewat aplikasi memiliki banyak kelebihan. Di antaranya adalah gratis tanpa dipungut biaya sama sekali.

Lowongan pekerjaannya juga lengkap untuk berbagai profesi dan jenjang pendidikan. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya sesuai kualifikasi yang dimiliki. Selain itu, format lamarannya juga jauh lebih sederhana.

Sebab, Anda hanya perlu mengisi semua form data diri dan mengupload berbagai dokumen melalui aplikasi tersebut. Setiap Anda melamar pekerjaan, data tersebut masuk ke perusahaan.

Jadi, pelamar tidak perlu lagi untuk mengunduh berbagai dokumen secara berulang kali setiap melamar kepada perusahaan. Hal ini tentunya lebih efektif dan memudahkan pelamar pekerjaan.

Hal yang Harus Disiapkan Saat Melamar Lewat Aplikasi

Meski terbilang mudah dan lebih efektif, tapi bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam mengirim lamaran. Jika tidak, perusahaan tidak akan tertarik melihat lamaran Anda. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  1. Membuat CV sebaik dan seprofesional mungkin. Jangan menggunakan desain yang terlalu mencolok dan terkesan aneh.
  2. Menulis lamaran serapi dan semenarik mungkin. Tonjolkan kelebihan Anda, tapi jangan sampai berlebihan.
  3. Isi data pendidikan dengan benar.
  4. Upload portofolio terbaik sesuai dengan skill dan pekerjaan impian Anda.
  5. Pasang foto profil formal dan terkesan profesional pada akun di aplikasi tersebut.
  6. Membuat deskripsi diri sebaik mungkin.

ARTIKEL TRENDING LAINNYA: Info Loker Karawang Go Id Login Terbaru

Aplikasi Lamaran Kerja PDF

Selain aplikasi pencari kerja, Anda juga membutuhan aplikasi tambahan yaitu aplikasi lamaran kerja dalam format PDF. Mengapa PDF? Karena biasanya format yang paling umum diminta perusahaan adalah dalam format ini.

Namun kini, Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk melakukannya, karena dengan aplikasi lamaran kerja PDF ini akan membuat surat lamaran kerja Anda terlihat lebih profesional.

Berikut beberapa aplikasi lamaran kerja PDF yang dapat dicoba:

  • CV Maker
  • Aplikasi Canva
  • CV and Resume Creator
  • Easy Resume Builder
  • CV Engineer

Beberapa diantaranya adalah aplikasi yang gratis alias tidak dipungut biaya, namun jika Anda ingin mendapatkan fitur yang jauh lebih lengkap, silahkan upgrade ke mode premium alias berbayar.

Kriteria Membuat CV yang Baik

Pada dasarnya, ada beberapa kriteria yang dibutuhkan dalam mebuat CV yang baik. Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah bagi Anda sebagai pelamar kerja disuatu perusahaan. Apalagi jika Anda mengajukan diri ke perusahaan yang besar, Anda harus memahami bagaimana cara membuat CV yang baik.

Cara membuat CV yang baik dan benar pada umumnya sama, memiliki beberapa point yang harus ada didalamnya. Berikut ini akan dibahas apa saja kriteria tersebut.

Kriteria Cara Membuat CV yang baik dan Benar:

  • Terdapat identitas diri pelamar kerja didalamnya
  • Terdapat riwayat atau jenjang pendidikan yang lengkap
  • Terdapat riwayat pengalaman kerja (jika sudah pernah bekerja sebelumnya)
  • Terdapat informasi mengenai pengalaman dalam berorganisasi
  • Terdapat informasi mengenai keahlian baik umum maupun khusus dari pelamar
  • Terdapat keterangan mengenai penghargaan atau prestasi yang pernah diraih
  • Semuanya ditulis dengan singkat, padat dan jelas

Melamar pekerjaan di era digital jauh lebih mudah dari sebelumnya. Banyak platform yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya adalah melalui aplikasi pencari kerja.