Pajak Mobil Avanza 2022 dan Berbagai Hal yang Perlu Diketahui

Pajak Mobil Avanza 2022 dan Berbagai Hal yang Perlu Diketahui

Apabila Anda ingin membeli sebuah mobil, maka fikirkan pula pajak mobil avanza. Karena setiap pembelian mobil sudah pasti harus membayar sejumlah uang pajaknya. Ini merupakan sebuah kewajiban yang sudah ada aturannya.

Maka dari itu selain mengumpulkan sejumlah dana untuk mendapatkan mobil impian. Tugas Anda tidak berakhir sampai disitu saja, namun Anda juga perlu memikirkan bagaimana membayar pajaknya.

Sebagai orang taat pajak, ini perlu difikirkan. Jangan hanya mampu membeli mobil namun tidak bisa menanggung biaya pajak setiap tahun yang telah berlaku.

Selain itu, hal yang perlu diketahui lainnya adalah soal biaya pajak yang harus ditanggung. Perlu dipahami bahwa setiap pajak tidak selalu sama, harganya bisa berubah dan berbeda-beda begitu halnya dengan mobil avanza.

Spesifikasi Mobil Avanza 2022

Sebagai orang yang ingin membeli unit mobil avanza, pastinya hal utama yang perlu Anda lakukan yakni mengetahui bagaimana spesifikasi dari mobil itu sendiri.

Karena setiap mobil pastinya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Terlebih mobil avanza telah ada sejak lama dan sudah ada banyak variasinya, jadi Anda bisa menentukan mobil yang diinginkan.

Mobil avanza merupakan sebuah mobil yang terkenal dengan mobil keluarga. Hal ini karena jumlah kursi yang ada pada mobil ini cukup banyak. Lalu mobil ini juga terbilang harganya terjangkau.

Meskipun harganya terjangkau, kualitas dari mobil avanza juga tidak bisa diragukan lagi. setiap orang yang membeli mobil avanza 2022 setidaknya harus menyiapkan dana mulai dari Rp. 233,1jt sampai 295,8jt.

Pajak Mobil Avanza 2022

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap pembelian sebuah mobil, akan ada tanggungan pajak mobil avanza itu sendiri. Setiap pajak memiliki kisaran harga yang berbeda-beda.

Setiap perbedaan harga pajak itu disesuaikan dengan masing-masing tipe atau keluaran mobil juga harganya. Jadi semakin mahal dan semakin baru mobil maka pajaknya semakin besar.

Berbeda dengan mobil yang telah lama biasanya pajak yang diberikan juga semakin kecil. Agar lebih spesifik, maka kami akan menjelaskan mengenai pajak khusus mobil keluaran 2022.

Bagi Anda yang telah membeli mobil avanza, Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk membayar pajaknya. Dalam kaitan mobil Toyota avanza 2022 tipe G 1.3 manual maka kisaran biaya pajaknya senilai Rp. 2,551 jt sampai 2,630jt.

Sedangkan untuk tipe sama namun matic maka Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 2,630jt sampai Rp. 2,690jt. Jadi biaya matic sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan manual.

Akan tetapi itu hanya gambaran umum saja mengenai kisaran harga pajaknya. Karena bisa saja disetiap daerah akan memiliki harga pajak yang berbeda-beda. Artinya itu bukanlah gambaran fiks yang bisa ditelan mentah-mentah.

Selain pajak tahunan, setiap 5 tahun sekali Anda juga akan diminta untuk menanggung beberapa hal seperti pergantian plat dan lain sebagainya. Tentunya itu membutuhkan biaya tambahan, setidaknya Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 800rb.

Cara Melakukan Pembayaran Pajak

Apabila sudah mengetahui berbagai hal mengenai mobil avanza, baik itu spesifikasi maupun harga yang ditawarkan dari mobil tersebut. Maka akan lebih lengkap jika Anda juga mengetahui cara melakukan pembayaran pajaknya.

Jadi tidak hanya mengetahui perkiraan pajak yang perlu disiapkan, namun Anda juga perlu mengetahui cara melakukan pembayaran pajaknya dengan baik dan benar.

  1. Datangi kantor samsat di wilayah anda
  2. Ambil dan isi formulir
  3. Sembari menunggu antrian, siapkan syarat dan ketentuan
  4. Bayar pajak dikasir sesuai nominal
  5. Pengambilan STNK kembali

Dengan melakukan langkah tadi, maka Anda secara resmi sudah melakukan pembayaran pajak mobil khususnya mobil avanza. Selain itu, Anda juga bisa bertanya pada petugas jika ada hal-hal yang membingungkan.

Saat ini juga sudah banyak tersedia cara pembayaran yang bisa dilakuakn secara online. Sehingga memudahkan bagi Anda yang hendak melakukan pembayaran pajak mobil avanza.