Pajak Motor Yamaha R15 yang Wajib Diketahui

Pajak Motor Yamaha R15 yang Wajib Diketahui

Pajak motor Yamaha r15 memiliki perbedaan sesuai dengan tipenya,terdapat tiga tipe yaitu v1, v2 dan all new v3, R15 sendiri mulai di produksi sejak tahun 2008 di Negara India, untuk mengetahui tarif pajaknya, simak artikel berikut ini.

Biaya yang paling murah adalah Rp. 332.000 sampai dengan yang paling mahal yaitu Rp.550.000, saat ini untuk mengecek tarif pajak pada motor Anda sangat mudah karena hanya memerlukan aplikasi yang sudah disediakan khusus.

Perbedaan denda juga tidak sama, hal ini dipertimbangkan dengan model motor dan tahun keluarnya, contoh pada model R15 keluaran 2013 jika telat membayar satu tahun maka akan dikenakan denda sebesar 159.360, jika lebih dari 5 tahun akan dikenakan biaya Rp.796.800.

Berbeda jika pada model terbaru, yaitu R15 RMT keluaran tahun 2019, jika menunggak selama satu tahun maka akan dikenakan denda sebesar RP.264.000, hal ini sangat perlu diperhatikan, jika Anda tidak ingin mendapatkan denda, bayarlah tepat waktu agar tetap aman saat berada di jalan.

Cara Cek dan Membayar Menggunakan Aplikasi

Caranya, download terlebih dahulu aplikasi cek pajak kendaraan pada playstore atau app store, jika sudah berasil menginstal, pilih wilayah tempat tinggal, dan masukkan plat nomer kendaraan Anda lalu isi kode captcha dan klik cari.

Pajak motor Yamaha R15 akan otomatis muncul, tagihannya akan sesuai dengan yang dibutuhkan, seperti tarif pkb, parkir berlangganan serta pengesahan STNK jika motor baru keluar dari dealer.

Jika sudah mengetahui jumlah besaran pajak ang harus dibayar menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat membayarnya pada Indomaret atau Alfamart, bisa juga membayar pada m-banking yang sudah menyediakan layanan tersebut.

Spesifikasi Motor Yamaha R15

Terdapat beberapa spesifikasi kendaraan yang satu ini yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membelinya, untuk harganya sendiri di bandrol dengan Rp. 37.550.000, perlu diketahui bahwa setiap deler sering memberikan harga yang berbeda tergantung dengan daerah.

Dilengkapi dengan speedometer digital multifungsi yang lebih infomratif serta mudah terlihat, terdapat juga shift timing light yang akan memudahkan saat berkendara, memiliki disc brake depan dengan diameter sekitar 282 mm, memberikan pengereman yang lebih maksimal.

Memiliki kapasitas oli mesin yang memiliki total 1,05L yang berkala 0,85 L, dan ganti filt er oil sebesar 0,95L, sistem bahan bakar yang fuel injection dapat memudahkan mendapat bahan bakar, dapat menempuh daya maksimum 14,7 kW/10000rpm.

Cara Perhitungan Pajak Motor Yamaha R15

Perlu dicatat, terdapat juga beberapa macam jenis presentasi yang harus dibayar jika menunggak membayar, hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari kelebihan biaya yang mungkin bisa dimainkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu perlu diteliti sebelum membayar denda.

Jika terlambat 1 hari, maka pihak penyelenggara juga akan memberikan toleransi yaitu gratis atau kata lainnya tanpa membebankan biaya denda, dalam keterlambatan 2-30 hari cara menghitungnya adalah 25% + SWDKLJJ sebesar Rp.35.000.

Jika terlambat dalam jangka waktu 2 bulan maka 27% + biaya SWDKLJJ Rp.35.000, 3 bulan akan dikenakan denda 29% + SWDKLJJ Rp. 35.000, selanjutnya 5, 6, 7 dan seterusnya tinggal ditambah 2% setiap bulannya dan jangan lupa ditambah dengan biaya SWDKLJJ.

Denda maksimal yang akan didapat adalah sebanyak 48%, jadi jika biaya denda sudah lebih dari 48% Anda wajib mengeceknya terlebih dahulu dengan teliti. Pajak motor Yamaha r15 memiliki perbedaan sesuai dengan tipenya,terdapat tiga tipe yaitu v1, v2 dan all new v3, motor dengan kode R15 ini mulai di produksi sejak tahun 2008 di Negara India.

Jangan lupa untuk selalu taat dalam membayar pajak motor Yamaha R15 agar tidak dikenakan denda.