Pajak Motor Beat, Pengguna Motor Beat Harus Tahu

Pajak Motor Beat, Pengguna Motor Beat Harus Tahu

Jumlah pajak motor beat berbeda untuk masing-masing tahunnya, pada motor keluaran lama akan dikenakan tarif lebih murah dibandingkan dengan keluaran baru. Biaya termurah pada motor beat sendiri adalah Rp.112.000 sedangkan yang termahal adalah Rp.245.000.

Untuk mengecek biaya pajak pada kendaraan anda, saat ini tidak perlu untuk datang ke kantor karena sudah bisa dilakukan melalui online yaitu melalui aplikasi informasi pajak yang bisa didownload pada playstore atau app store handphone anda.

Pajak motor beat sendiri dihitung dari 2% NJKB atau nilai jual kendaraan bermotor untuk motor pertama, berbeda dengan kendaraan kedua yaitu dibebani dengan 2,5%, tarff akan semakin bertambah dengan tambahan kendaraan.

Jika sudah lebih dari 3, maka tariff akan stabil ditambahkan sebesar 0,5% untuk setiap penambahan 1 motor. Namun, perlu dicatat bahwa aturan tersebut hanya berlaku pada beberapa daerah saja, jadi tidak berlaku di setiap daerah.

Syarat Bayar Serta Daftar Pajak Motor Beat

Syarat yang diperlukan untuk membayar pajak kendaraan Anda adalah dengan membawa ktp asli yang sesuai dengan stnk, serta membawa stnk asli, jadi persyaratan tersebut tidak membebani sama sekali, kecuali terjadi kehilangan yang dimana Anda harus mengurusnya terlebih dahulu.

Terdapat beberapa jenis beat dari keluaran tahun 2008 hingga keluaran terbaru pada tahun 2022. Mulai dari beat AT keluaran 2008 dibebani pajak sebesar Rp.112.000, sedangkan pada tipe new beat sporty CBS ISS AT keluaran 2022 dibebani Rp. 244.000.

Jangan lupa, hal yang perlu diingat adalah terdapat beberapa tambahan biaya seperti SWDKLLJ atau sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan sebesar 35.000. perlu diingat, setiap 5 tahun sekali Anda akan dikenakaan biaya penggantian plat nomer.

Pada jenis motor yang satu ini sendiri terdapat beberapa biaya yang harus dibayarkan seperti penerbitan STNK sebesar Rp.100.000, Pengesahan Stnk Rp.25.000, penerbitan STCK Rp.25.000 dan penerbitan TNKB sebesar Rp.60.000, jadi jika ditotal sekitar Rp.210.000.

Spesifikasi Motor Beat yang Perlu Diketahui

Saat ini motor tersebut di bandrol dengan harga Rp.17.000.000 sampai dengan Rp.18.470.000 sesuai dengan tipe terbarunya, Honda beat juga tersedia dalam 6 variant yang akan memudahkan Anda untuk memilihnya.

Memiliki mesin petrol berkapasitas hingga 110 cc, membuat beat mempunyai keunggulannya tersendiri, untuk ukuran memiliki panjang 1877 mm, wheelbase 1256 mm, lebar 669 mm, dan ground clearance 147 mm.

Mempunyai dua jenis tipe starter yaitu elektrik dan kick starter dan tipe kopling otomatis, sentrifungsi serta tipe kering yang bisa menjadi pilihan saat sedang berkendara.

Cara Menghitung dan Membayar Denda

Jika lebih dari 5 tahun, maka Anda wajib untuk membayar satu kali biaya ganti plat dan lainnya, jadi perhitungannya seperti ini = Pajak + SWDKLLJ + Biaya ganti plat, biaya disesuaikan dengan tipe atau keluaran tahun berapa kendaraan anda.

Saat ini, Anda diberikan kemudahan untuk membayar pajak beserta dendanya melalui online, jadi tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengantri dan membayar langsung di kantor samsat, caranya juga sangat mudah, terlebih dahulu hitung dan cek besaran denda menggunakan aplikasi khusus untuk mengecek.

Jika sudah, nantinya Anda akan mendapatkan kode pembayaran yang bisa dibayar melalui mini market atau atm dan m-banking yang sudah menyediakan fitur untuk pembayaran pajak, untuk cara pembayarannya dapat disesuaikan dengan bank yang akan digunakan.

Dengan membayarnya tepat waktu, maka Anda akan terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan, jadi bayarlah pajak motor beat sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tidak menambah masalah baru.